BERITA PROGRAMMING Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby: Pengertian dan Kelebihannya

Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby: Pengertian dan Kelebihannya

Oleh Ayu Larasati | Kamis, 1 Desember 2022

Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby: Pengertian dan Kelebihannya

Kamu ingin menjadi web developer? Maka, ada baiknya kamu menguasai bahasa pemrograman Ruby.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kamu tertarik untuk menjadi web developer? Tentu, kamu harus menguasai bahasa pemrograman untuk menggapai impianmu itu. Salah satu bahasa pemrograman yang perlu kamu kuasai untuk mengembangkan website adalah Ruby.

Penasaran apa itu bahasa Ruby? Yuk simak penjelasan lengkap dari GAMELAB berikut ini!

Apa Itu Bahasa Ruby?

Ruby adalah bahasa pemrograman berbasis skrip dan berorientasi pada objek. Bahasa Ruby pertama kali diluncurkan di tahun 1995 dan dikembangkan oleh programmer asal Jepang bernama Yukihiro Matsumoto.

Bahasa ini bersifat open-source dan biasanya digunakan untuk membangun serta mengembangkan aplikasi web yang cepat dan sederhana. Selain itu, Ruby juga bisa dijalankan lintas platform seperti Linux, Windows, bahkan DOS juga.

Ruby memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya bahasa pemrograman yang populer di kalangan pengembang.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby

Setelah mengetahui apa itu bahasa Ruby, berikut beberapa kelebihannya yang perlu kamu ketahui.

1. Sintaks Sederhana

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang memiliki sintaks yang sederhana. Hal ini menjadikan kinerja programmer menjadi lebih efektif.

Jika bahasa pemrograman lain biasanya membutuhkan sekitar 10 baris, maka Ruby hanya membutuhkan 1 atau 2 baris saja. Bahkan, kamu juga tidak perlu memakai titik koma ( ; ) di akhir sintaks.

2. Hemat Waktu

Dikombinasikan dengan Framework Rails, kamu bisa membuat aplikasi secara lebih cepat. Hal ini menjadi salah satu keunggulan utama dari bahasa pemrograman Ruby.

Ruby juga dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling efisien, khususnya Ruby on Rails. Framework ini memudahkan programmer untuk membangun aplikasi desktop dan web dengan arsitektur MVC (Model View Controller) yang diusungnya.

3. Bahasa Pemrograman Berbasis Objek (OOP)

Umumnya, pemrograman berbasis objek (OOP) dianggap lebih fleksibel. Pasalnya, bahasa yang berbasis objek cenderung lebih mudah dipelajari dan bisa dikembangkan sesuai keperluan. Tidak hanya itu, konsep ini juga menggunakan kumpulan objek yang saling bertukar data dan berinteraksi untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan.

4. Memiliki Keamanan yang Tinggi

Keunggulan lain dari Ruby dengan Rails Framework adalah mampu menghasilkan sistem keamanan yang tinggi. Ruby memiliki built-in security yang dapat membuat aplikasi aman dari berbagai serangan atau penyusupan. Misalnya seperti serangan XSS, CSRF, dan SQL Injection yang merupakan serangan paling dikenal pada aplikasi web.

5. Mempunyai Fitur Garbage Collector

Dengan fitur garbage collector, berbagai informasi atau objek yang tidak terpakai akan secara otomatis terhapus. Tidak hanya itu, fitur ini juga mampu menciptakan memori tambahan. Nah, memori yang masih tersedia akan diisi oleh objek lain yang lebih penting.

6. Bersifat Open-Source

Keunggulan lain dari bahasa pemrograman Ruby adalah bersifat open source. Artinya, pengguna bisa menggunakannya secara cuma-cuma. Kamu juga bisa dengan bebas mengembangkan dan memodifikasinya sesuai dengan keperluan.

Framework Bahasa Pemrograman Ruby

Framework merupakan sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi berbasis desktop maupun website. Umumnya, framework terdiri dari beberapa susunan variabel dan fungsi yang dapat dimodifikasi sesuai keperluan.

Selain itu, framework juga membantu developer agar bisa bekerja dengan lebih efisien dan cepat. Pasalnya, banyak library yang menyediakan ribuan fungsi yang dapat ditambahkan tanpa perlu menulis kode dari awal.

Terdapat beberapa pilihan framework Ruby yang dapat kamu gunakan.

1. Ruby on Rails

Ruby on Rails (biasanya dikenal sebagai Rails) dianggap sebagai framework terbaik Ruby. Framework ini adalah full-stack framework yang memberikan fasilitas dari sisi server hingga sisi client. Rails cocok untuk pengembangan apikasi web dan dapat digabungkan dengan JavaScript, HTML, XML,  dan CSS. Selain itu, framework ini juga bersifat open source.

2. Sinatra

Jika kamu ingin membangun aplikasi kecil dalam waktu yang singkat, maka Sinatra adalah framework yang cocok untuk digunakan. Walaupun framework ini tidak memiliki arsitektur MVC seperti Rails, tetapi Sinatra cocok untuk menulis berbagai aplikasi unik di Ruby.

3. Hanami

Hanami merupakan framework Ruby yang berorientasi pada objek. Uniknya, framework ini memiliki solusi yang aman dengan cara membersihkan database API untuk mencegah CSRF dan SQL injection.

Baca Juga : Kisah Ada Lovelace: Perempuan Pertama yang Menjadi Programmer

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai bahasa pemrograman Ruby yang perlu kamu tahu. Kamu ingin mulai belajar bahasa pemrograman Ruby tapi bingung mulai dari mana? Yuk ikuti kelas Ruby: Pemrograman Dasar di GAMELAB.ID.

Di kelas ini, kamu bisa belajar dasar-dasar pemrograman menggunakan bahasa Ruby. Kelas ini cocok untuk pemula dan 100% GRATIS!

Tertarik untuk bergabung dengan kelasnya? Klik di sini sekarang!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Kamis, 1 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI