BERITA SMK Wow, Ternyata Ini 6 Manfaat Kunjungan Industri Bagi Siswa SMK!

Wow, Ternyata Ini 6 Manfaat Kunjungan Industri Bagi Siswa SMK!

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 5 Januari 2023

Wow, Ternyata Ini 6 Manfaat Kunjungan Industri Bagi Siswa SMK!

Ternyata manfaat Kunjungan Industri bagi siswa SMK sangat banyak. Mulai dari melihat langsung aktivitas industri hingga pengalaman dan memiliki gambaran pekerjaan di masa depan nanti.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Bagi siswa SMK, istilah Kunjungan Industri tentu sudah tidak asing lagi. Manfaat Kunjungan Industri bagi siswa SMK sendiri sangat besar. Bahkan, kegiatan ini masuk dalam kurikulum sekolah. Oleh sebab itu, siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut akan sangat rugi.

6 Manfaat Kunjungan Industri Bagi Anak SMK

Sekolah biasanya akan mengadakan KI (Kunjungan Industri) untuk siswa SMK kelas 10 semester gasal. Tapi, tentunya setiap sekolah memiliki kebijakan sendiri. Jadi, tidak masalah juga jika di sekolah kamu Kunjungan Industri diadakan untuk siswa kelas 10 di semester genap.

Lalu, apa saja manfaat kunjungan industri bagi siswa SMK? Nah, ketika kamu melakukan Kunjungan Industri, seperti Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Simak ulasan di bawah ini ya.

1. Melihat dan Merasakan Secara Langsung Aktivitas Dunia Industri

Kunjungan Industri berarti sekolah (siswa dan guru) berkunjung ke lokasi industri. Sehingga tentu saja manfaat pertamanya adalah siswa SMK dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas di dunia industri seperti apa.

Dengan demikian, kamu akan memiliki gambaran seperti apa kegiatan dunia industri yang sesuai dengan jurusanmu. Maka dari itu, manfaatkan sebaik-baiknya untuk melihat lebih banyak aktivitas industri pada saat kamu melakukan Kunjungan Industri ya.

 Kunjungan Industri SMK Wicaksana Al-Hikmah Sirampog ke GAMELAB.ID

2. Menumbuhkan Semangat untuk Optimasi Skills

Ketika kamu melihat secara langsung kegiatan industri, maka akan tumbuh semangat dalam diri kamu untuk meningkatkan atau optimasi skills yang kamu miliki saat ini. Sebab, apa yang kamu pelajari di sekolah pastinya akan ada perbedaan ketika kamu terjun langsung di dunia industri.

Oleh sebab itu, Kunjungan Industri ini dapat meningkatkan semangat kamu untuk optimasi skills agar lebih siap untuk terjun ke dunia industri saat lulus nanti. Tenang, GAMELAB.ID memiliki sejumlah kelas untuk optimasi skills-mu.

3. Mendapatkan Ilmu dan Informasi Baru Seputar Dunia Industri

Biasanya, dalam kegiatan Kunjungan Industri akan ada semacam presentasi atau penyampaian singkat dari pihak Industri pada peserta KI. Setidaknya, itu yang akan kamu temukan ketika mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID.

Tim GAMELAB.ID akan memberikan beberapa penjelasan terkait kegiatan industri di GAMELAB.ID. Oleh sebab itu, kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan informasi baru yang selama ini tidak kamu dapatkan di sekolah. Ini tentu saja sangat penting.

4. Memahami Cara Kerja Alat-Alat Industri Modern 

Sebagian industri menggunakan alat-alat modern dan terbaru untuk menjalankan aktivitas perusahaan atau industri. Nah, kamu memiliki kesempatan untuk melihat, bahkan memahami secara langsung alat-alat industri modern ini, yang belum pernah kamu lihat sebelumnya di sekolah.

Ini adalah kesempatan langka dan menjadi salah satu manfaat Kunjungan Industri bagi anak SMK yang paling memorable (berkesan). Siapa tahu suatu saat nanti kamu akan bekerja di industri yang sama walau berbeda perusahaan, setidaknya kamu sudah memahami cara kerja alat-alat industri tersebut.

Kunjungan Industri SMK Gema Nusantara Wonosobo ke GAMELAB.ID

5. Belajar Attitude, Disiplin dan Budaya Industri Lainnya

Ketika kamu melakukan Kunjungan Industri, kamu akan belajar tentang attitude, disiplin dan budaya yang ada di industri. Ini sangat penting sebagai persiapan kamu saat kamu terjun di dunia kerja nanti. 

Sebagai contoh, ketika sekolah kamu mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID, kamu akan melihat attitude, kedisiplinan dan budaya Tim GAMELAB.ID. Bagaimanapun, ketika kamu berada di lingkungan industri, kamu harus mengikuti aturan dan budaya yang berlaku di industri tersebut.

6. Memiliki Gambaran Pekerjaan di Masa Depan

Manfaat Kunjungan Industri bagi siswa SMK selanjutnya adalah kamu dapat memiliki gambaran tentang pekerjaan yang akan kamu tekuni di masa depan. Setidaknya, dengan memiliki gambaran tersebut, kamu lebih bersemangat lagi.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui skills apa yang harus kamu optimasi atau tingkatkan. Sehingga lulus SMK nanti, kamu sudah siap untuk bekerja. Bahkan, kamu berkesempatan untuk diterima oleh perusahaan ternama jika memang skills-mu memenuhi standar mereka.

Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

Penutup

Bagaimana? Manfaat Kunjungan Industri bagi anak SMK memang sangat banyak. Yuk, sampaikan ke sekolah kamu untuk mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. 

Nanti, sekolah kamu juga dapat mengikuti Program SMK Binaan GAMELAB.ID. Program tersebut secara khusus akan menyiapkan kamu untuk lebih siap kerja dan berwirausaha. Bahkan, kamu dapat memiliki kompetensi yang tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Kunjungan Industri dan Program SMK Binaan GAMELAB.ID, sekolah kamu bisa menghubungi Tim GAMELAB.ID. Silahkan klik link ini untuk terhubung langsung ke Tim GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 5 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI