BERITA ESPORT 5 Tips Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Menjadi Atlet Esport Handal

5 Tips Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Menjadi Atlet Esport Handal


#esport #tips
5 Tips Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Menjadi Atlet Esport Handal

Esport adalah suatu istilah untuk kompetisi permainan online yang dimainkan lebih dari satu orang pemain didalamnya, umumnya antara para pemain profesional. Untuk menjadi seorang atlet esport tentunya membutuhkan usaha, simak tipsnya berikut ini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Banyak anak muda yang kemudian ingin menjadi seperti Jess, Oura, Donkey karena melihat "enaknya" saja. Tapi apa kamu tahu resiko menjadi atlet esports? Kalau belum tahu, cermati pembahasan artikel ini agar wawasanmu lebih terbuka untuk mengetahui serta menimbang hambatan apa saja yang akan kamu temui dalam proses menjadi atlel profesional. Jadi berikut saya beri tips cara menjadi atlet esport.

1. Tekuni Sebuah Game

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih game apa yang akan kamu kuasai. Apakah kamu suka dengan MOBA, FPS, Fighting, Sports, atau yang lainnya. Langkah awal ini yang akan menjadi penentu seberapa besar kesempatanmu untuk masuk ke dalam dunia eSport-nya.

2. Sering sering latihan

Terkadang, ada gamer yang memiliki talenta luar biasa sehingga mereka tak usah repot-repot latihan untuk jadi seorang profesional. Ya, mereka bisa memainkan game apapun dan kenyataannya tetap jago. Tapi ada beberapa orang yang tak punya talenta tapi kemudian jago karena terus berlatih.

Hingga sekarang banyak sekali kisah-kisah seperti ini salah satunya adalah salah satu Midlaner terbaik di dunia, SumaiL yang bermain selama berjam-jam sampai akhirnya dia jadi pro dan direkrut oleh Evil Geniuses.

3. Cari atau bentuk tim kamu

Ketika semua latihan telah kamu lakukan, kamu akan mendapat reputasi dari game yang kamu tekuni tersebut. Reputasi tersebut bisa berupa poin MMR di Dota 2, ataupun Ranking di dalam CS:GO. Coba carilah referensi kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk debut professional dari game yang kamu tekuni. Dari situ kamu kini bisa memulai langkah profesionalmu ke tingkat lebih lanjut dengan masuk ke dalam sebuah team.

4. Coba Ikut turnamen

Saat kamu dan team mu telah menemukan chemistry dan mampu bermain bersama secara maksimal. Kamu bisa mulai mengikuti beragam turnamen yang diselenggarakan. Tidak perlu bergengsi dahulu, kamu juga bisa mengikuti turnamen-turnamen yang diselenggarakan oleh warnet game online ataupun pihak-pihak lain.

5. Tetap termotivasi

Ada kalanya, kamu akan merasa sangat sulit untuk meningkatkan kemampuanmu di dalam game yang kamu tekuni. Namun, jangan langsung merasa gagal dan patah semangat. Tetapkan motivasi agar kamu bisa segera bangkit kembali. Memenangkan Kejuaraan, Hadiah uang yang banyak, atau ingin menjadi yang terbaik adalah motivasi besar yang bisa kamu gunakan.

Mungkin benar, namun berkarir di esports tidak seperti kerja pada umumnya. Berbeda dengan kemampuan fisik para atlet olahraga di sepakbola, basket, bahkan tinju yang masih bisa berprestasi di umur 30 tahunan berkat konsisten menjaga kondisinya yang prima, maka kemampuan berpikir cenderung menurun semakin bertambahnya usia. Berdasarkan studi, jangka waktu profesi esports seseorang hanya berkisar dari 17 sampai 25 tahun.

Artinya hanya ada 8 tahun bagi pemain untuk berkompetisi sebaik-baiknya sebelum tubuh dan pikiran terdegradasi kemampuannya. Periode sesempit itu sangat timpang bila dibandingkan atlet sepakbola yang bisa meniti karir hingga 20 tahun lamanya.

Masih berani Menjadi Atlet Esport?

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Muhamad Kamal Shamlan

Muhamad Kamal Shamlan

Selasa, 4 Februari 2020