BERITA KARIR Tips Membangun dan Meningkatkan Karir di Dunia Kerja

Tips Membangun dan Meningkatkan Karir di Dunia Kerja


#karir
Tips Membangun dan Meningkatkan Karir di Dunia Kerja

Karir yang cemerlang merupakan impian semua orang. Banyak yang bilang, untuk mencapainya butuh kerja keras. Tetapi apakah betul hanya kerja keras yang dibutuhkan?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Di dalam dunia kerja, karir menjadi salah satu hal yang penting. Karir cemerlang merupakan impian semua orang. Banyak yang bilang, untuk mencapai karir yang cemerlang dibutuhkan kerja keras. Tetapi apakah hanya dengan kerja keras semuanya akan tercapai? Bisa iya, bisa tidak.

Beberapa hal yang mempengaruhi dari kecermelangan karir adalah dengan faktor pengalaman, faktor usaha kita (kerja keras), faktor pengembangan diri secara internal, faktor perusahaan atau tempat di mana kita bekerja. Kali ini, saya akan membahas lebih detail pada bagian pengembangan karir melalui pengembangan diri. 

Pengembangan diri akan menjadi faktor yang cukup penting untuk meningkatkan karir kita di dunia kerja. Berikut poin-poin penting yang semoga bermanfaat untuk sahabat GameLab semua: 

Membaca

Kegiatan membaca akan berpengaruh paling besar di dalam kita mengembangkan diri. Dengan banyak membaca, pengetahuan kita akan menjadi bertambah luas. Membaca tidak melulu harus membaca buku pengetahuan atau sains atau yang berhubungan dengan skill saja. Membaca bisa kita lakukan dengan membaca buku-buku sebagai berikut: 

Buku Manajemen. Buku ini akan meningkatkan kemampuan manajerial kita, baik itu manajemen diri sendiri maupun manajemen orang lain. Adapun ilmu manajemen ini juga akan berpengaruh bagaimana kita melakukan manajemen pekerjaan, manajemen informasi dan manajemen tim yang kita pimpin.

Buku Kepemimpinan. Buku ini akan memberikan wawasan kepada kita bagaimana kita memimpin tim dan bahkan memimpi proyek misalnya. Faktor kepemimpinan memegang peranan sangat besar terutama apabila kita berada di level leader, manager atau direktur yang tentunya setiap hari kita akan melakukan aktivita kepemimpinan.

Buku Keterampilan. Buku ini akan meningkatkan wawasan kita terhadap bidang yang kita geluti. Misalnya kita sedang meniti karir di bidang marketing, maka kita perlu banyak-banyak membaca buku marketing. Apabil kita sedang meniti karir sebagai programmer, maka kita perlu banyak-banyak membaca buku tentang pemrograman.

Menulis

Menulis juga dapat membantu kita mengembangkan diri karena menulis ini dibutuhkan misalnya saja ketika kita harus membuat proposal, membuat laporan kepada atasan atau membuat laporan proyek kepada partner/client kita. Menulis juga dapat bermanfaat sebagai media ekspresi untuk menuangkan ide-ide supaya dapat tersampaikan kepada orang lain.

Menulis Blog. Memiliki blog pribadi dan menulis bisa menjadi salah satu aktivitas pengembangan diri. Teman-teman juga bisa menulis di kanal-kanal seperti medium atau kompasiana supaya mendapatkan feedback yang lebih banyak. Sahabat GameLab dapat tentang diri sendiri, pengalaman kerja maupun tentang bidang yang digeluti. 

Menulis Buku. Selanjutnya adalah menulis buku. Selain sebagai pengembangan diri, menulis buku juga dapat meningkatkan pendapatan kita melalui royalti. Sebaiknya, Sahabat GameLab menulis buku tentang pengalaman dan skill yang teman-teman miliki. 

Menulis VLog. Di sini vlog saya masukkan ke aktivitas menulis karena vlog ini sendiri merupakan aktivitas perekaman yang sebetulnya kita perlu membuat script dahulu. Di sini keterampilan menulis sangat diperlukan untuk membuat vlog yang bagus, rapi dan dapat dinikmati. 

Demikian, tips singkat untuk meningkatkan karir di dunia kerja dengan pengembangan diri. Kesimpulannya adalah aktivitas membaca dan menulis bisa menjadi aktivitas awal yang dapat meningkatkan skill teman-teman dan sudah pasti akan berpengaruh terhadap karir teman-teman di dunia kerja. Selamat mencoba!

Sumber Gambar: Background vector created by katemangostar - www.freepik.com


Andi Taru

Andi Taru

Kamis, 6 Agustus 2020