BERITA PERGURUAN TINGGI Apa Itu Politeknik: Pengertian dan Perbedaannya dengan Universitas

Apa Itu Politeknik: Pengertian dan Perbedaannya dengan Universitas

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 8 Juli 2022

Apa Itu Politeknik: Pengertian dan Perbedaannya dengan Universitas

Berminat untuk melanjutkan ke politeknik? Sebetulnya apa itu politeknik, dan apa bedanya dengan universitas? Berikut penjelasannya untukmu.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu ingin melanjutkan studi ke Politeknik? Buat kamu yang lebih suka praktik dibandingkan teori, Politeknik bisa menjadi tujuan yang tepat untukmu. Lalu, apa sih politeknik itu?

Apa Itu Politeknik?

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasional. Bisa dibilang, politeknik tidak menyelenggarakan pendidikan akademik. Mengingat vokasi merupakan pendidikan yang ilmunya lebih fokus dan menjurus pada sebuah keahlian dan sertifikasi.

Perbedaan Politeknik dan Universitas

Lalu, apa sih bedanya politeknik dan universitas? Berikut ini perbedaannya.

1. Jalur Masuk

Umumnya, jalur masuk di universitas adalah melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi), dan UM (Ujian Mandiri)
Sedangkan untuk politeknik, ada jalur pendaftaran sendiri yakni melalui PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri) dan SB-UMPN (Seleksi Bersama-Ujian Masuk Politeknik Negeri).

2. Pendidikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa politeknik merupakan perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan vokasi atau pelatihan bersifat vokasional. Artinya, pendidikan di politeknik menitikberatkan ke pendidikan kejuruan yang ilmunya lebih fokus dan menjurus. Dengan kuliah di politeknik, kamu bisa jadi lebih ahli di bidang yang sesuai dengan lapangan kerja yang diperlukan oleh industri.

Di sisi lain, universitas menyediakan pendidikan akademis di mana lulusannya memiliki cakupan yang lebih luas di bidang teori.

3. Materi Kuliah yang Diajarkan

Terdapat perbedaan yang signifikan antara politeknik dan universitas dalam hal materi kuliah yang diajarkan. Di politeknik, perbandingan materi kuliah yang kamu peroleh nantinya adalah 60% : 40%. Di sini, 60% berisi praktik dan 40% untuk pendidikan materi.

Jadi, saat berkuliah di politeknik, kamu dapat praktik hampir setiap hari. Mengingat politeknik masuk ke dalam pendidikan vokasi yang memang menitikberatkan ke praktik dengan tujuan agar kamu dapat profesional di bidang yang kamu dalami.

Sementara itu, di universitas, memiliki perbandingan materi kuliah yang berbanding terbalik. Perbandingan materi kuliah di universitas sebesar 60% teori dan 40% praktikum, mengingat universitas lebih menitikberatkan ke pemahaman materi.


4. Penentuan SKS (Satuan Kredit Semester)

Mahasiswa di universitas memiliki kesempatan untuk mengatur Satuan Kredit Semester atau yang biasa disingkat SKS di setiap semesternya. Maka, tidak heran jika ada mahasiswa universitas yang bisa lulus kurang dari waktu yang sudah ditentukan. Karena asal mereka sudah mencapai target SKS untuk kelulusan, mereka bisa lulus.

Berbeda dengan di universitas, mahasiswa di politeknik tidak bisa memilih SKS sendiri. Jadi, SKS sudah ditetapkan di tiap semester dan kamu akan lulus tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

5. Gelar yang Didapatkan

Di politeknik, kamu akan mendengar mengenai jenjang pendidikan D3 dan D4 atau yang umumnya disebut dengan Diploma. Setelah lulus, nanti kamu akan mendapat gelar Ahli Madya (A.md) untuk kalian yang mengambil kuliah jenjang D3. Sedangkan untuk yang kuliah D4, kamu akan mendapatkan gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan).

Sedangkan di universitas, terdapat jenjang S1 atau Strata 1 yang setara dengan D4 di politeknik.

Baca Juga : Kiat Belajar Online Lebih Menyenangkan dan Efektif

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai politeknik, mulai dari definisi hingga perbedaannya dengan universitas. Untuk kamu yang lebih suka praktik dibandingkan teori, tidak ada salahnya untuk memilih politeknik. Apalagi, lapangan pekerjaan untuk lulusan politeknik juga terbilang luas.

Agar makin mudah meningkatkan skill dan mendapatkan pekerjaan, mahasiswa politeknik bisa magang online bersertifikat di Gamelab. Dengan Gamelab, kamu tidak perlu lagi susah-susah mencari tempat untuk magang. Kamu bisa memilih bidang dan kompetensi sesuai passion-mu, bebas memilih durasi magang, serta bisa magang dari mana saja.

Yuk magang di Gamelab sekarang juga! Klik di sini ya untuk mendaftar magang!

 

 


                                                                                                                                       

Referensi:
https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5726519/politeknik-pengertian-daftar-kampus-negeri-dan-swasta-hingga-jurusannya 

https://www.brilio.net/creator/ini-5-perbedaan-antara-universitas-vs-politeknik-6af819.html 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 8 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI