BERITA UMUM Mengenal Apa Itu Hyperlink: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Mengenal Apa Itu Hyperlink: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Februari 2023

Mengenal Apa Itu Hyperlink: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Hyperlink adalah semacam fitur untuk menautkan atau menghubungkan antara file satu dengan file lainnya. Nah, di sini kamu akan mengetahui fungsi dan cara membuat hyperlink.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah hyperlink. Biasanya ada di dalam materi PowerPoint atau di halaman website. Pertanyaannya, apa itu hyperlink? Apa saja fungsi hyperlink sehingga penting untuk dipelajari? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Hyperlink?

Hyperlink adalah sebuah fitur yang bertujuan untuk menghubungkan antara satu file dengan file lain. File ini bisa berupa teks, gambar atau bahkan audio dan video. Ada juga yang mengatakan bahwa hyperlink adalah akses atau cara untuk menautkan satu file dengan file lain baik secara online maupun offline.

Oleh sebab itu, ketika hyperlink dibuat, kamu dapat dengan mudah mengeklik link tersebut dan berpindah ke file yang ditautkan. Bukan hanya file, jika pada sebuah artikel di website, link yang ada di dalam teks dapat mengarahkan ke tampilan halaman lain.

Secara default, teks yang mengandung hyperlink akan memiliki tampilan yang berbeda. Jika hyperlink aktif, biasanya akan berwarna biru dan ada garis bawah. Ini menunjukkan bahwa link yang ditautkan ke dalam teks bisa kamu klik atau akses.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat teks berikut ini:

Kelas Online GAMELAB.ID

Warna teks secara default akan menjadi biru. Itu menandakan link aktif dan dapat kamu klik. Lalu, hyperlink ini fungsinya untuk apa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel ini sampai selesai ya.

Mengenal Hyperlink - GAMELAB.ID

Apa Saja Fungsi Hyperlink?

Dari penjelasan di atas, maka fungsi hyperlink adalah memudahkan kamu sebagai pengunjung website untuk menggali lebih dalam tentang informasi yang ada di dalam website tersebut. Sehingga informasi yang kamu dapatkan akan lebih lengkap.

Sedangkan hyperlink pada file offline seperti PowerPoint fungsinya adalah memudahkan kamu untuk menampilkan lebih banyak file. Jadi, ketika kamu presentasi, kamu tidak perlu membuka semua file yang akan terkait dengan materi presentasi.

Kamu cukup buka file atau materi presentasi. Kemudian, cukup klik teks yang mengandung hyperlink. Teks tersebut akan langsung mengarahkan kamu ke file yang dimaksud. Sehingga kamu akan terlihat lebih profesional dan tentu saja ini lebih mudah untuk menjelaskan sesuatu.

Secara singkat, hyperlink adalah fungsi yang berada di HTML (Hyper Text Markup Language) yang memberikan jalan pintas bagi pembaca. Dengan cara ini, pengunjung sebuah website akan betah berlama-lama untuk menelusuri semua informasi yang dibutuhkan.

Apa Saja Jenis Hyperlink?

Secara umum, ada beberapa jenis hyperlink yang perlu kamu ketahui. Setidaknya, kamu perlu tahu 3 jenis hyperlink berikut ini:

Absolute Address

Jenis hyperlink ini adalah yang paling umum. Kamu perlu menautkan alamat halaman atau dokumen beserta alamat situs pada sebuah teks. Hyperlink jenis ini harus terkoneksi ke internet agar bisa aktif dan kamu pun dapat mengaksesnya. Jenis ini dapat dengan mudah kamu temui di artikel yang ada di website.

Mengenal Hyperlink - GAMELAB.ID

Relative Address

Hyperlink lainnya adalah relative address. Untuk membuat hyperlink ini kamu hanya perlu menautkannya dengan nama file dan path-nya saja. Saat kamu membuat hyperlink ini, kamu tidak membutuhkan koneksi internet.

Link Section

Hyperlink yang satu ini dapat kamu temui di platform Microsoft Word, PowerPoint dan lain sebagainya. Di sini kamu tidak perlu membutuhkan koneksi internet untuk membuat hyperlink. 

Tipe hyperlink yang satu ini sangat memudahkan perusahaan untuk melihat file atau dokumen lain tanpa harus membuka semuanya. Link Section juga memudahkan kamu untuk mencari file atau dokumen lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Hyperlink?

Jika kamu membuat artikel dengan CMS (Content Management System) seperti Blogspot dan Wordpress, maka sudah ada fitur hyperlink layaknya saat kamu menggunakan Office Word atau Google Doc. Tetapi, kamu juga bisa membuat hyperlink dengan membuat kode HTML.

Rumusnya adalah seperti  "<a href=”URL situs”>Anchor Text yang diinginkan</a>" 

Agar lebih jelas, coba perhatikan contoh hyperlink dengan kode HTML berikut ini:

<a href=”https://www.gamelab.id”>Blog GAMELAB</a>

Hyperlink di atas akan membawa kamu ke halaman website GAMELAB.ID dan hasilnya terlihat dengan hasil Blog GAMELAB

Perhatikan lagi contoh berikut ini:

<a href=” https://www.gamelab.id/news/2192-mengenal-apa-itu-affiliate-marketing-definisi-cara-kerja-dan-tips-menjadi-affiliate-marketer-sukses”>Program Afiliasi</a>

Untuk hyperlink yang kedua ini adalah Program Afiliasi. Jika kamu klik link tersebut akan mengarahkan pada halaman yang membahas Program Afiliasi GAMELAB.ID

Mengenal Hyperlink - GAMELAB.ID

Baca Juga : Tips dan Trik Membuat Landing Page yang Tidak Hanya Menarik tapi juga Menghasilkan!

Penutup

Jadi, hyperlink adalah semacam fitur yang dapat kamu klik dan menghubungkan antara satu halaman atau ke file lainnya. Untuk membuat hyperlink, memang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur di Wordpress, Blogspot, Google Doc, Google Sheet, Word, Excel, PowerPoint dan lainnya.

Semua platform tersebut sudah menyediakan fitur hyperlink. Kamu hanya perlu blok teks yang akan dijadikan hypertext, klik menu hyperlink, masukkan link dan selesai. Ketika hypertext tersebut kamu klik, maka akan mengarahkan pada link yang kamu masukkan sebelumnya.

Menarik kan bahasan kali ini? Jika kamu ingin menjadi web developer, kamu perlu akrab dengan istilah-istilah seperti hyperlink, HTML, CSS dan lainnya. Nah, kamu bisa mengikuti kelas Membuat Website Menggunakan HTML dan CSS atau Membuat Antarmuka Website untuk Menjadi Web Developer yang sudah disediakan oleh GAMELAB.ID. Yuk, buruan daftar sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI