BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Resmi! 6 Game Ini Masuk SEA Games 2023: Ada Valorant, Free Fire Tersingkir!

Resmi! 6 Game Ini Masuk SEA Games 2023: Ada Valorant, Free Fire Tersingkir!

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 11 Januari 2023

Resmi! 6 Game Ini Masuk SEA Games 2023: Ada Valorant, Free Fire Tersingkir!

6 Game ini resmi dipertandingkan di perhelatan akbar SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja pada tanggal 5 - 17 Mei 2023. Lalu, apa saja daftar game tersebut? Simak daftarnya di artikel ini.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kamu tentu sudah tahu kan apa itu SEA Games? SEA Games adalah pesta olahraga khusus untuk negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat berbagai macam cabang olahraga yang dipertandingkan antar negara.

Lalu, SEA Games diadakan berapa tahun sekali? Pertandingan olahraga se-Asia Tenggara ini diadakan setiap 2 tahun sekali. Sebelumnya, tahun 2021 diselenggarakan di Hanoi, Vietnam. Kali ini, yang menjadi tuan rumah SEA Games 2023 adalah Kamboja dan diselenggarakan pada tanggal 5 - 17 Mei 2023.

Perubahan Daftar Game di SEA Games 2023

Kabarnya, e-sports akan kembali dipertandingkan dan masuk dalam salah satu kategori cabang olahraga (cabor). Artinya, atlet e-sport Tanah Air juga akan ikut bergabung dalam kompetisi bergengsi se Asia Tenggara tersebut.

Pihak Asosiasi E-sport Kamboja telah merilis rincian game yang akan dipertandingkan di cabor e-sport SEA Games 2023 mendatang. Mereka menyebutkan 6 game dan jumlah ini lebih sedikit dari jumlah game di SEA Games 2021 yang mempertandingkan 8 game.

Keenam game tersebut adalah Attack Online 2, Valorant, PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, League of Legends: Wild Rift dan Crossfire.

Sedangkan game yang pernah ada di SEA Games 2021 seperti Free Fire, Arena of Valor, League of Legends dan FIFA Online 4 sudah tidak dipertandingkan lagi di SEA Games 2023.

6 Game Ini Masuk SEA Games 2023 - GAMELAB.ID

Game tersebut telah diganti dengan dua game baru yakni Attack Online 2 dan Valorant. Bagi kedua game tersebut, kompetisi di SEA Games adalah yang perdana.

Valorant sendiri termasuk dalam kategori game tactical shooter dari pengembang Riot Games. Sedangkan untuk Attack Online 2 termasuk kategori game peperangan yang populer di Negeri Angkor Wat (Kamboja).

9 Kategori Pertandingan

Enam game yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 mendatang ini akan terbagi menjadi 9 kategori pertandingan. Dari semua kategori tersebut, nantinya hanya ada satu yang mempertandingkan atlet e-sport wanita, yakni cabor e-sport Mobile Legends. 

Sedangkan sisanya akan mempertandingkan atlet e-sport pria. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat daftarnya berikut:

1. Attack Online 2 (Individu Pria)

2. Attack Online 2 (Beregu Pria) 

3. Valorant (Beregu Pria) 

4. PUBG Mobile (Individu Pria) 

5. PUBG Mobile (Beregu Pria) 

6. Mobile Legends: Bang Bang (Beregu Wanita) 

7. Mobile Legends: Bang Bang (Beregu Pria) 

8. League of Legends: Wild Rift (Beregu Pria) 

9. Crossfire (Beregu Pria) 

Dari 9 kategori cabor e-sport di atas, pemerintah Indonesia masih belum merilis info resmi siapakah tim atau atlet yang akan mewakili Indonesia di SEA Games 2023, yang diselenggarakan di Negara Angkor Wat tersebut. Tapi yang pasti, sejak 2019 lalu, Indonesia selalu mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pertandingan cabor e-sport.

6 Game Ini Masuk SEA Games 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Penutup

Industri game memang terus berkembang. Bahkan Indonesia menjadi pasar game terbesar di Asia Tenggara. Kamu bisa membaca artikel Mengejutkan! Indonesia Jadi Pasar Game Terbesar di Asia Tenggara untuk informasi lebih lengkap.

Ini berarti ada peluang yang sangat besar untuk menjadi game developer sukses. Kamu yang memiliki skills atau ketertarikan di industri game, bisa mencoba kelas Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game.

Siapa tahu, dari kelas tersebut kemudian peluang itu datang dan kamu menjadi game developer terkenal. Tapi yang pasti, tidak ada hal besar yang dimulai dari hal kecil. Oleh sebab itu, yuk mulai hal kecil itu dengan daftar kelas di GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 11 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

KATEGORI