BERITA BERITA GAME [Rumor atau Fakta] Game Garena Free Fire Max Ditutup?

[Rumor atau Fakta] Game Garena Free Fire Max Ditutup?

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 17 Maret 2023

[Rumor atau Fakta] Game Garena Free Fire Max Ditutup?

Game Free Fire Max dikabarkan akan segera tutup. Pemain tidak akan lagi mendapatkan update atau pembaruan. Oleh sebab itu, para pemain Free Fire Max disarankan untuk segera menginstall Free Fire non-max.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Siapa yang tidak kenal dengan Free Fire, game buatan Garena? Popularitasnya bahkan sering disandingkan dengan PUBG (Player Unknown Battle Ground). Ketenarannya sebagai salah satu mobil gaming memang tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya, ada kabar bahwa Garena Free Fire Max akan ditutup dalam waktu dekat ini. Apakah kabar ini benar?

Free Fire Max 

Publisher Garena bisa dikatakan sukses setelah merilis Free Fire pada tahun 2017 silam. Berbagai macam event esport bahkan rutin dilakukan untuk menyemarakkan dunia game di dunia, termasuk di tanah air. Bahkan, game ini pernah menjadi salah satu game yang dipertandingkan di SEA Games.

Tentu saja, ketenaran Free Fire atau disingkat FF ini juga tidak lepas dari kerja keras game developernya yakni 111 Dots Studio. Adapun peran Garena selaku publisher juga tidak bisa dikesampingkan. Artinya, ketenaran FF tidak bisa lepas dari semua pihak yang terlibat.

Free Fire Max adalah Free Fire dengan konten yang telah ditingkatkan. Peningkatan ini bisa dilihat dari banyak hal. Adapun tujuannya adalah untuk menghadirkan pengalaman bermain yang lebih menarik dan imersif bagi para pemainnya.

Free Fire Max - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

Rumor Free Fire Max Ditutup

Baru-baru ini, Garena mengumumkan jika game battle royale Free Fire Max terpaksa harus ditutup. Hanya saja, informasi ini didapatkan dari FreeFireMania mengatakan bahwa para pemain dari Brasil mendapatkan pesan dari sistem. Pesan tersebut berisi bahwa Garena tidak akan lagi merilis update untuk Free Fire Max mulai tanggal 21 Maret 2023.

Hanya saja, informasi ini belum diumumkan secara resmi. Garena belum mengeluarkan press release terkait hal tersebut. Tapi, bisa jadi penutupan ini terjadi akibat dari saham indukan Garena, yakni SEA LTD yang mengalami penurunan sangat tajam hingga 72%.

Bukan hanya itu, Free Fire ini juga dilarang keras di negeri Bollywood atau India. Padahal India adalah salah satu pasar terbesar Garena Free Fire. Sehingga, pelarangan ini sangat berimbas pada pendapatan Garena.

Segera Beralih ke Free Fire Non-Max

Menurut wawancara yang dilakukan oleh FreeFireMania, dikatakan bahwa Garena saat ini baru memberikan informasi jika Free Fire Max tidak akan mendapatkan update atau pembaruan lagi per 21 Maret 2023 baik itu di iOS ataupun Android.

Garena menginformasikan kepada para pemain dari Negeri Samba (Brasil) untuk segera mengunduh dan menginstall Free Fire biasa (non-max) secepatnya. Kemudian tautkan akun dari Free Fire Max ke Free Fire biasa agar tetap bisa bermain game ini di waktu mendatang.

Bagaimana dengan nasib Free Fire Max di Indonesia? Sejauh ini, belum ada informasi resmi dari Garena. Apakah Indonesia juga akan menyusul Brasil atau tidak. Artinya, selama belum ada informasi pemberhentian update dari Garena, Free Fire Max masih bisa tetap dimainkan para gamers tanah air yang kebanyakan anak muda ini.

Free Fire Max - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkuat Ekosistem Gim Lokal, Pemerintah Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoHARGAI 2024

Penutup

Dalam industri game, update adalah hal yang sangat penting mengingat teknologi dan perangkat yang digunakan oleh pemain juga terus mengalami perkembangan. Jika tidak ada update, maka pemain bisa mengalami berbagai masalah seperti bugs atau kendala lainnya.

Jika kamu menyukai dunia games, tidak ada salahnya untuk belajar menjadi game developer untuk mengetahui secara detail bagaimana pembuatan game. Kamu pun akan tahu berbagai alasan kenapa game developer harus selalu melakukan update dan apa saja kerugiannya jika tidak ada update.

Siapa tahu, dengan belajar menjadi game developer kamu bisa menciptakan game yang disukai banyak gamers di tanah air atau bahkan di dunia. Beruntungnya, kamu bisa belajar bagaimana menciptakan game dengan mengikuti kelas di GAMELAB.ID. Kamu bisa mengikuti Kelas Programming dan Coding.

Biar lebih hemat, manfaatkan promo dan diskon yang sedang berlaku di GAMELAB.ID. Kamu bisa klik link ini untuk melihat daftar promo dan diskon yang masih berjalan. Jika kamu masih ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 17 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI