BERITA TIPS MAGANG & KARIER 4 Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Buku Atomic Habits

4 Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Buku Atomic Habits

Oleh Ayu Larasati | Senin, 10 Oktober 2022

4 Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Buku Atomic Habits

Kebiasaan yang kita lakukan setiap harinya sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita di masa depan. Berikut empat cara membangun kebiasaan baik menurut buku Atomic Habits.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tahukah kamu? Perilaku dan kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan sangat berpengaruh pada hidup dan masa depan. Itulah mengapa, kita perlu memiliki kebiasaan baik agar tujuan dan impian kita dapat tercapai. Hampir mustahil kita dapat mencapai tujuan kita, jika kebiasaan yang kita lakukan setiap hari hanya bermalas-malasan. Dengan kata lain, kebiasaan baik merupakan tangga utama untuk meraih kesuksesan di masa mendatang.

Lalu, bagaimana cara membangun kebiasaan baik agar tujuan kita tercapai? Nah, dalam artikel kali ini, Gamelab akan membahas bagaimana cara membentuk kebiasaan baik menurut buku Atomic Habits karya James Clear, sebuah buku best seller internasional yang telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa.

Yuk, simak baik-baik artikel berikut ini!

Sekilas tentang Atomic Habits

Sekilas tentang Atomic Habits | sumber: jamesclear.com/atomic-habits

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Atomic Habits adalah buku best seller internasional yang berisi tentang cara membangun kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Dalam buku ini, James menyatakan, jika kita ingin mencapai sebuah tujuan, berfokus pada tujuan tersebut tidaklah cukup. Kita juga perlu membangun sebuah sistem yang berfungsi sebagai kendaraan untuk mengantarkan kita pada tujuan. Sistem yang dimaksud adalah kebiasaan-kebiasaan seseorang yang dipupuk setiap hari, dan mempengaruhi kualitas hidupnya.

Dengan kata lain, tujuan berfungsi sebagai arah. Sedangkan sistem adalah kendaraan yang mengantarkan kita pada tujuan tersebut.

Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Atomic Habits

Kamu pasti bertanya-tanya, lantas, bagaimana cara membangun sistem kebiasaan dalam diri? Nah, ini dia 4 cara membangun kebiasaan baik yang disebut sebagai Four Laws of Behavior Change oleh James Clear. Apa sajakah itu?

1. Make it Obvious (Buat Jadi Terlihat)

Kamu perlu tahu, apa saja kebiasaan baik yang ingin diperkuat. Misalnya, kamu ingin rutin berolahraga. Buatlah proses atau kebiasaan menjadi lebih jelas. Menurut James, jika kita hanya sekadar niat berolahraga saja tanpa memutuskan waktu dan tempat, maka akan sulit untuk diwujudkan. Oleh karena itu, kamu perlu membuatnya jadi terlihat.

Contohnya, sebelum tidur, kamu bisa menyiapkan baju olahraga yang akan terlihat jelas di kamar. Kamu bisa menaruh sepatu dan baju olahraga di dalam kamar, sehingga saat kamu bangun tidur, kamu akan langsung melihatnya. Hal ini akan mendorongmu untuk melakukan aksi nyata dan benar-benar memulai kebiasaan berolahraga.

2. Make it Attractive (Buat Jadi Menarik)

Semakin menarik sesuatu, maka akan semakin besar untuk kita mengadopsinya menjadi kebiasaan. Nah, kamu bisa mencatat deretan hal menarik yang dapat membuatmu memulai kebiasaan baru.

Di buku ini, James Clear juga mengenalkan konsep dopamine loop. Dopamin adalah hormon yang dilepaskan tubuh ketika seseorang merasakan keseruan dari sebuah kegiatan, yang membuatnya ingin melakukan kegiatan itu lagi.

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah kegiatan baru menjadi menarik? Misalnya, kamu ingin mulai kebiasaan baru untuk berolahraga dengan berlari di atas treadmill. Lalu, kamu bisa mengunduh acara favoritmu untuk ditonton saat kamu lari di atas treadmill. Menarik, bukan?

3. Make it Easy (Buat Jadi Mudah)

Cara membangun kebiasaan baik selanjutnya adalah dengan membuatnya menjadi lebih mudah. Sebagai manusia, kita cenderung termotivasi untuk melakukan sesuatu yang mudah. Tidak ada salahnya untuk memilih bagian yang paling mudah terlebih dahulu untuk memulai kebiasaan baik baru. Nantinya, bagian yang lebih sulit akan mengikuti, begitu bagian yang mudah sudah dilaksanakan dan menjadi rutinitas.

Contohnya, jika kamu ingin mulai belajar dan menambah keterampilan, kamu bisa memulainya dengan pembelajaran yang mudah, seperti kelas gratis di Gamelab.

4. Make it Satisfying (Buat Jadi Menyenangkan)

Untuk membangun kebiasaan jangka panjang, kamu harus membuat sebuah kebiasaan menjadi hal yang menyenangkan dan memuaskan. Contohnya, kamu bisa memberikan reward pada diri sendiri, jika sudah berhasil melakukan pengubahan ke kebiasaan baik baru.

Misal, kamu sedang membentuk kebiasaan baru dengan belajar dan mengambil sebuah learning path di Gamelab. Setiap berhasil menyelesaikan satu kelas, kamu bisa memberi dirimu reward, berupa menonton satu episode serial di Netflix.

Contoh lain, ada pasangan suami istri yang memiliki kebiasaan membeli makanan di luar dan menjadi boros. Maka, mereka memulai kebiasaan baru untuk makan di rumah agar lebih hemat. Nah, budget yang tadinya mereka gunakan untuk makan di luar, mereka tabung di rekening berjudul “Liburan ke Bali”. Setiap kali mereka melihat jumlah uang yang terkumpul di rekening, mereka merasa puas dan lebih bersemangat.

Baca Juga : Raih Masa Depan Gemilang: Temukan Peluang Karier Terbaik di GAMELAB.ID

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai 4 cara membangun kebiasaan baik menurut buku Atomic Habits karya James Clear. Jika kamu ingin membangun kebiasaan baik dalam mengembangkan skill dan mendapatkan karir cemerlang, kamu bisa mengikuti program magang online bersertifikat di Gamelab.

Magang di Gamelab akan membantumu untuk membentuk kebiasaan disiplin, karena kamu harus melakukan presensi dan laporan rutin. Menarik, ya?

Magang di Gamelab tidak hanya meningkatkan skill-mu, tetapi juga melatihmu untuk lebih disiplin. Yuk, daftar magang di Gamelab sekarang juga!


Referensi:

  • Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones [1]
  • Begini Cara Membentuk Kebiasaan Baik Menurut Buku “Atomic Habits” [2]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 10 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI