BERITA PRAKERJA Program Kartu Prakerja 2023: Ada 15 Jam Pembelajaran, Cek Detailnya Yuk!

Program Kartu Prakerja 2023: Ada 15 Jam Pembelajaran, Cek Detailnya Yuk!

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 7 Februari 2023

Program Kartu Prakerja 2023: Ada 15 Jam Pembelajaran, Cek Detailnya Yuk!

Durasi pelatihan Program Kartu Prakerja 2023 bertambah dari 6 jam menjadi 15 jam. Ternyata, penentuan lama durasi pelatihan ini memberikan banyak keuntungan bagi peserta Program Kartu Prakerja 2023, cek yuk!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Program Kartu Prakerja 2023 telah resmi dibuka sejak Jumat, (3/2/2023). Untuk Program Kartu Prakerja Gelombang 48 ini ada sedikit perubahan dibandingkan tahun sebelumnya, khususnya pada jam pembelajaran atau pelatihan.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023

Buat yang sudah lulus sekolah atau kuliah, sedang mencari kerja, pekerja terkena PHK atau yang pelaku UMK (Usaha Mikro dan Kecil) dan pekerja yang membutuhkan peningkatan skills, kamu berkesempatan untuk menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023.

Untuk detail persyaratan dan cara mendaftarnya, kamu dapat membaca artikel Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran. Di dalam artikel tersebut, kamu akan mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 atau Kartu Prakerja 2023.

Setidaknya, ketika ingin menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, ada 8 tahapan yang akan kamu lakukan. Tahapan tersebut dimulai dari pendaftaran, pembuatan akun, pengerjaan tes online hingga pelatihan dan penerimaan insentif. Untuk informasi lebih lengkap tentang pendaftaran dan persyaratan Program Kartu Prakerja 2023, kamu bisa cek di sini.

Jika kamu sudah melakukan pendaftaran dan terpilih menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, maka kamu berhak mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta. Besaran insentif ada yang digunakan untuk mengikuti pelatihan, ada yang diberikan setelah mengikuti pelatihan dan ada juga yang diberikan setelah menyelesaikan survei.

Kamu bisa membaca artikel Wow, Insentif Kartu Prakerja 2023 Alami Kenaikan, Ini Detailnya! untuk melihat detail atau pembagian insentif tersebut. Jika dilihat secara saksama, besaran insentif ini memang lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

Bukan hanya itu, durasi pelatihannya juga lebih lama, yakni 15 jam. Tetapi, jika kamu melihat detailnya di bawah ini, ternyata 15 jam pelatihan itu tidak lama. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Durasi Pelatihan Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Durasi Pelatihan Program Kartu Prakerja 2023

Pada tahun 2023 ini durasi untuk pelatihan lebih lama daripada tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya durasi pelatihan hanya 6 jam, maka saat ini bertambah menjadi 15 jam. 

Standar waktu pelatihan ini memang lebih panjang, tetapi ini justru baik karena dapat memastikan kamu sebagai peserta Program Kartu Prakerja 2023 mendapatkan pelatihan yang berkualitas dan mendalam.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @prakerja.go.id, durasi pelatihan 15 jam itu bukan untuk satu hari. Artinya, 15 jam itu adalah durasi total waktu pelatihan. Adapun untuk durasi pelatihan dalam satu hari adalah seperti berikut ini:

- Daring (online): Maksimal selama 3 jam per hari

- Luring (offline): Maksimal selama 8 jam per hari

Kamu perlu tahu bahwa pemerintah telah menetapkan durasi waktu pelatihan dari 6 menjadi 15 jam bukan tanpa alasan. Berikut ini beberapa alasannya:

1. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 tetap dapat menjalankan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari

2. Durasi selama 15 jam dapat menjaga konsentrasi peserta selama mengikuti pelatihan

3. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 dapat menyelesaikan pelatihan dengan durasi yang cukup

Di sisi lain, durasi Program Kartu Prakerja 2023 menjadi 15 jam ini juga memberikan beberapa keuntungan bagi peserta. Di antaranya adalah seperti di bawah ini:

1. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 mendapatkan materi pelatihan yang lebih lengkap

2. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 mendapatkan ilmu atau skills yang lebih banyak

3. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 dapat memahami materi lebih mendalam

4. Peserta Program Kartu Prakerja 2023 memiliki waktu yang lebih untuk mengaplikasikan materi yang bersifat praktik.

5. Durasi selama 15 jam juga dapat membangun kebiasan yang baik bagi peserta Program Kartu Prakerja 2023 untuk lebih giat belajar.

Dengan beberapa alasan dan keuntungan di atas, maka durasi Program Kartu Prakerja Gelombang 48 selama 15 jam adalah hal yang wajar. Sehingga, kamu sebagai peserta dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk meningkatkan skills dan kompetensi.

Selain itu, durasi selama 15 jam ini juga dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas serta daya saing yang ada di pasar kerja. Oleh sebab itu, kamu bisa lebih memaksimalkan waktu untuk belajar dan mengikuti pelatihan dengan durasi selama 15 jam tersebut.

Durasi Pelatihan Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Pelatihan Program Kartu Prakerja 2023

Pemerintah telah menetapkan bahwa untuk Program Kartu Prakerja 2023 ini ada 3 opsi pelatihan yakni pelatihan online (daring), pelatihan luring (offline) dan pelatihan bauran (hybird/campuran). Untuk info lebih detail, kamu bisa baca di bawah ini.

Pelatihan Online

Siapa pun, yang sudah terpilih menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023 dapat memilih opsi pelatihan online. Pelatihan online seperti Kelas Prakerja GAMELAB.ID dapat diakses dari seluruh lokasi di Indonesia. Kamu hanya membutuhkan device (HP, laptop, komputer) yang tersambung dengan jaringan internet.

Pelatihan Offline

Untuk pelatihan offline, ada beberapa tahapan di mana masing-masing tahapan hanya untuk provinsi tertentu. Untuk tahap 1, pelatihan offline baru fokus di 10 provinsi (detailnya di poin  selanjutnya). 

Sedangkan untuk tahap 2, masih belum ada informasi. Kamu bisa cek website GAMELAB.ID untuk informasi terbaru mengenai Program Kartu Prakerja 2023.

Pelatihan Bauran (Campuran/Hybrid)

Sama dengan pelatihan secara offline, untuk pelatihan bauran tahap 1 ini juga fokus di 10 provinsi. Adapun 10 provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. DKI Jakarta

2. Jawa Barat

3. Jawa Tengah

4. Jawa Timur

5. Bali

6. Nusa Tenggara Timur

7. Papua

8. Kalimantan Barat

9. Sulawesi Selatan

10. Sumatra Utara

Durasi Pelatihan Program Kartu Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Ternyata durasi 15 jam itu tidak terlalu lama karena dengan durasi selama 15 jam justru dapat memberikan banyak keuntungan bagi kamu sebagai peserta Program Kartu Prakerja 2023. Nah, durasi selama 15 jam itu dapat kamu maksimalkan dengan mengikuti Kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Di dalam kelas tersebut, ada berbagai materi yang bisa kamu pilih. Misalnya seperti Belajar Pemrograman Dasar C++, Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Perancang Grafis, Menguasai Blender 3D Dari Dasar Sampai Ahli dan banyak lagi.

Pilih saja Kelas Prakerja GAMELAB.ID sesuai dengan passion atau skills yang ingin kamu tingkatkan. Setelah itu, ikuti kelasnya secara serius agar dapat lulus dengan nilai yang memuaskan. Di akhir pelatihan, pastinya kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari GAMELAB.ID.

Sertifikat tersebut dapat kamu gunakan untuk melengkapi CV atau resume kamu sebelum melamar kerja di perusahaan impian. Yuk, segera daftar Kelas Prakerja GAMELAB.ID sekarang. Jika ada pertanyaan seputar Kelas Prakerja, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 7 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI