BERITA MSIB SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Oleh Hanifa Siti Azzahrah | Sabtu, 30 Desember 2023

SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Dalam perjalanan mengejar pengetahuan di dunia teknologi, Miftakhul Huda, seorang mahasiswa Sistem Informasi dari Universitas Muria Kudus, menemukan perubahan besar saat bergabung dengan program Studi Independen di Gamelab Indonesia. Awalnya ia hanya tert

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Begitu banyak yang bisa diungkap dari perjalanan saya dalam mengikuti program Studi Independen di Gamelab Indonesia. Saya, Miftakhul Huda, seorang mahasiswa Sistem Informasi dari Universitas Muria Kudus, awalnya hanya penasaran. Awalnya saya kurang aware tentang Kampus Merdeka dan MSIB. Tapi, rasa penasaran itu membawa saya pada satu keputusan: untuk mencoba.

Manfaat Mengikuti SIB di Gamelab Indonesia 

Saya sadar bahwa ini juga masalah mindset. Pada awalnya, motivasi saya untuk bergabung hanyalah karena konversi SKS. Tapi seiring waktu belajar di Gamelab, mindset saya berubah. Mengikuti SIB bukan hanya sekadar soal konversi SKS, tapi lebih dari itu, ini tentang mengembangkan skill. Konversi SKS hanyalah bonus dari perjalanan pembelajaran yang luar biasa ini.

Dengan mengikuti SIB di Gamelab Indonesia, saya tentu mendapatkan banyak manfaat. Di sini, saya merasa logika saya menjadi lebih terlatih dan terasah. Saya belajar bahwa dalam menghadapi tantangan, cara pandang yang benar sangatlah krusial. SIB mengajarkan saya untuk selalu berpikir kritis, terbuka terhadap pemikiran baru, serta memecahkan masalah.

Manfaat lainnya adalah membuka pintu lebar untuk memperluas relasi. Di sini, saya bukan hanya menemukan teman-teman baru, tapi juga membangun hubungan yang lebih dalam. Awalnya, interaksi kami hanya sebatas tanya-tanya dan obrol ringan. Namun, seiring berjalannya waktu, kami menjadi akrab. Kami sering berkomunikasi, bertukar pikiran, dan saling memberi dukungan.

Dari pengalaman ini, saya menyadari bahwa SIB tidak hanya memberi kita pelajaran teori, tapi juga mengajarkan kita kehidupan nyata di luar sana. Ini adalah tempat di mana kita membangun keterampilan sosial dan belajar untuk bekerja dalam tim. Jadi, manfaat dari SIB sungguh tak terbatas, tidak hanya sekedar ilmu yang kita peroleh, tapi juga keterampilan dan hubungan yang kita bangun.

Webinar Kelas

Alasan Memilih Gamelab Indonesia 

Saya memilih Gamelab karena ketika saya melihat kelas full stack developer yang ditawarkan, saya menemukan ada materi tentang Laravel. Hal ini menarik perhatian saya karena saya ingin lebih mendalami pengetahuan dan keterampilan saya tentang Laravel. Saya percaya bahwa dengan memilih Gamelab, saya tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih luas, tetapi juga kesempatan untuk mengaplikasikan langsung apa yang saya pelajari dalam lingkungan yang nyata.

Momen Berkesan 

Interaksi dengan trainer dan teman tidak hanya mengesankan, tetapi juga membawa warna tersendiri dalam perjalanan saya. Trainer saya, Kak Najib, sangat baik, santai, dan sangat menginspirasi saya. Salah satu momen yang sangat berkesan selama perjalanan SIB di Gamelab adalah ketika saya menghadapi situasi di mana saya akan mengikuti sebuah seminar di kampus. Saya memutuskan untuk membagikan kekhawatiran tersebut kepada Kak Najib, dan bertanya apakah ada tips dan trik yang bisa dibagikan. Tidak hanya memberikan tanggapan, Kak Najib dengan baik hati memberikan beberapa saran yang sangat bermanfaat bagi saya. 

Kesederhanaan tindakan Kak Najib itu sungguh memberikan dampak yang besar bagi saya. Bagi saya, momen tersebut sangat berkesan karena menunjukkan bahwa di Gamelab, hubungan antara trainer dan siswa tidak hanya sebatas di dalam ruang kelas. Mereka benar-benar peduli dengan perkembangan pribadi kita, bahkan di luar lingkup pembelajaran formal. Itu memberikan dorongan semangat yang luar biasa dan menambah nilai kepedulian dan dukungan dari tim Gamelab.

Hasil Proyek

Tantangan Selama Mengikuti Program 

Namun, tak ada perjalanan tanpa rintangan. Bulan pertama menjadi tantangan tersendiri bagi saya karena ada kegiatan lain di kampus. Saya mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan mengatur waktu dengan baik. Meskipun begitu, saya tidak menyerah. Saya fokus belajar, mencari bantuan jika diperlukan, dan terus berusaha untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan. 

Harapan Setelah Lulus 

Setelah menyelesaikan program SIB di Gamelab Indonesia, harapan saya adalah saya berharap dapat terus mengembangkan skill yang telah saya peroleh selama program. Saya percaya bahwa pembelajaran tidak berhenti di sini; dunia teknologi terus berkembang, dan saya ingin terus menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Harapan lainnya adalah bisa siap dan lebih percaya diri untuk terjun langsung ke dunia kerja. Saya berambisi untuk menerapkan semua yang telah saya pelajari di Gamelab ke dalam situasi kerja nyata. Saya ingin menjadi bagian dari industri IT dengan memberikan kontribusi yang besar.

Miftakhul Huda

Pesan Untuk Rekan Mahasiswa 

Untuk teman-teman mahasiswa, saya ingin menyampaikan bahwa mengikuti SIB di Gamelab Indonesia adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh terlewatkan. Jangan hanya fokus pada konversi SKS, tapi lihatlah jauh lebih dari itu. SIB membuka pintu menuju pengembangan skill yang tak terbatas dan relasi yang tak ternilai harganya. Bahkan, ketika saya bercerita kepada teman sekelas saya mengenai SIB di Gamelab, mereka menjadi menyesal karena tidak ikut, dan itulah mengapa saya menyarankan teman-teman untuk bergabung sebelum menyesal.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Membangun Fondasi Karir di Web Development

Tips dan Trik

Salah satu tips yang saya miliki untuk lolos dalam MSIB mungkin terdengar sederhana, tapi memiliki makna yang sangat dalam bagi saya, yaitu doa orang tua. Bagi saya, doa dari orang tua adalah kekuatan luar biasa yang memberikan semangat dan dukungan yang tak tergantikan. 

Perjalanan saya di Gamelab Indonesia telah mengubah banyak hal dalam hidup saya. Dari awal yang penuh tanda tanya hingga sekarang, saya merasakan betapa besar manfaatnya program ini bagi perkembangan diri saya. Saya, Miftakhul Huda, merasa lebih siap untuk menghadapi dunia teknologi setelah menjalani semua proses pembelajaran ini.

Jadi, untuk semua orang yang berpikir untuk mencoba, saya hanya ingin katakan bahwa Gamelab Indonesia adalah tempat yang menyenangkan dan penuh pelajaran. Di sini, kalian akan menemukan jalan untuk menjadi lebih baik dan siap menghadapi masa depan di dunia teknologi. Selamat memulai petualangan baru kalian, karena ini adalah awal dari perjalanan yang menakjubkan!


Hanifa Siti Azzahrah

Hanifa Siti Azzahrah

Sabtu, 30 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI