BERITA PROGRAMMING Belajar Bikin Game Makin Mudah dengan Cicilan Mahasiswa

Belajar Bikin Game Makin Mudah dengan Cicilan Mahasiswa

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 28 Oktober 2022

Belajar Bikin Game Makin Mudah dengan Cicilan Mahasiswa

Kamu tertarik untuk membuat game-mu sendiri? Sekarang, membuat game makin mudah dengan menggunakan Construct 3. Apalagi, ditambah dengan layanan cicilan mahasiswa dari CICIL. Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kamu suka main game dan tertarik untuk membuat game sendiri?

Jika kamu tertarik belajar membuat game, kamu sudah berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kamu akan berkenalan dengan tool pengembangan game bernama Construct 3.

Apa itu Construct 3? Yuk, kenalan dulu dengan tool ini. 

Apa Itu Construct 3?

Apa Itu Construct 3?

Construct 3 adalah tool pembuat games yang mudah untuk digunakan. Aplikasi ini memiliki basis HTML 5 dan fokus untuk pembuatan games 2D.

Aplikasi ini dapat diakses melalui browser dan files-nya dapat disimpan, baik secara online atau offline. Selain itu, Construct 3 juga dapat berjalan di semua sistem operasi, seperti Linux, Windows, Mac, dan Android.  

Dengan Construct 3, kamu dapat mendesain dan membuat game, seperti RPG, puzzle, tembak-tembakan, dan lain sebagainya. Menarik, bukan?

Construct 3 tersedia dalam dua versi, yakni gratis (free trial) dan berbayar. Untuk versi gratis, dibatasi hingga 25 event sheet untuk setiap layout.

Apa Kelebihan Construct 3?

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Construct 3. Berikut di antaranya:

1. Cocok untuk Pemula

Aplikasi Construct 3 sangat cocok untuk pemula. Sebagai pemula, kamu bisa menggunakan Construct 3 untuk membuat game sederhana dengan mudah dan cepat.

Meski demikian, game yang dibuat tetap dapat diatur tingkatnya. Dengan pengolahan yang matang, game yang dibuat tetap bisa tampak profesional.

2. Mudah dan Praktis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Construct 3 cocok untuk pemula. Hal ini dikarenakan Construct 3 mudah dan praktis untuk digunakan.

Tanpa memerlukan waktu lama, kamu bisa beradaptasi dengan interface dari Construct secara cepat. Kamu juga bisa membuat prototype sebuah game yang sudah didesain secara cepat.

3. Event System yang Powerful

Construct 3 juga dapat digunakan untuk membuat game tanpa coding. Hal itu dikarenakan ada fitur Event Sheet yang bisa membantumu mendesain game tanpa harus mengingat bahasa pemrograman yang rumit. Dapat dikatakan bahwa Event Sheet adalah “jantung” dari aplikasi Construct.

Tidak hanya itu, Event Sheet juga membantumu berpikir logis dalam memahami bahasa pemrograman. Fitur tersebut juga akan memacu kamu untuk mempelajari bahasa pemrograman setelahnya.

4. Multiplatform

Kelebihan lain dari Construct 3 adalah dapat digunakan di berbagai platform, seperti Windows, Linux, Mac, Chrome, dan bahkan Android. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan berbagai perangkat.

Dapat dikatakan bahwa menggunakan Construct 3 semudah mengunjungi halaman web biasa. Construct 3 juga dapat digunakan, baik untuk online ataupun offline.

Apa Saja Fitur-Fitur Construct 3?

Terdapat berbagai fitur di Construct 3 yang sangat membantumu dalam pembuatan game. Berikut beberapa di antaranya:

1. Map Editor dan Object Editor

Kamu dapat membuat tampilan visual dari games yang dibuat secara langsung di aplikasinya. Meski demikian, kamu juga dapat memasukkan berbagai gambar yang dibuat di aplikasi lain.

Selain itu, objek-objek yang ada di Construct 3 mudah diatur di setiap layernya. Objek-objek tersebut dapat dipindah satu sama lain secara mudah.

Uniknya lagi, Construct 3 juga memiliki fitur efek visual. Kamu bebas menambahkan efek, seperti pencahayaan atau semacam partikel.

2. Preview

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Construct 3 beroperasi dengan basis visual. Artinya, kamu dapat langsung melihat hasilnya secara visual, karena terdapat fitur “Preview” di dalamnya.

Dengan fitur tersebut, visualisasinya bisa kamu lihat secara berkala. Tentu, hal tersebut akan memudahkan kita dalam menentukan langkah selanjutnya, misalnya apa saja yang perlu diperbaiki, ditambah, atau dihapus.

Fitur preview dapat dijalankan untuk setiap layout games. Artinya, kamu tidak perlu repot untuk memeriksa keseluruhan pekerjaan dari awal hingga akhir.

3. Remote Preview

Fitur lain yang tidak kalah canggih dari Construct 3 adalah Remote Preview. Dengan fitur ini, orang lain bisa melihat dan memeriksa game buatanmu menggunakan perangkat (device) lain. Kamu bisa membagikan tautannya secara langsung. Fitur Remote Preview ini membuat kolaborasi atau kerja kelompok menjadi lebih mudah.

Bagaimana Cara Kerja Construct 3?

Sederhananya, dengan menggunakan Construct 3, kamu bisa membuat gambar latar, menambahkan objek, dan juga memberi karakter ke objek tersebut. Setelah itu, kamu bisa menambahkan logika permainan conditions and action di setiap level. Misalnya, pemain dapat lanjut ke level selanjutnya setelah melakukan atau melewati apa saja. Atau pemain bisa mati jika menabrak atau terkena apa, dan lain sebagainya.

Singkatnya, cara kerja Construct 3 cukup mudah seperti drag and drop tanpa perlu bahasa pemrograman yang rumit.

Apa Saja Contoh Game dengan Construct?

Sudah banyak, lho, game yang dibuat menggunakan Construct dan bisa kamu temukan di Playstore. Berikut beberapa contoh game yang dibuat menggunakan Construct.

1. ! PANIC !

! PANIC !

! PANIC ! adalah game yang dibuat menggunakan Construct oleh AtwoodPer. Pengguna game ini berjumlah lebih dari 300 ribu orang. Game ini juga sudah dimainkan lebih dari 1 juta kali sejak dirilis pada Maret, 2016.

2. Wheelie Bike

Wheelie Bike

Game ini cukup mudah dan menyenangkan untuk dimainkan. Dirilis pada Juni, 2018, pengguna game ini berjumlah lebih dari 1 juta orang, dan dimainkan lebih dari 3,3 juta kali.

3. Ultra-Pixel Survive

Ultra Pixel Survive

Ultra-Pixel Survive adalah game yang memadukan antara RPG (Role Playing Game) dengan survival. Pengguna game ini berjumlah lebih dari 200 ribu orang. Game ini juga sudah dimainkan lebih dari 590 ribu kali sejak dirilis pada April, 2021.

4. Arcade Knight

Arcade Knight

Arcade Knight adalah game RPG yang penggunanya telah mencapai lebih dari 4 ribu orang dan telah dimainkan lebih dari 11 ribu kali sejak dirilis pada Maret, 2022 silam.

5. Tricky Ball

Tricky Ball

Tricky Ball sudah digunakan oleh lebih dari 400 ribu orang dan dimainkan lebih dari 1,3 juta kali, sejak dirilis pada Agustus, 2019 silam.

Apa Perbedaan Construct 3 dan Construct 2?

Selain Construct 3, kamu mungkin juga pernah mendengar tentang Construct 2. Memang, Construct memiliki 2 versi, yakni Construct 3 dan Construct 2.

Perbedaan dari kedua versi tersebut sebenarnya tidak terlalu signifikan. Untuk Construct 2, aplikasi dijalankan dengan menginstal Construct 2 tersebut di PC atau laptop. Sedangkan untuk Construct 3, kamu tidak perlu menginstal apapun, karena Construct 3 bisa dijalankan melalui web browser.

Letak perbedaan antara Construct 2 dan Construct 3 yang cukup signifikan adalah pada behavior action tween atau lite tween. Pada Construct 2, kamu masih perlu menginstal ekstensi action, dengan mengunduhnya di internet. Sedangkan pada Construct 3, fitur tersebut sudah tersedia dan kamu tinggal menggunakannya saja.

Siap untuk Belajar Construct 3?

Kamu ingin belajar membuat game menggunakan Construct? Yuk, ikuti kelas “Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct” di Gamelab.

Di kelas ini, kamu bisa mengenal proses pembuatan game edukasi dan belajar membuat game edukasi sederhana menggunakan Construct.

Kabar baiknya, kini kamu bisa membeli kelas di Gamelab dengan lebih mudah! Kamu bisa mendapatkan harga spesial dan bisa belajar sekarang, bayar nanti.

Mengenal CICIL, Platform Pembiayaan Khusus Mahasiswa

Mengenal CICIL

CICIL adalah platform pembiayaan pendidikan khusus mahasiswa yang membantumu untuk mendapatkan akses pembiayaan secara mudah dan terpercaya. Terdapat 3 produk utama cicilan mahasiswa yang bisa kamu gunakan, yakni CICIL Barang, CICIL Uang Kuliah, dan CICIL Belajar.

  • CICIL Barang: Kamu bisa membeli barang yang kamu butuhkan sebagai mahasiswa untuk menunjang aktivitas belajar dan berorganisasi. Bayar nanti secara bulanan.
  • CICIL Uang Kuliah: Produk ini menawarkan akses pinjaman terjangkau yang terproteksi untuk pembayaran uang pangkal dan uang kuliah.
  • CICIL Belajar: Ingin meningkatkan skill? Produk ini cocok untukmu karena kamu bisa memperoleh berbagai voucher kursus, pelatihan, dan sertifikasi dengan harga lebih murah.

Pilihan Kelas Gamelab di CICIL

Penasaran apa saja kelas Gamelab yang dapat di beli di CICIL? Berikut di antaranya:

1. Belajar SQL (Structured Query Language) dengan MySQL

2. Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Flutter

3. Belajar Bootstrap CSS Framework

4. Belajar Membangun Web Dinamis dengan Laravel Framework

5. Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct

6. SASS CSS Preprocessor dengan SCSS

7. Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer

8. Mini Degree : Pemrograman C++

9. Belajar Pemrograman Grafis untuk Game dan Animasi

10. Menguasai FL Studio Musik Digital Dari Dasar Sampai Ahli

11. Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli

12. Menguasai Spine Animator Dari Dasar Sampai Ahli untuk Menjadi Animator

13. Membuat Web dan Toko Online

Keunggulan Memakai CICIL untuk Pembelian Kelas Gamelab

Banyak lho keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membeli kelas di CICIL. Apa sajakah itu? 

  • Mendapatkan harga spesial: Dengan membeli kelas Gamelab di CICIL, kamu bisa mendapatkan diskon dan potongan harga.
  • Pembayaran lebih mudah: Pembayaran di CICIL juga lebih mudah. Terdapat dua opsi: pembayaran tunai dan cicilan ringan per bulan.
  • Skema fleksibel: Jangka waktu pinjaman dapat kamu inginkan secara fleksibel sesuai dengan harga dan uang muka yang kamu tentukan.

Langkah Membeli Kelas di CICIL

Bagaimana, ya, cara membeli kelas di CICIL? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun di website https://www.cicil.co.id/ atau di aplikasi CICIL.

2. Pilih menu “BELAJAR” atau langsung klik https://www.cicil.co.id/belajar

3. Pilih kelas yang ingin kamu ikuti, misalnya kelas “Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct”.

4. Klik “Beli Voucher”.

5. Terdapat dua metode pembayaran yang bisa kamu pilih, yakni “Bayar Sekarang” dan "Cicilan".

Untuk opsi pembayaran langsung, kamu bisa membayar melalui “Transfer Virtual Account” melalui BCA atau BRI. Sedangkan untuk opsi cicilan, kamu bisa mencicilnya dengan tenor tertentu.

6. Setelah mendapatkan kode voucher, kamu bisa menggunakannya untuk membeli kelas di Gamelab.

Syarat dan Ketentuan

Berikut beberapa syarat dan ketentuan  yang perlu kamu perhatikan:

1. Voucher berlaku setiap hari, termasuk weekend dan hari libur nasional.

2. Voucher hanya dapat digunakan 1 (satu) kali untuk kelas pelatihan yang dipilih.

3. Satu transaksi hanya dapat menggunakan 1 (satu) voucher.

4. Jika transaksi dibatalkan, voucher akan dianggap hangus.

5. Voucher tidak dapat dikembalikan atau ditukar dengan uang tunai.

6. Kode voucher tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.

7. Voucher sudah termasuk pajak dan layanan.

8. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi support@gamelab.id.

Cara Penggunaan Voucher

Setelah mendapatkan kode voucher, kamu bisa langsung menggunakannya untuk pembelian kelas. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka www.gamelab.id

2. Klik “Daftar” untuk membuat akun Gamelab.id

3. Pilih Kelas Umum yang kamu pilih di sini

4. Klik “Beli”, lalu masukkan kode voucher yang sudah dibeli di platform CICIL Belajar untuk menyelesaikan pembayaran.

5. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi support@gamelab.id

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai Construct 3, mulai dari definisi, cara kerja, fitur, hingga cara membeli kelas Gamelab melalui CICIL dengan cicilan mahasiswa yang ringan setiap bulannya. Yuk, beli kelas umum di CICIL sekarang juga!


Referensi:

  • Product Review of Construct 3 [1]
  • Free Online Browser Games [2]
  • Dasar-Dasar Construct 3 [3]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 28 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI