Menguasai Blender 3D Dari Dasar Sampai Ahli

Program intensif mempelajari bagaimana membuat objek 3D sampai dengan pembuatan animasi Software yang digunakan adalah Blender.
Pemula Mahir

Pengajar

Andi Saputro, Ricky A. Santosa

Kategori

3D Creation

Durasi

203 Jam 15 Menit


Rp 99.500

Rp 199.000

Diskon 50%

Kelas ini terdiri dari

16 Topik
14 Quiz
82 Materi
Sertifikat

Topik yang dibahas

Persiapan 2 modul 0:05

0.1 Persetujuan Hak Cipta

Semua konten di dalam website ini adalah milik Game Lab Indonesia dan Partner. Segala bentuk kecurangan, pencurian konten maupun pelanggaran lainnya akan kami proses secara hukum.

0.2 Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Membuat Objek 3 Dimensi Dengan Blender:

5 menit
Tentang Seni 3 Dimensi 5 modul 1:35

1.1 Pengertian Karya 3 Dimensi

Seni rupa tiga dimensi menurut para ahli Rondhi dan Sumartono(2002:13)

5 menit

1.2 Fungsi Karya 3 Dimensi

Fungsinya karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi karya yang memiliki fungsi pakai

5 menit

1.3 Unsur-unsur Seni

Unsur-unsur dasar karya seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa.

15 menit

1.4 Prinsip-prinsip Seni

Karena seni bukan hanya pembuat saja yang menikmati tetapi orang lain. Maka dibutuhkan prinsip membuat karya seni

5 menit

1.5 Media, Alat dan Teknik-Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut ini adalah teknik-teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan karya seni 3 dimensi dibagi menjadi 2

5 menit
Aplikasi Objek 3 Dimensi 13 modul 4:15

2.1 Mengenal Software 3 Dimensi

Berikut ini beberapa aplikasi komputer untuk membuat objek digital 3 dimensi.

5 menit

2.2 Pengenalan Software 3 Dimensi Blender

Berikut ini adalah sejarah dari aplikasi Blender

10 menit

2.3 Antar Muka / Interface Blender

Berikut ini akan dibahas pengenalan antar muka Blender beserta keterangannya dan cara menggunakannya.

20 menit

2.4 Tombol Perintah/ Shortcut Blender

20 menit

2.5 View dan Viewport

Agar bekerja cepat di Blender, anda harus mengetahui cara mengubah view pada viewport. Seperti Orbit, Zoom, Pan.

15 menit

2.6 Object Select & Group

Cara memilih objek

20 menit

2.7 Object Transform

Cara memindahkan, memutar, skala dan cermin objek

20 menit

2.8 Object Snap & Align

Mempermudah menggerakan objek secara presisi / tepat sesuai keinginan yaitu dengan snap dan align

60 menit

2.9 Object Focus

Mempermudah melihat objek yang dipilih.

30 menit

2.10 Unsur Objek 3 Dimensi dalam Blender

Apa saja unsur yang terdapat dalam sebuah objek 3 dimensi.

15 menit

2.11 Export dan Render

Render merupakan langkah terakhir dalam pemodelan 3 Dimensi

10 menit

2.12 Tahap Membuat Objek 3 Dimensi

Tahap yang sering dilakukan untuk membuat objek dari perncangan sampai hasil 3 D dapat dipakai.

20 menit

2.13 Quiz 2

Quiz untuk menguji pemahaman tentang antar muka dan shortcut dalam aplikasi 3D Blender

10 menit
Dasar Membuat Objek 3D dengan Blender - Bag. I 6 modul 6:05

3.1 Membuat Gazebo Sederhana

Membuat gazebo untuk ruang bersantai maupun berkumpul

5 menit

3.2 Modelling Objek Gazebo

Membuat gazebo yang dibentuk dari objek dasar blender Cube dan Cylinder

60 menit

3.3 Kamera dan Bayangan / Shadow

Rendering kamera, cahaya dan membuat efek bayangan gazebo

60 menit

3.4 Material Gazebo

Memberi warna gazebo dengan solid color dan texture gambar.

60 menit

3.5 Background dan Render Objek Gazebo

Memberi background dan cara merender objek menjadi gambar

60 menit

3.6 Quiz 3

Menerapkan primitive object ke bentuk lainnya

120 menit
Dasar Membuat Objek 3D dengan Blender - Bag. II 5 modul 4:15

4.1 Membuat Meja

Pemodelan meja untuk latihan dasar

5 menit

4.2 Sketsa Meja

Membuat sketsa meja.

20 menit

4.3 Modelling Meja

Membuat meja dari hasil sketsa yang telah digambar sebelumnya.

80 menit

4.4 Material Objek Meja

Dasar memberi warna atau material dengan gambar

30 menit

4.5 Quiz 4

Melengkapi meja dengan kursi

120 menit
Dasar Membuat Objek 3D dengan Blender - Bag. III 9 modul 25:00

5.1 Membuat Poros Roda Bergerigi

Belajar membuat objek 3D lebih cepat dengan tool yang disediakan blender.

360 menit

5.2 Membuat Tangga dan Lantai

Belajar membuat tangga dengan menduplikat anak tangga dengan array

120 menit

5.3 Membuat Pegangan / Pembatas Tangga Kanan Kiri

Belajar membuat objek samping kanan kiri di anak tangga yang telah dibuat

180 menit

5.4 Memberi Material Tangga dan Lantai dengan Teknik Dasar

Membuat tangga dengan bantuan modifier array

120 menit

5.5 Membuat Tangga Berputar

Pada modul ini kita akan membuat tangga berputar pada sebuah tiang

180 menit

5.6 Membuat Pegangan / Pembatas Tangga Putar

Membuat pembatas tangga melingkar dengan bantuan array

240 menit

5.7 Export Tangga Putar

Langkah akhir yaitu mengekport tangga

60 menit

5.8 Memberi Material Tangga Putar dan Lantai

Memberi material tangga agar tangga bewarna sesuai keinginan dan pengaturan kamera untuk export gambar.

120 menit

5.9 Quiz 5

Belajar Mennggandakan objek dengan Array

120 menit
Dasar Membuat Objek 3D Dengan Blender - Bag. IV 4 modul 9:00

6.1 Membuat Sketsa Logo

Membuat sketsa logo untuk toko roti m-bakery dan modelling dengan curve

120 menit

6.2 Membuat Logo 3 Dimensi

Konversi mode text 2 dimensi menjadi objek text 3 dimensi

60 menit

6.3 Membuat Text 3 Dimensi

Memberi material dan export gambar logo m-bakery

180 menit

6.4 Quiz 6

Membuat pengembangan kreasi logo

180 menit
Memberi Material dengan UV Map - Bag. I 4 modul 14:40

7.1 Membuat Kotak Minuman

Membuat kotak minum dan sedotan untuk belajar texturing dengan teknik UV-Mapping

120 menit

7.2 Material Kotak Minuman dengan Teknik UV Map

Belajar UV Map untuk memberi material pada kotak minum

400 menit

7.3 Render Kotak Minuman

Export kotak minum dengan menambah background bevel agar terlihat bagus

180 menit

7.4 Quis 7

Pengembangan untuk UV Map dasar

120 menit
Memberi Material dengan UV Map - Bag. II 3 modul 8:00

8.1 Memberi Material Roda Bergerigi dengan UV Map

Bagaimana texturing dengan menggunakan teknik UVMapping dengan lebih mendalam, memanfaatkan 2 Area kerja secara optimal, berkreasi dalam membuat texture sendiri, sampai ke proses lanjutan rendering.

300 menit

8.2 Export Roda Bergerigi dengan Meterial Hasil UV Map

Mengatur lighting dan camera untuk hasil render roda bergerigi lebih bagus.

120 menit

8.3 Quiz 8

Mengenal istilah baru dalam hasil akhir(Render)

60 menit
Ruangan Isometrik 3 modul 10:30

9.1 Modelling Ruangan Isometrik

Belajar bagaimana memanfaatkan normals yang terbalik, penggunaan Material tingkat lanjut, pengenalan membuat volumetric lighting, sampai ke proses lanjutan rendering isometrik yang masih banyak disukai

300 menit

9.2 Material dan Rendering Ruangan Isometrik

Memberi pewarnaan dan lighting ruangan isometrik.

240 menit

9.3 Quiz 9

Mengenal Istilah dalam 3 dimensi

30 menit
Membuat Objek 3 Dimensi Dengan Curva 2D 3 modul 8:00

10.1 Membuat Gelas Kaca dan Vas Keramik

Kita akan belajar bagaimana modelling dengan menggunakan teknik tracing yang lebih mendalam, sampai ke proses lanjutan rendering.

180 menit

10.2 Material Gelas Kaca

Membuat background dan memberi material gelas agar seperti kaca.

180 menit

10.3 Quiz 10

Membuat Objek dengan Curve 2D

120 menit
Membuat Objek 3D dengan Modifier 5 modul 20:10

11.1 Membuat Buah Pepaya

Belajar bagaimana modelling menggunakan teknik box modelling dengan modifier, memanfaatkan bayangan dari hasil baking, berkreasi dalam membuat texture sendiri, sampai ke proses lanjutan rendering.

180 menit

11.2 UV Map dan Texture Pepaya

Cara membuat UV Map pada benda yang ter-modifier. Setelah itu memberi material objek pepaya.

400 menit

11.3 Membuat Pesawat Sederhana

Membuat Pesawat Sederhana

240 menit

11.4 UV Map dan Texture Pesawat Sederhana

Membuat texture pesawat dengan teknik UV map yang telah diajarkan sebelumnya. Kali ini marksheam sesuai dengan bentuk dasar bidangnya.

360 menit

11.5 Quiz 11

Menggandakan objek dengan Mirror

30 menit
Animasi 3D 4 modul 16:00

12.1 Membuat Makanan Sosis

Sekarang membuat objek dasar untuk belajar animasi dasar yaitu sosis.

120 menit

12.2 Rigging Sosis

Setelah modelling selanjutnya memberi weight agar bone dapat menggerakkan sosis.

300 menit

12.3 Animasi Sosis

Membuat animasi sosis seperti ulat, Ini buat ulat atau sosis ? ya kita lihat tutorial berikut ini.

420 menit

12.4 Quiz 12

Animasi Sosis

120 menit
Pemodelan Objek 3D Tingkat Lanjut - Bag. I 6 modul 26:40

13.1 Membuat Pohon Pepaya 3D

Membuat pohon pepaya berbuah

420 menit

13.2 UV Map dan Texture Pohon Pepaya

Memberi texture pada pohon pepaya yang telah dibuat

320 menit

13.3 Rigging Pohon Pepaya 3D

Setelah modelling dan UV Map selesai. Sekarang saatnya mengatur rigging untuk persiapan animasi pohon pepaya

320 menit

13.4 Animasi Pohon Pepaya 3D

Membuat animasi pohon pepaya tertiup angin dan buah jatuh

240 menit

13.5 Export Pohon Pepaya 3D

Export animasi pohon pepaya ke video

60 menit

13.6 Quiz 13

Menambah animasi buah pepaya.

180 menit
Pemodelan Objek 3D Tingkat Lanjut - Bag. II 5 modul 21:00

14.1 Membuat Hewan Sapi 3D

Membuat hewan sapi yang gemuk

360 menit

14.2 UV Map dan Texture Sapi

Membuat material sapi mulai dari UV Map sampai menggambar texture dengan aplikasi lainnya.

240 menit

14.3 Rigging Sapi 3D

Modelling dan Texture sudah selesai, saatnya rigging sapinya

240 menit

14.4 Animasi Sapi 3D

Menggerakan animasi sapi dan render animasi ke video

240 menit

14.5 Quiz 14

Membuat animasi hewan

180 menit
Pemodelan Objek 3D Tingkat Lanjut - Bag. III 5 modul 32:00

15.1 Membuat Badan Manusia 3D

Pemodelan badan manusia, rigging lebih teliti dan weight yang lebih tepat.

360 menit

15.2 UV Map dan Texture Badan Manusia

Setelah pemodelan manusia selesai, langkah berikutnya adalah UV map. Harus lebih teliti dari pada memuat objek tutorial sebelumnya.

360 menit

15.3 Rigging Badan Manusia 3D

Proses rigging pada manusia. Acuan pada badan kita masing-masing agar lebih mudah membayangkan saat memberi weight.

420 menit

15.4 Animasi Manusia 3D

Animasi manusia berlari.

420 menit

15.5 Quiz 15

Membuat animasi manusia

360 menit

Testimoni Peserta

Dhia Irfan Winnata

Mahasiswa STMM "MMTC" Yogyakarta 2015

magang di educa studio menambah ilmu saya tentang 2d artwork , yang saya suka dari sini adalah trainernya yang selalu sabar memberi saran dan petunjuk jika saya stuck dalam mengerjakan sesuatu . terima kasih kak arsan dan educa studio

Anugrah Arif Windiatama

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Selama saya melakukan magang pada divisi programming, saya mendapatkan banyak pengalaman tidak hanya di bagian pemrogramannya saja, saya jadi tahu bagaimana menyusun to do list dan membuat asset untuk game.

Jujur Dewa Pamungkas

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta

Magang di Educa Studio memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat magang yang lain, walaupun dikerjakan secara online , kedisiplinan dalam pelaksanaan magang menjadi salah satu fokus utama di Educa Studio...belajar dari awal membuat game adalah pengalaman yang menarik dan bermanfaat..