BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Apa Itu Canva dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Canva dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 7 September 2022

Apa Itu Canva dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Konten visual menjadi hal yang penting dan hal itu bisa diwujudkan dengan desain yang menarik. Salah satu aplikasi desain yang kini banyak digandrungi orang adalah Canva. Yuk cari tahu mengenai Canva di artikel ini!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat ini, keperluan akan desain menjadi sebuah hal yang tidak terhindarkan lagi. Kehadiran Canva sebagai aplikasi desain grafis menjadi angin segar, mengingat kemudahan dalam menggunakannya. Aplikasi Canva terbilang rekomended untuk pemula, karena tampilannya yang sangat ramah dan mudah dipakai.

Lalu, apa itu aplikasi Canva? Bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Canva

Apa itu Canva?

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat desain secara profesional, walaupun tanpa pengalaman desain sekalipun.

Dengan menggunakan aplikasi Canva, kamu bisa membuat desain untuk poster, pamflet, postingan media sosial, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat menambahkan teks dan gambar dengan mudah.

Canva bisa diakses baik melalui perangkat mobile maupun desktop. Maka dari itu, kamu bisa berkreasi di mana pun dan kapan pun.

Sebetulnya, aplikasi Canva memiliki dua versi: gratis dan berbayar. Namun, kamu sudah bisa menggunakan fitur-fitur Canva secara gratis walau tidak selengkap versi premiumnya.

Manfaat Canva

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Canva diketahui sebagai software desain grafis yang mudah digunakan. Namun, keunggulan dan manfaat Canva tidak hanya di situ saja. Terdapat berbagai macam desain yang bisa kamu buat dengan Canva. Berikut di antaranya:

  • Logo: Di Canva, kamu bisa membuat logo unik secara mudah karena terdapat beragam template yang menarik.
  • Poster: Apakah kamu ingin membuat poster untuk iklan acara, produk, atau jasa? Canva juga bisa membantumu menciptakan desain poster yang atraktif.
  • Konten Media Sosial: Postingan untuk sosial media yang diberi sentuhan desain tentu akan lebih menarik. Untungnya, Canva bisa digunakan untuk mendesain berbagai media visual yang cocok untuk media sosial.
  • Newsletter: Buat kamu yang ingin membuat email marketing seperti newsletter, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu jika mendesain menggunakan Canva. Pembuatan konten email akan menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini.
  • Thumbnail Youtube: Thumbnail adalah gambar yang mewakili video Youtube yang kamu unggah. Gambar tersebut tidak melulu harus berupa cuplikan dari video tersebut. Nah, dengan menggunakan Canva, kamu bisa mendesain thumbnail Youtube yang keren.
  • Desain Kemasan Produk:  Kamu sedang memulai bisnis baru atau pertama kali menjual produkmu sendiri? Kamu bisa menggunakan Canva untuk menciptakan desain kemasan produkmu.

Fitur-Fitur Terbaik Canva [Fitur Gratis]

Berikut beberapa fitur gratis dari Canva yang bisa kamu gunakan untuk desainmu.

  • Lebih dari 250.000 template gratis: Salah satu keunggulan Canva adalah memiliki ratusan ribu template yang tersedia untuk berbagai jenis konten visual. Terdapat lebih dari 250.000 yang bisa kamu nikmati di versi gratis sekalipun.
  • Penyimpanan berkapasitas 5 GB: Untuk pengguna gratis, Canva menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB. Walaupun tidak sebanyak kapasitas Canva versi Premium yakni sebesar 100 GB, kamu tetap bisa memanfaatkan kapasitas penyimpanan tersebut untuk menyimpan format konten yang sering digunakan.
  • Ratusan ilustrasi dan ikon: Canva menyediakan banyak variasi ilustrasi dan ikon dengan berbagai tema, di versi gratis sekalipun.
  • Kustomisasi teks: Canva memiliki banyak contoh desain tulisan yang bisa kamu kustom sesuka hati sesuai kebutuhan.
  • Variasi background yang beragam: Mendesain dengan Canva makin mudah dengan pilihan background, gradien warna, dan gambar yang bisa menyemarakkan desainmu.

Cara Menggunakan Canva

Menggunakan Canva pada dasarnya mudah. Kamu bisa mempelajarinya secara bertahap sambil menggunakannya. Tentu saja, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun Canva terlebih dahulu.

  • Kunjungi website www.canva.com 
  • Pilih opsi sign up sesuai yang kamu inginkan. Bisa menggunakan Facebook, email, atau Google.
  • Setelah itu, akun Canva-mu sudah bisa digunakan dan silakan membuat desain pertamamu.
  • Klik “create a design” untuk memulai proses desain dan pilih jenis konten visual yang ingin kamu buat. Selanjutnya, kamu bisa kustomisasi desain sesuai dengan keperluan.
Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai Canva. Kalau kamu ingin belajar lebih banyak mengenai Canva, yuk ikuti kelas “Desain Grafis Menggunakan Canva” di Gamelab!

Kelas ini dapat diikuti oleh peserta program Kelas Industri jurusan Multimedia (MM) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Peserta yang mengikuti kelas ini diharapkan mampu mengoperasikan Canva sebagai alat untuk perancangan grafis, mulai dari mengedit template-template yang disediakan Canva sampai mampu membuat sebuah desain dari nol/halaman kosong menjadi sebuah desain yang menarik dan bisa dijual sebagai template di Canva.

Yuk bergabung dengan Kelas Industri Gamelab agar bisa mengikuti kelasnya!


Referensi:

  • What is Canva [1]
  • Canva Review: What is it, Pros and Cons, and a Lot More [2]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 7 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI