BERITA KARIR Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Oleh Fauzia Eka Setianingrum | Selasa, 29 September 2020

Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Bekerja sambil kuliah kini bukanlah situasi yang asing untuk dijalnkan. Bahkan untuk saat ini sudah menjadi trend dikalangan karyawan milenial zaman now. Namun, menyisihkan waktu antara bekerja dan kuliah bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalankan, bu

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Bekerja sambil kuliah maupun sebaliknya untuk saat ini bukanlah suatu hal yang aneh lagi. Bahkan kini menjadi suatu trand dikalangan milenial zaman now. Kebanyakan dari mereka yang menjalankan kegiatan bekerja dan juga kuliah memiliki berbagai macam alasan. Salah satunya mungkin karena keterbatasannya biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan lanjut di bangku kuliah, maupun hanya untuk menambah pengalaman hidup dimasa muda. 

Bekerja sambil kuliah tentu saja membutuhkan tenaga ekstra dengan waktu yang minimalis, namun juga memiliki beragam manfaat. Sehingga hal yang dibutuhkan adalah komitmen dan cara Anda membagi waktu yang seimbang. Nah, kini mari kta bahas satu persatu manfaat dan juga cara efektif dalam membagi waktu antara bekerja dengan kuliah.

Manfaat Dari Bekerja Sambil Kuliah

Bekerja sambil kuliah juga memiliki beberapa keuntungan yang akan didaptkan yang pastinya akan membatu mempermudah berbagai kegiatan dalam pekerjaan maupun kuliah. Apa sajakah itu ? Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapat dari bekerja sambil kuliah, di antaranya yaitu :

1. Skill Up

Keuntungan paling jelas yang bisa didapat adalah, meningkatnya skill dalam bekerja. Terutama jika jurusan atau courses yang diambil related dengan kerjaan yang digeluti sesuai. Teori yang dipelajari, pendapat dari teman sekelas, dan penjelasan dari dosen, semua itu akan secara langsung membuat skill up.

2. Menunjang Karir

Tidak jarang karyawan yang melesat karirnya setelah menyelesaikan studi sambil bekerja. Kalau kamu mempunyai kualifikasi baru, artinya kesempatan dan posisi baru akan terbuka lebar. Selain itu, kamu juga kemungkinan besar bisa mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dan menantang.

3. Memiliki Tempat Untuk Diskusi

Diskusi merupakan cara paling efektif dalam problem solving. Tapi di tengah kesibukan bekerja, bahkan rekan satu tim sekali pun kadang sulit meluangkan waktu yang cukup. Nah, dengan begitu manfaatkan teman dan dosen di kelas dengan membawa case tersebut ke dalam proses kuliah, akan mendapatkan jawaban dari puluhan kepala secara gratis.

4. Meningkatkan Profesionalisme

Jenjang karir profesional sangat dipengaruhi dengan kualifikasi keahlian. Jika cukup beruntung maka kemungkinan menjadi HR di sebuah perusahaan dengan kualifikasi yang tak related, langkah selanjutnya adalah ambil courses di bidang psikologi atau hukum.

Baca Juga : Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Tips Efektif Membagi Waktu Bekerja Dengan Kuliah

Membagi waktu saat kuliah sambil bekerja pastinya akan banyak hal yang terpengaruh. Tapi secara menambah kualifikasi saat sedang berkarir atau bekerja sangatlah disarankan. Nah, agar kegiatan bekerja dan back to campus-mu lancar, lakukan beberapa tips efektif berikut ini :

1. Tentukan Prioritas dan Buatlah List Kegiatan

Tentukan mana pekerjaan atau tugas kuliah yang penting dan harus diselesaikan terlebih dulu. Kerjakan semua kewajiban itu dengan baik dan sungguh-sungguh. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, hindari hal-hal yang akan mengganggu proses selesainya tugas dan kewajiban. Aturlah jadwal kegiatan rutin yang bisa Anda laksanakan dengan baik, tetapi masih bisa disesuaikan jika ada keperluan lain yang lebih penting.

Dengan menentukan prioritas dan juga pembuatan list juga dapat mengefesienkan segala kegiatan yang beriringan dan juga menjadikan diri kita untuk semakin disiplin.

2. Fokus 

Fokus adalah salah satu cara efektif agar kita dapat membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Jika kita mampu fokus pada satu hal, pekerjaan tersebut menjadi mudah dan cepat diselesaikan sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lain dengan waktu yang cepat pula. Untuk bisa fokus, hindari hal-hal yang membuat kita lalai dan lupa waktu.

3. Manfaatkan Teknologi

Mampu memanfaatkan teknologi yang ada seperti penggunaan laptop, komputer, maupun gadget yang ada akan mempermudah menyelesaikan segala urusan kuliah dan pekerjaan yang dirasa cukup mendesak. Penggunaan email dan juga sosial media yang ada juga akan mempermudahkannya.

Sumber :

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Selasa, 29 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI