BERITA PROGRAMMING Yuk Kenalan dengan Bahasa Swift, Bahasa Pemrograman Aplikasi iOS

Yuk Kenalan dengan Bahasa Swift, Bahasa Pemrograman Aplikasi iOS

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 6 Desember 2022

Yuk Kenalan dengan Bahasa Swift, Bahasa Pemrograman Aplikasi iOS

Kamu ingin menjadi seorang iOS developer? Kamu wajib menguasai bahasa pemrograman Swift!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu ingin jadi seorang iOS developer? Nah, kamu perlu menguasai bahasa pemrograman Swift. Bahasa ini dikembangkan oleh Apple Inc. dan dibuat secara khusus untuk pengembangan platform Apple.

Itulah mengapa kamu harus menguasai bahasa Swift jika ingin menjadi pengembang iOS. Yuk simak penjelasan GAMELAB.ID mengenai bahasa Swift di artikel ini!

Pengertian Bahasa Pemrograman Swift

Swift adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek yang dibangun untuk produk dari Apple. Dasar bahasa ini adalah Objective-C dan dirancang untuk berjalan bersama framework Cocoa dari Apple. Melihat dari dasar bahasanya, bahasa C, C++ dan Objective-C dapat berjalan dengan Swift di program yang sama.

Bahasa Swift dikembangkan oleh Chris Lattner dengan tujuan untuk menyelesaikan kesulitan yang ada di bahasa Objective-C. Bahasa ini diluncurkan pada tahun 2014 dan diumumkan di Worldwide Developers Conference (WWDC) milik Apple.

Sejak peluncurannya, Swift menjadi bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun banyak aplikasi besar seperti Instagram, Youtube, dan Spotify versi iOS.

Fungsi Bahasa Pemrograman Swift

Fungsi utama dari bahasa pemrograman Swift adalah untuk menggantikan Objective-C yang membutuhkan penulisan lebih kompleks dan rumit. Uniknya, jika sebuah aplikasi sudah dibangun menggunakan Objective-C, maka tidak perlu menulis ulang kode aplikasi tersebut karena bahasa Swift dapat digabungkan dengan bahasa Objective-C dalam satu project.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Swift

Dilansir dari website resminya, berikut beberapa kelebihan bahasa Swift yang patut kamu ketahui:

1. Modern

Mengingat Swift adalah bahasa yang relatif masih baru, bahasa ini memiliki sifat yang modern, kekinian, dan clean. Bahkan, Swift tidak memerlukan titik koma (;) seperti di bahasa pemrograman lainnya. Jadi, Swift lebih mudah dibaca dan kamu bisa menghindari kemungkinan salah tulis.

2. Aman

Selain modern, Swift juga dinilai lebih aman. Pasalnya, Swift tidak memiliki kelompok kode yang memiliki peluang untuk dirusak orang tidak bertanggung jawab.

3. Cepat

Untukmu yang tertarik dengan bidang programming, tentu sudah mengetahui istilah compiling.

Compiling adalah proses pembacaan bahasa pemrograman oleh komputer yang kemudian diubah menjadi sederet perintah. Di bahasa pemrograman Swift, terdapat teknologi compiling LLVM yang membuatnya lebih cepat terbaca. Jadinya, program yang dibuat bisa dijalankan lebih cepat juga.

4. Mudah Dipelajari

Swift juga diklaim sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Bahkan, Apple sendiri juga mengklaim jika bahasa Swift dapat menjadi bahasa pertama siapa saja, baik itu untuk orang yang masih di sekolah ataupun bagi orang yang sedang mengeksplor jalur karir baru.

5. Open Source

Bahasa pemrogramana Swift dibangun dengan source code, bug tracker, hingga ruang obrolan. Semua itu dibangun dari dan untuk para pengembang. Nah, semua itu bisa kamu temukan di forum bernama Swift.org.

Komunitas ini memiliki kontributor baik dari dalam ataupun luar Apple. Uniknya, Swift bersifat open-source yang berarti bisa digunakan siapa saja.

6. Mendukung Objective-C

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Swift dapat berjalan bersama dengan bahasa dan API Objective-C.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Swift

Sayangnya, bahasa Swift juga memiliki beberapa kekurangan. Karena usianya yang masih sangat muda, Swift belum memiliki terllau banyak library.

Setiap ada versi terbaru yang rilis, akan terdapat banyak perubahan yang besar. Itulah mengapa program dengan bahasa Swift harus terus disesuaikan dengan versi terbarunya.

Apakah Harus Memiliki Produk Apple untuk Belajar Swift?

Tentu saja tidak. Kamu bisa menggunakan platform Code Playground dari GAMELAB.ID untuk belajar bahasa pemrograman Swift. Kamu bisa mengakses fitur Code Playground GAMELAB.ID di sini.

Namun, jika kamu ingin membuat aplikasi iOS menggunakan Swift, maka kamu harus menggunakan laptop atau komputer yang menggunakan OSX.

Baca Juga : Kisah Ada Lovelace: Perempuan Pertama yang Menjadi Programmer

Di mana Bisa Belajar Bahasa Pemrograman Swift?

Sekarang, kamu sudah mengetahui informasi mengenai bahasa pemrograman Swift. Apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya?

Kamu bisa mulai dengan mengikuti kelas Swift: Pemrograman Dasar di GAMELAB.ID.

Di kelas ini, kamu bisa belajar dasar-dasar pemrograman Swift secara GRATIS dengan trainer yang ahli dan berpengalaman.

Jangan sampai kamu ketinggalan kesempatan belajar ini. Yuk ikuti kelasnya sekarang juga dengan klik link ini!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 6 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI