BERITA TEKNOLOGI Sering Dengar Kata Cache? Ini Definisi dan Manfaatnya

Sering Dengar Kata Cache? Ini Definisi dan Manfaatnya

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 25 Februari 2022

Sering Dengar Kata Cache? Ini Definisi dan Manfaatnya

Pasti kamu pernah mendengar istilah cache. Katanya sih cache itu bermanfaat. Tapi, mengapa cache harus dihapus ya?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu pasti sering mendengar istilah “cache” saat menggunakan aplikasi ataupun browser. Baik saat di ponsel maupun di laptop/PC. Sebenarnya, cache adalah data yang disimpan sementara, berfungsi agar loading website lebih cepat saat kamu mengaksesnya.

Kalau memang cache itu bermanfaat, tapi kenapa sering ada saran buat menghapusnya ya? Nah, biar lebih tahu, simak ulasan berikut ini ya.

Pengertian Cache

Saat kita menggunakan aplikasi atau browser, dan mengakses sebuah website menggunakan perangkat apapun, maka perangkat tersebut akan menyimpan informasi yang dikirimkan oleh aplikasi, browser, atau oleh server website. Data cache sendiri bisa berupa teks, file, gambar dan multimedia yang disimpan di perangkatmu setelah kamu menggunakan aplikasi atau mengunjungi website untuk pertama kalinya. Dengan adanya cache, maka ketiga hal tersebut tidak perlu lagi men-download ulang data-datanya jika nantinya kamu mengunjunginya lagi. Jadi, setiap kali kamu mengunjungi website atau membuka aplikasi kembali, maka mereka bisa loading lebih cepat.

 Walaupun begitu, cache di browser atau aplikasi juga dapat menjadi masalah tersendiri. Kalau cache yang ada terlalu banyak, maka kecepatan aplikasi atau browser juga dapat menurun. Selain itu, hal tersebut juga bisa berpengaruh pada performa perangkat. Maka dari itu, kamu perlu menghapus cache kalau sudah tidak dibutuhkan lagi.

Cara Kerja Cache

Sebetulnya, cara kerja cache dapat dibilang mudah. Hal tersebut dikarenakan inti dari penggunaannya adalah untuk menyediakan informasi atau data sementara yang tersimpan di dalam sebuah sistem. Pola kerja cache sendiri bisa digambarkan sebagai berikut.

  •  Ketika kamu kembali mengakses data yang sebelumnya pernah dikunjungi, entah itu menggunakan browser atau aplikasi, maka sistem akan mencari data terkait di bagian memory cache.
  • Jika kamu baru pertama kali melakukan akses pada data tersebut, maka sistem belum menyimpan data sementara di bagian cache. Maka, selanjutnya sistem akan memproses akses secara cepat menuju sumber data utama.
  • Saat sistem melakukan pencatatan data dari sumber utama, di sisi lain bagian processor juga membantu bekerja dengan cara menampung dan mencatat data tersebut pada bagian cache.
  • Ketika proses tersebut selesai dilakukan, maka cache akan menampilkan data tersebut saat kamu akan mengaksesnya kembali. Cache akan menampilkannya tanpa waktu yang lama.

Tipe-Tipe Cache

Ternyata, cache sendiri juga memiliki berbagai tipe sesuai dengan sistem yang digunakan. Apa sajakah itu?

Web Cache

Sesuai dengan namanya, web cache adalah proses sistem yang memperlihatkan data dengan cepat di sebuah website saat diperlukan. Tipe cache yang satu ini disimpan sementara pada sebuah server atau browser. Jadi, saat kamu mengaksesnya lagi, proses loading-nya jadi lebih cepat.

Disk Cache

Disk cache merupakan jenis cache yang menggunakan Dynamic Random Access Memory atau yang biasa disingkat DRAM. Cara kerja cache ini adalah memeriksa data yang diperlukan saat di-recall. Ia akan mengeceknya di bagian memory buffer.

Memory Cache

Cache yang satu ini merupakan penyimpanan data yang menggunakan teknologi bernama Static Random Access Memory Cells atau SRAM. Selain itu, cache ini diproses secara langsung oleh RAM (Random Access Memory) di sebuah perangkat. Memory cache bermanfaat sebagai jalur lalu lintas dari bagian memori utama pada sistem multiprosesor dan menjadikannya lebih cepat ketika diakses.

Manfaat Cache

Manfaat cache sendiri terbilang sangat sederhana. Yaitu membantu perangkat mengakses informasi atau data yang sudah disimpan secara cepat. Dengan begitu, processor tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencari informasi tersebut.

Tidak hanya itu, cache juga bermanfaat sebagai jembatan penghubung antara unit pemroses pusat (CPU) dan memori inti pada sistem. Kedua aspek tersebut memiliki kecepatan yang berbeda saat digunakan. Di sinilah peran cache sebagai “penengah” agar akses data jadi lebih cepat dan singkat.

Mengapa Cache Perlu Dihapus?

Saat performa perangkatmu melambat, kamu pasti pernah diminta untuk menghapus cache yang terdapat di browser ataupun aplikasi. Lho, katanya bermanfaat, tetapi mengapa cache perlu dihapus?

Pada dasarnya, data cache memang sangat memudahkan, terutama dalam hal akses informasi atau data. Hanya saja, walaupun data tersebut bersifat sementara, cache yang menumpuk dan tidak pernah dihapus akan memberikan pengaruh buruk pada performa sebuah perangkat.

Jika cache tidak kunjung dihapus, maka jangan heran jika perangkatmu jadi lelet dan kurang responsif. Hal tersebut terjadi karena sistem sulit memilah berbagai data dan informasi yang sebelumnya telah disimpan.

Baca Juga : Tips dan Trik Membuat Landing Page yang Tidak Hanya Menarik tapi juga Menghasilkan!

Penutup

Bisa kita simpulkan bahwa cache memang bermanfaat dan membuat akses data di aplikasi atau website menjadi lebih cepat karena adanya penyimpanan data. Sayangnya, jika ukuran cache terlalu besar, justru akan membuat perangkat menjadi lemot. Maka, cache perlu dibersihkan secara rutin.

Ingin update soal informasi lain terkait teknologi dan game? Tetap cek update terbarunya di sini ya.

 

 


Referensi:

https://www.dewaweb.com/blog/cache-dan-cara-menghapusnya/ 

https://www.jagoanhosting.com/blog/cache-adalah/ 

https://www.domainesia.com/berita/cache-adalah-kenali-pengertian-dan-manfaatnya/ 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 25 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI