BERITA UMUM 5 Keterampilan IT (Teknologi dan Informasi) Paling Diminati Perusahaan

5 Keterampilan IT (Teknologi dan Informasi) Paling Diminati Perusahaan

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 17 Maret 2023

5 Keterampilan IT (Teknologi dan Informasi) Paling Diminati Perusahaan

5 keterampilan IT berikut ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai industri. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang IT, cobalah untuk meningkatkan salah satu dari skills atau keterampilan berikut ini.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Teknologi dan informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan sudah digunakan di hampir seluruh industri. Bahkan, teknologi digital pun sudah menjadi bagian yang sangat penting untuk berbagai industri, terutama industri kreatif. Oleh sebab itu, 5 keterampilan di bidang teknologi dan informasi (IT) sangat dibutuhkan.

5 Keterampilan IT Paling Diminati

Menurut Forbes, berikut ini daftar skills atau keterampilan yang sangat dibutuhkan di berbagai industri saat ini bahkan hingga masa mendatang. Kira-kira, skills apa saja ya? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Data Communicator 

Mulai tahun 2023 hingga mendatang, seorang data communicator sangat dibutuhkan. Berdasarkan penelitian Tableau dari Forrester, pada tahun 2025, 70% perusahaan akan membutuhkan seorang data communicator untuk pengolahan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Data communicator adalah seorang ahli yang mampu menerjemahkan, menafsirkan hingga mengomunikasikan data. Bukan hanya itu, seorang dengan keahlian ini mampu menarasikan data dengan baik, termasuk juga menganalisis data itu berasal, kenapa data itu penting bagi perusahaan hingga cara terbaik untuk menerapkan data tersebut.

2. Cybersecurity 

Teknologi digital mengalami perkembangan sangat pesat. Penyebaran data secara digital pun tidak bisa dihindari lagi bahkan makin masif. Ketika data-data penting ini dibagikan secara online, maka ini membuka celah bagi oknum pelaku kejahatan siber untuk meretas data tersebut.

Mereka bisa saja mencuri data pribadi atau perusahaan untuk berbagai kepentingan. Dengan alasan inilah, seorang cybersecurity atau tenaga terampil di bidang keamanan siber sangat dibutuhkan. 

Jika kamu memiliki skills sebagai seorang cybersecurty dengan kemampuan di atas rata-rata, maka kamu akan dengan mudah diterima kerja di mana pun. Apalagi pada perusahaan yang bergelut di bidang digital atau keamanan data.

5 Skills IT - GAMELAB.ID (2)

3. UX Design

Keterampilan IT berikutnya yang sangat dibutuhkan adalah skills dari seorang UX Designer atau User Experience Designer. Profesi UX Design memang tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi digital. Ini karena perusahaan semakin menyadari pentingnya platform digital seperti aplikasi dan website untuk menjangkau lebih banyak customer.

Seorang UX Designer memiliki tanggung jawab untuk mengemas produk teknologi perusahaan baik berupa website, aplikasi atau lainnya. Tujuannya adalah bisa untuk brand awareness, memperluas jangkauan pasar dan mendapatkan customer potensial baru.

4. Digital Marketing 

Digital marketing adalah skills atau keterampilan IT berikutnya yang sangat dibutuhkan oleh berbagai industri. Ini karena semua industri pasti memiliki divisi pemasaran untuk meningkatkan penjualan atau menjalankan kegiatan bisnisnya.

Beberapa tanggung jawab dari orang yang memiliki keahlian di bidang digital marketing adalah analisis pemasaran, membuat strategi pemasaran, melakukan promosi, kampanye iklan berbayar di berbagai platform seperti menggunakan Instagram Ads, Google Ads dan lain-lain.

5. Artificial Intelligence (AI) 

Teknologi AI atau Artificial Intelligence sangat populer akhir-akhir ini. Bahkan, sudah banyak aplikasi yang memanfaatkan AI sebagai fitur utamanya. Oleh sebab itu, profesi AI engineer juga sangat diminati oleh banyak perusahaan di berbagai bidang. Apalagi, di masa mendatang teknologi ini akan terus mengalami perkembangan.

Untuk memiliki keterampilan di bidang AI, kamu harus memiliki beberapa skills di bidang teknik informatika seperti pemrograman, big data, framework dan algoritma. Adapun salah satu dari tugas seorang AI engineer adalah mengotomasi perangkat yang digunakan oleh seorang data science. Apakah kamu tertarik untuk menjadi AI engineer? Jika iya, kamu harus optimasi skills dari sekarang di GAMELAB.ID.

5 Skills IT - GAMELAB.ID

Promo Ramadan BERKAH Bersama Shopee

Dari daftar di atas, jenis keterampilan apa yang paling kamu minati? Apapun pilihan kamu, sudah seharusnya kamu mempersiapkan  diri dari sekarang. Optimasi skills adalah sebuah keharusan untuk bisa bersaing di berbagai industri yang memiliki kompetisi tinggi.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan optimasi skills di GAMELAB.ID dengan biaya lebih hemat berkat promo Ramadan BERKAH bersama Shopee. Dengan promo ini, kamu bisa hemat hingga 50% saat checkout kelas GAMELAB.ID di Shopee.

Beberapa kelas yang bisa kamu pilih dengan promo ini adalah game developer, programming, modelling dan animation, desain grafis dan ilustrasi hingga kelas digital marketing. Lengkap sekali kan? Kamu hanya perlu login di aplikasi Shopee dengan akun yang sudah terverifikasi, kemudian pilih kelas di GAMELAB.ID.

Untuk informasi lebih lanjut tentang promo Ramadan BERKAH bersama Shopee ini, kamu bisa klik link ini. Dengan begitu, optimasi skills di GAMELAB.ID jadi lebih hemat. Ingat ya, promo ini berlaku hingga 22 April 2023. Jadi, jangan sia-siakan promo ini!

Ramadan Berkah Bersama Shopee - GAMELAB.ID

Baca Juga : Pekerjaan Digital Marketing: Tugas, Tanggung Jawab, dan Prospek Karier

Penutup

Skills di bidang teknologi dan informasi (IT) seperti yang sudah disebutkan di atas memang sangat dibutuhkan. Bahkan, sekarang saja sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk keterampilan di atas. Kamu hanya perlu memenuhi persyaratan untuk melamar kerja di perusahaan impian.

Pastinya, tidak ada cara lain selain melakukan optimasi skills terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu akan memiliki keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kabar baiknya, kamu bisa mengikuti Kelas Akademi di GAMELAB.ID sesuai dengan keterampilan yang ingin kamu tingkatkan. Ini karena kelas di GAMELAB.ID diformulasikan dengan kurikulum industri.

Yuk, segera daftar kelas di GAMELAB.ID dengan memanfaatkan Ramadan BERKAH bersama Shopee atau promo Uji Coba Kelas Gratis. Jika kamu memiliki saldo Prakerja, kamu juga bisa memanfaatkan saldo Prakerja kamu untuk daftar Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Jika kamu ada pertanyaan seputar kelas, promo dan diskon di GAMELAB.ID, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini ya.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 17 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI