BERITA TIPS MAGANG & KARIER 5 Pelajaran Penting dari Buku Filosofi Teras, Wajib Catat!

5 Pelajaran Penting dari Buku Filosofi Teras, Wajib Catat!

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 2 Desember 2022

5 Pelajaran Penting dari Buku Filosofi Teras, Wajib Catat!

Ini 5 pelajaran penting dari buku Filosofi Teras yang wajib kamu tahu. Yuk disimak!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Saat berjalan-jalan di toko buku, kamu pasti pernah melihat buku Filosofi Teras di jajaran buku paling laris. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari buku ini, khususnya mengenai bagaimana mengendalikan emosi negatif.

Buku yang ditulis oleh Henry Manampiring ini sangat booming dan best-seller. Buku ini cocok sekali untuk kamu yang sedang membutuhkan self-improvement.

Penasaran tentang apa buku ini? Nah, kali ini GAMELAB.ID akan mengulas 5 pelajaran penting yang ada di buku Filosofi Teras. Yuk simak baik-baik!

Pelajaran Penting dari Buku Filosofi Teras

Berbeda dengan kajian filsafat pada umumnya, Filosofi Teras adalah sebuah buku yang mudah dicerna dan dipahami. Berikut beberapa pelajaran penting dari buku Filosofi Teras yang perlu kamu tahu.

1. Membebaskan diri dari emosi negatif

Emosi yang bersifat negatif adalah salah satu hal yang tidak bisa kita hindari dalam hidup. Mulai dari perasaan sedih, marah, cemburu, curiga, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan mengganggu ketenangan dan ketenteraman hidup kita.

Maka dari itu, buku Filosofi Teras mengajarkan kita untuk membebaskan diri dari emosi negatif tersebut. Salah satunya adalah dengan memfokuskan diri pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan tidak terlalu mengambil pusing terhadap hal-hal yang di luar kendali.

2. Mengasah kebajikan dalam hidup

Tidak hanya mengajarkan bagaimana mengendalikan emosi negatif pada diri sendiri, filosofi ini mengajarkan juga bagaimana bersikap bijak terhadap orang lain.

Ada empat kebajikan utama yang disorot dalam buku Filosofi Teras ini.

  • Kebijaksanaan: kemampuan untuk mengambil keputusan terbaik dengan mempertimbangan beragam aspek.
  • Keadilan: kemampuan untuk memperlakukan orang lain dengan jujur dan adil.
  • Keberanian: berani untuk berpegang teguh pada prinsip yang kamu anggap benar.
  • Kemampuan menahan diri: mampu melaksanakan kedisiplinan, kesederhanaan, dan pengendalian diri terhadap emosi dan nafsu.

3. Belajar menerima masa-masa sulit

Buku Filosofi Teras mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang kuat dalam berbagai kondisi. Filosofi Teras menawarkan rasa tenteram dan damai yang bertahan lama. Mengingat, filosofi ini mengajarkan diri kita untuk tidak terlalu bergantung pada hal-hal eksternal yang bisa hilang kapan saja.

Itulah mengapa dari Filosofi Teras kita bisa belajar berdamai dengan kondisi yang sulit dan membebaskan diri dari emosi negatif.

4. Berani menghadapi ketidakpastian dalam hidup

Ketidakpastian adalah sesuatu yang cenderung menimbulkan emosi negatif di dalam diri kita. Pasalnya, kita jadi bingung terkait apa yang harus kita lakukan.

Akibatnya, biasanya muncul berbagai rasa khawatir yang mengganggu dan menjauhkan kita dari rasa damai.

Nah, buku Filosofi Teras mengajarkan kita untuk menghadapi ketidakpastian dalam hidup itu. Melalui filosofi ini, kamu akan belajar untuk menerima keadaan apapun dalam hidup. Selain itu, buku ini juga mengajarkan kita untuk fokus pada apa yang bisa kita lakukan saat ini.

Dengan begitu, kita bisa merasa damai walaupun sedang berada di sebuah ketidakpastian.

5. Dikotomi Kendali

Menurut filsuf Epictetus, ada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan ada yang tidak. Inilah yang disebut dengan “dikotomi kendali”.

Kamu perlu membedakan hal-hal apa saja yang termasuk hal yang di dalam kendali dan yang bukan.

Hal-hal yang mungkin ada di luar kendalimu bisa berupa:

  • Opini orang lain
  • Reputasimu di mata orang banyak
  • Tindakan orang lain terhadapmu
  • Kondisi alam
  • Dan lain sebagainya

Hal-hal yang mungkin ada di kendalimu dapat berupa:

  • Keinginan diri
  • Tujuan hidup
  • Usaha dalam mencapai sesuatu
  • Dan masih banyak lagi

Nah, Filosofi Teras mengajarkan kita bahwa kebahagiaan sejati datang dari hal-hal yang dapat kita kendalikan atau yang berasal dari diri sendiri. Itu berarti, jangan sampai menggantungkan kebahagiaan pada hal-hal di luar kendali.

Baca Juga : Raih Masa Depan Gemilang: Temukan Peluang Karier Terbaik di GAMELAB.ID

Penutup

Itulah beberapa pelajaran penting yang bisa kita ambil dari buku Filosofi Teras. Buku ini penting banget buat kamu baca untuk menambah wawasan dan memperkaya kecerdasan emosionalmu.

Selain itu, kamu juga bisa menambah soft-skill mu dengan mengikuti kelas Soft Skills di GAMELAB.ID. Salah satunya adalah kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir. Di kelas ini, kamu bisa belajar mengenai komunikasi yang baik dan benar.

Yuk, klik di sini sekarang juga untuk bergabung dengan kelasnya!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 2 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI