BERITA PROGRAMMING Belajar Mengenal Dasar HTML

Belajar Mengenal Dasar HTML


#html #bahasa pemrograman #website
Belajar Mengenal Dasar HTML

Apa itu HTML? HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Sebagai seorang yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan terutama di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, tentu pasti tidak asing dengan istilah HTML. Sebenarnya istilah ini tentunya tidak hanya sering di dengan oleh mereka yang  menggeluti bidang ini saja, orang awam pun pasti sudah sering mendengar istilah HTML tersebut.

Disini saya akan mencoba sharing tentang HTML, apa itu HTML, cara penulisan HTML, Tag HTML, dan keuntungan menggunakan HTML.

Apa itu HTML?

Menurut Wikipedia, Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript.

Peramban internet menerima dokumen HTML dari server web atau dari penyimpanan lokal dan membuat dokumen menjadi halaman web multimedia. HTML menggambarkan struktur halaman web secara semantik dan isyarat awal yang disertakan untuk penampilan dokumen.

Sedikit menilik kebelakang, HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee, seorang ahli fisika di lembaga penelitian CERN yang berlokasi di Swiss. Dia memiliki ide tentang sistem hypertext yang berbasis internet.

Tim merilis versi pertama HTML pada tahun 1991, dan di dalamnya terdiri atas 18 HTML tag. Upgrade HTML besar-besaran terjadi pada tahun 2014, dan hasilnya adalah pengenalan HTML5.

Cara Penulisan HTML

Bagi yang saat ini sedang mempelajari bidang ini, tentunya harus tahu bagaimana cara penulisan HTML ini. Hal ini akan memudahkan kalian utnuk membedakan dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

Pada penulisan HTML di tulis dengan menuliskan tag HTML dalam tanda <...> dan di akhiri dengan </...>

Terlihat tidak asing? Tentunya kalian sering melihat code ini di peramban kalian, saat membuka sebuah website bukan?

Tag HTML

Dalam html terdapat beberapa tag untuk membuat halaman web yang kita inginkan. Berikut ini adalah beberapa tag HTML dan masing-masing fungsinya:

  • <html>...</html> digunakan untuk memulai dan mengakhiri sebuah program html
  • <head>...</head> digunakan untuk menuliskan header sebuah halaman web seperti title dari web tersebut
  • <body>...</body> digunakan untuk menulis isi atau conten dari sebuah web
  • <table>...</table> digunakan untuk membuat tabel dalam html
  • <thead>...</thead> digunakan untuk membuat header sebuah tabel
  • <tbody>...</tbody> digunakan untuk membuat body atau isi sebuah tabel
  • <th>...</th> untuk membuat kolom header sebuah tabel
  • <tr>...</tr> digunakan untuk membuat sebuah baris dari sebuah tabel
  • <td>...</td> digunakan untuk membuat kolom sebuah tabel
  • <p>...</p> untuk membuat teks paragraph
  • <h1-h5>...</h1-/h5> digunakan untuk membuat sebuah teks header
  • Dll

Itu beberapa tag HTML untuk membuat halam webmu sendiri sebenarnya masih banyak lagi tag HTML yang lain tapi belum saya tulis.

Atribut HTML

Dalam tag HTML setiap tag memiliki beberapa atribut untuk melengkapinya seberti untuk membuat border dari tabel, mengatur tata letak sebuah teks dll. Setiap tag mempunyai atribut yang berbeda dan setiap atribut memiliki nilainya sendiri. Cara penulisan atribut dalam tag HTML.

<table border="1"></table>

Di dalam kode tersebut kita memberikan atribut border pada tag table dengan nilai 1.

Keuntungan HTML

Html juga dapat dikombinasikan dengan CSS agar penampilan web menjadi lebih bagus. Jadi kita bisa membuat halam web kita menjadi lebih cantik menggunakan CSS selain dapat dikombinasikan dengan CSS HTML juga dapat dikombinasikan dengan PHP untuk menyambungkan web kita ke database.

Sekian artikel dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangandalammenyampaikan informasi ini karena untuk membahas HTML tidak bisa selesai hanya dengan satu artikel saja. Sampai berjumpa dilain kesempatan, sekian dan terimakasih.

 


Sumber:

  • id.wikipedia.org

Nurcahyo Saputro

Nurcahyo Saputro

Rabu, 8 April 2020