BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 11 Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki

11 Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 19 Januari 2023

11 Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki

11 skills graphic designer berikut ini sangat penting untuk kamu kuasai jika ingin menjadi seorang graphic designer sukses. Apa saja 11 skills tersebut? Simak ulasannya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Graphic designer adalah profesi yang terus dibutuhkan, apalagi kebutuhan media digital juga terus meningkat. Benar saja, seiring dengan perkembangan dunia digital, maka jenjang karir seorang graphic designer juga sangat jelas dan menjanjikan.

Skills Graphic Designer yang Wajib Kamu Miliki

Jika kamu menjadi seorang graphic designer profesional, kamu nantinya dapat memilih menjadi art director untuk jabatan lebih tinggi. Tentu saja, semakin tinggi jabatannya, pendapatannya juga semakin besar. Lalu, apa saja skills yang harus dibutuhkan oleh seorang graphic designer?

Hard Skills

Skills graphic designer dapat dibagi menjadi dua, yakni hard skills dan soft skills. Untuk daftar hard skills, berikut ini catatannya:

1. Typography

Skills ini mungkin dianggap tradisional. Tapi, keterampilan tentang tipografi sangat penting. Memang, kamu dapat memilih font apa saja dengan mudah sekarang. Tapi, memilih font yang pas juga merupakan skills tersendiri.

Selain itu, pada tahap tertentu, kamu juga membutuhkan keterampilan untuk membuat font sendiri. Dengan demikian, desain yang kamu buat nantinya akan semakin berkarakter.

11 Skills Graphic Designer -typography - GAMELAB.ID

2. Menguasai Prinsip Design

Pastinya, seorang graphic designer juga harus menguasai berbagai prinsip desain seperti balance, alignment, repetition, contrast, hierarchy dan lain-lain. Kamu harus menguasai semua prinsip desain sehingga dapat membuat desain yang lebih menarik baik secara visual maupun strukturnya.

3. Menguasai Software/Aplikasi Design

Bagaimana mau menjadi seorang graphic designer jika kamu tidak menguasai software atau aplikasi desain? Beberapa software yang paling sering digunakan oleh graphic designer baik pemula maupun profesional adalah seperti:

- Adobe Photoshop
- CorelDRAW
- Adobe Illustrator
- InDesign
- Adobe Lightroom
- Blender untuk membuat model 3D

4. Time Management

Jika kamu menjadi seorang graphic designer, maka kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Ini karena kamu akan berhubungan erat dengan klien. Oleh sebab itu, ketepatan waktu adalah hal yang sangat krusial.

Project yang kamu kerjakan harus selesai tepat waktu. Ini juga menjadi value atau nilai tambah tersendiri bagi kamu. Ketika kamu dapat mengerjakan project sesuai jadwal dengan hasil maksimal, maka klien akan menyukai dan menggunakan jasa kamu lagi.

5. Kemampuan Presentasi

Mungkin saja hasil desain kamu sangat bagus, tapi kamu memiliki kesulitan untuk mempresentasikan atau menyampaikan pesan dalam desain ke klien. Maka ini adalah mimpi buruk, karena yang dibutuhkan klien bukan hanya soal visual tapi makna di dalam desain.

Apalagi jika desain yang kamu buat adalah logo atau maskot perusahaan. Maka dari itu, kamu harus menguasai skills presentasi. Sehingga kamu dapat menyampaikan segala pesan yang ada di desain kamu kepada klien secara sempurna. Klien pun dapat memahaminya dengan baik.

11 Skills Graphic Designer - presentation - GAMELAB.ID

6. Menguasai Bahasa Pemrograman

Ketika kamu menjadi seorang graphic designer, maka skills yang harus kamu kuasai bukan hanya soal visual saja, tetapi juga skills yang berhubungan dengan bahasa pemrograman.

Jika kamu menguasai berbagai bahasa pemrograman seperti C++, HTML, Java dan lain sebagainya, maka ini akan menjadi nilai tambah. Setidaknya, kamu dapat memahami dasar-dasarnya.

Pasalnya, berdasarkan sebuah survey, sekitar 36% perusahaan akan lebih tertarik pada seorang graphic designer yang memiliki pengetahuan tentang HTML dan bahasa pemrograman lainnya. Jadi, tidak ada salahnya kamu juga belajar tentang ini.

Dengan demikian, ketika kamu memiliki project yang berhubungan dengan tampilan sebuah website, maka kamu dapat membuat desain yang lebih tepat. Bukan hanya secara visual saja, tetapi secara programnya juga.

Soft Skills

Selain hard skills, seorang graphic designer juga harus memiliki soft skills agar hasil pekerjaannya lebih baik. Pertanyaannya, soft skills apa saja yang dibutuhkan oleh seorang graphic designer? Berikut ulasannya:

1. Komunikasi

Sebagai seorang graphic designer, kamu membutuhkan kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Ini karena kamu akan bekerja dengan berbagai klien. Selain itu, bisa jadi kamu juga akan bekerja dengan tim dari berbagai latar belakang.

Jika dapat berkomunikasi dengan baik, maka klien akan mudah memahami apa yang kamu sampaikan. Dengan demikian akan lebih banyak project yang kamu dapatkan. Begitu juga ketika berkomunikasi dengan tim, mereka akan lebih mudah memahami instruksi.

2. Kreatif

Seorang graphic designer dituntut untuk menjadi orang yang kreatif. Pasalnya, kamu tidak hanya berhubungan dengan satu klien, tapi dengan banyak klien. Artinya, ada banyak permintaan dari klien. Sehingga ide yang kreatif itu adalah sebuah keharusan.

Ide kreatif yang dituangkan ke dalam sebuah karya akan lebih menarik daripada karya tanpa ide kreatif. Klien juga lebih suka dengan seorang graphic designer yang kreatif. Artinya, kamu harus selalu ada ide agar karyamu selalu luar biasa dan disukai klien.

11 Skills Graphic Designer - creative - GAMELAB.ID

3. Skills Menyelesaikan Masalah

Problem solving atau menyelesaikan masalah adalah skills yang penting bagi setiap orang, termasuk seorang graphic designer. Misalnya, seorang klien hanya menerangkan sebuah ide, tapi tidak tahu apa yang ingin disampaikan melalui gambar.

Nah, dari penjelasan klien kamu dapat menarik kesimpulan apa yang harus dituangkan dalam gambar nanti. Selain itu, dalam proses membuat desain, tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang ada saja masalah yang kamu alami.

Di saat seperti itu, kamu membutuhkan kemampuan menyelesaikan masalah. Skills atau keterampilan ini dapat memudahkan kamu dalam mengerjakan berbagai project. Bukan hanya itu, kamu juga dapat membantu lebih banyak klien nantinya.

4. Dapat Bekerja Secara Cepat dan Efisien

Tidak semua klien memberikan waktu pengerjaan project sesuai keinginan kamu. Terkadang mereka hanya memberikan waktu yang singkat. Bisa juga di tengah project berjalan, tiba-tiba klien meminta agar segera diselesaikan.

Oleh sebab itu, seorang graphic designer harus bisa bekerja secara cepat dan efisien. Sehingga hasil project yang dikerjakan tetap maksimal walaupun dikerjakan dengan durasi waktu yang lebih singkat.

5. Gigih

Mungkin kata ini terdengar klasik atau sudah bisa kamu dengar. Tapi, menjadi seorang graphic designer mengharuskan kamu memiliki sikap tersebut. Sebab, dari semua project yang kamu kerjakan, tidak semua klien akan langsung puas.

Bisa jadi ada klien yang meminta untuk revisi atau bahkan desain ulang karena hasilnya tidak sesuai dengan draft atau rencana. Revisi project ini adalah hal yang biasa terjadi. Bahkan, bukan hal yang aneh juga jika klien meminta revisi hingga berkali-kali.

11 Skills Graphic Designer - gigih - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Penutup

Memang benar bahwa menjadi seorang graphic designer bukan hal yang mudah. Tapi itu bukan alasan untuk menyerah atau mengubur impian kamu menjadi seorang graphic designer profesional.

Kamu dapat memulai dengan mengikuti Kelas Desain di GAMELAB.ID. Di dalam kelas tersebut ada banyak sekali pilihan materi yang dapat kamu pelajari untuk menjadi seorang graphic designer. Jadi, tunggu apa lagi, yuk ikut kelasnya sekarang juga.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 19 Januari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI