BERITA PERGURUAN TINGGI Ini Dia 8 Keunggulan Sekolah Vokasi, Kamu Wajib Tahu!

Ini Dia 8 Keunggulan Sekolah Vokasi, Kamu Wajib Tahu!

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 13 Mei 2022

Ini Dia 8 Keunggulan Sekolah Vokasi, Kamu Wajib Tahu!

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah vokasi? Yuk ketahui berbagai keunggulannya terlebih dahulu!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pendidikan vokasi adalah salah satu pilihan terbaik untukmu yang ingin lebih siap kerja. Saat ini, banyak perguruan tinggi yang menyediakan program vokasi. Berfokus pada praktik atau penerapan dibanding teori, pendidikan vokasi menjadikan lulusannya lebih banyak dibutuhkan di perusahaan.

Lalu, apa saja keunggulan sekolah vokasi? Berikut ulasannya untukmu.

Pengertian Sekolah Vokasi

Sekolah vokasi adalah program pendidikan di jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menyiapkan SDM dengan kemampuan dan keterampilan di bidangnya. Supaya nantinya bisa siap kerja dan dapat bersaing secara global.

Pendidikan vokasi atau kejuruan merupakan pilihan yang tepat di era globalisasi. Dengan porsi praktik yang lebih banyak dibandingkan teori, lulusan yang dihasilkan siap terjun ke dunia kerja dan lebih banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Keunggulan Sekolah Vokasi

Pendidikan vokasi bisa jadi pertimbangan utama untukmu yang ingin lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah vokasi. Apa sajakah itu?

Punya Banyak Pilihan Sekolah

Berbeda dengan kuliah reguler, kamu bisa menemui lebih banyak pilihan sekolah yang membuka pendidikan vokasi. Terdapat banyak universitas yang membuka program vokasi dengan berbagai jenjang diploma yang bisa kamu pilih. Tidak hanya universitas, terdapat institusi tertentu juga yang membuka sekolah vokasi.

Terdapat Banyak Program Studi yang Beragam

Keunggulan kedua dari sekolah vokasi adalah banyaknya pilihan program studi yang ditawarkan. Dengan kata lain, jurusan yang tersedia beragam dan spesifik.

Berbagai jurusan yang tersedia tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Dengan begitu, ilmu yang diajarkan bisa diterapkan di dunia kerja nantinya.

Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat serta mendalami dan fokus pada bidang pilihan itu saja. Selain itu, kamu bisa belajar dengan lebih efektif. Itulah yang menjadi salah satu kekuatan utama sekolah vokasi.

Belajar Langsung dari Praktik Kerja

Mengingat sekolah vokasi mempunyai komposisi praktik yang lebih banyak dibandingkan teori kamu bisa belajar banyak hal yang berhubungan dengan DUDI. Tidak hanya itu, dengan adanya praktik kerja, kamu juga bisa memperoleh pengalaman bekerja dalam jangka waktu yang lebih cepat. Tentunya, hal tersebut akan membantu meningkatkan karir Anda.

Di sekolah vokasi, kamu bisa meningkatkan soft skill maupun hard skill. Kamu juga bisa bertanya secara langsung kepada dosen pembimbing ataupun mentor saat kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri).

Aplikasi Teori di Dunia Kerja Lebih Mudah

Mempelajari teori memang penting, akan tetapi yang tak kalah penting adalah bagaimana menerapkan teori tersebut di dunia kerja/lapangan. Dengan komposisi kurikulum di sekolah vokasi, kamu jadi lebih mudah menerapkan teori di dunia kerja.

Peluang Kerja Terbuka Luas

Kesempatan kerja untuk lulusan vokasi terbilang lebih luas. Sarjana terapan atau diploma mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat mengingat program studi yang diambil lebih spesifik dan cocok dengan kebutuhan industri/perusahaan.

Tidak hanya jurusannya yang spesifik, umumnya universitas atau instansi penyelenggara pendidikan vokasi juga sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan yang menerima tenaga kerja. Lulusan yang dihasilkan vokasi juga dirancang menjadi bibit unggul sesuai dengan kebutuhan SDM yang dibutuhkan DUDI.

Bisa Berkarir Sesuai Minat dan Bakat

Mengingat program studi di sekolah vokasi lebih spesifik, kamu bisa berkesempatan memiliki karir sesuai minat dan bakat. Dengan fokus meningkatkan kompetensi dan skill di bidang yang sama dan juga mendalami ilmu yang diperlukan, maka kamu bisa lebih berkembang di profesi sesuai bidang tersebut. Dengan begitu, kamu jadi lebih siap terjun di DUDI.

Pendidik Lebih Berpengalaman

Keunggulan sekolah vokasi lainnya yang perlu kamu tahu adalah pendidik atau dosen yang mengajar telah berpengalaman di program studi yang kamu pilih. Artinya, mereka adalah orang-orang yang sudah sering berkecimpung di bidang DUDI tertentu. Maka, para pendidik tersebut sudah mengerti mengenai apa saja yang harus diajarkan sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Bisa Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Tidak hanya bisa lebih siap kerja, sekolah di vokasi juga tetap memungkinkanmu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Misal, jika kamu adalah lulusan D3, kamu bisa melanjutkan program ekstensi ke S1. Bahkan, kamu juga bisa bekerja sambil kuliah dengan memilih kelas karyawan.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia  8 keunggulan sekolah vokasi yang wajib kamu tahu. Apakah kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan di vokasi?

Pendidikan vokasi adalah solusi yang tepat untukmu yang ingin mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih cemerlang. Agar lebih siap kerja, kamu bisa mengoptimasi skill di Gamelab Indonesia.

Terdapat berbagai pilihan program unggulan dari Gamelab yang bisa kamu pilih: magang online bersertifikat, kelas industri, teaching factory, bootcamp intensif, hingga akademi belajar.

Yuk optimasi skill digitalmu bersama Gamelab sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5565493/jadi-lulusan-vokasi-jangan-galau-ini-5-keunggulannya 

https://siva.kemenperin.go.id/front/news/ini-keunggulan-sekolah-vokasi-pelajari-perbedaan-vokasi-dan-sarjana 

https://www.lp3i.ac.id/keunggulan-yang-kamu-dapat-di-sekolah-vokasi/ 

 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 13 Mei 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI