BERITA UMUM Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume [Lengkap]

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume [Lengkap]

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 17 April 2023

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume [Lengkap]

CV (Curriculum Vitae) dan resume adalah dua hal yang berbeda. Di artikel ini, kamu akan mengetahui apa saja perbedaan keduanya. Di akhir artikel, kamu juga bisa membuat CV secara digital.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pada dasarnya, CV (Curriculum Vitae) dan resume merupakan dua jenis dokumen penting yang biasanya dibutuhkan saat mencari pekerjaan. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan informasi tentang diri kita kepada calon pemberi kerja, namun terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang perbedaan CV dan resume.

Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume

Perbedaan utama antara CV dan resume adalah tujuan dan panjang dokumen tersebut. CV digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang akademis atau penelitian, di mana kredensial akademis dan pengalaman penelitian sangat penting. CV juga lebih panjang dan lebih rinci daripada resume, biasanya terdiri dari dua halaman atau lebih. 

Sementara itu, resume digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang bisnis atau industri, di mana pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan sangat penting. Resume biasanya hanya terdiri dari satu halaman, dan berisi informasi singkat tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang.

Selain itu, CV dan resume juga berbeda dalam format dan konten. CV cenderung berisi daftar rinci tentang publikasi, penghargaan, dan pengalaman penelitian seseorang, serta rincian tentang kredensial akademis mereka. 

Sementara itu, resume lebih fokus pada pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi seseorang yang relevan dengan posisi yang dilamar. Dalam resume, umumnya tidak diperlukan untuk mencantumkan rincian tentang publikasi atau pengalaman penelitian.

Perbedaan CV dan Resume - novoresume.com - GAMELAB.ID

Apa Itu CV (Curriculum Vitae)

CV atau Curriculum Vitae adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang artinya 'perjalanan hidup'. CV biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang akademik, penelitian, atau profesi yang membutuhkan kualifikasi tinggi. 

Dokumen ini lebih detail dan lengkap daripada resume. CV sering kali mencakup semua pengalaman kerja dan pendidikan, serta prestasi akademik dan publikasi yang kamu miliki.

Dalam sebuah CV (Curriculum Vitae), terdapat beberapa informasi penting yang harus ada untuk memberikan gambaran yang jelas tentang diri kita dan kualifikasi yang dimiliki kepada calon pemberi kerja. Berikut adalah beberapa informasi yang sebaiknya ada dalam CV:

1. Ringkasan pribadi: Pada bagian ini, sebaiknya mencantumkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tujuan atau objektif kita dalam mencari pekerjaan.

2. Riwayat pendidikan: Di bagian ini, sebaiknya mencantumkan semua pendidikan formal yang telah kita tempuh, seperti jenjang pendidikan, jurusan, nama universitas, tahun kelulusan, dan prestasi akademik yang pernah diraih.

3. Pengalaman kerja: Bagian ini berisi tentang pengalaman kerja atau magang kita sebelumnya, termasuk nama perusahaan, posisi yang dipegang, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah diraih. Pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar sebaiknya ditekankan.

4. Keterampilan dan keahlian: Di bagian ini, sebaiknya mencantumkan keterampilan dan keahlian yang kita miliki, seperti bahasa asing, keterampilan teknis, atau keahlian interpersonal.

5. Publikasi atau penelitian: Bagian ini mencantumkan semua publikasi atau penelitian yang telah kita lakukan, baik yang sudah diterbitkan maupun yang masih dalam tahap penelitian. Bagian ini biasanya diperlukan untuk posisi yang berkaitan dengan bidang akademik atau penelitian.

6. Penghargaan dan sertifikasi: Bagian ini mencantumkan penghargaan atau sertifikasi yang pernah kita dapatkan, seperti penghargaan akademik, sertifikasi profesi, atau sertifikasi keahlian.

7. Aktivitas atau organisasi: Pada bagian ini mencantumkan aktivitas atau organisasi yang pernah kita ikuti, baik di kampus atau di luar kampus, serta peran yang kita pegang dalam organisasi tersebut. Bagian ini dapat memberikan gambaran tentang keterampilan kepemimpinan dan kemampuan organisasi kita.

Penting untuk diingat bahwa CV harus dibuat secara jelas, padat, dan mudah dibaca. Selain itu, CV harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar, dengan menekankan kualifikasi dan pengalaman yang paling relevan dengan posisi tersebut. 

Dengan membuat CV yang baik, kamu dapat meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara kerja dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Lalu, bagaimana dengan resume? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan CV dan Resume - novoresume.com - GAMELAB.ID

Apa Itu Resume?

Resume adalah dokumen ringkas yang berisi informasi tentang kualifikasi, pengalaman kerja, dan prestasi seseorang yang dibuat untuk melamar pekerjaan atau posisi tertentu. Resume biasanya hanya berisi satu atau dua halaman, dan berfokus pada kualifikasi dan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang dilamar.

Resume umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, organisasi non-profit, atau bidang industri, dan biasanya disertakan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Dalam resume, biasanya terdapat informasi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan keahlian, serta prestasi yang pernah diraih.

Resume yang baik harus menonjolkan keahlian dan kualifikasi yang paling relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga memungkinkan calon pemberi kerja untuk dengan cepat dan mudah memahami apa yang dapat ditawarkan oleh pelamar. Selain itu, resume harus dibuat dengan tata letak yang baik dan mudah dibaca, dengan menggunakan bahasa yang jelas dan singkat.

Penting untuk diingat bahwa resume harus selalu disesuaikan dengan posisi yang dilamar, dengan menekankan kualifikasi dan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi tersebut. Resume yang baik akan meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan panggilan wawancara kerja. Oleh sebab itu, pembuatan resume yang baik membutuhkan waktu dan usaha yang cukup dalam membuatnya.

Perbedaan CV dan Resume - freepik - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Penutup

Secara keseluruhan, meskipun CV dan resume memiliki beberapa kesamaan dalam format dan konten, perbedaan utama antara keduanya adalah tujuan dan panjang dokumen tersebut. CV lebih cocok untuk melamar pekerjaan di bidang akademis atau penelitian, di mana kredensial akademis dan pengalaman penelitian sangat penting. 

Sedangkan, resume lebih cocok untuk melamar pekerjaan di bidang bisnis atau industri, di mana pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan menjadi penilaian penting. Untuk mengefektifkan proses pencarian pekerjaan, penting untuk mengetahui perbedaan antara CV dan resume dan menggunakan dokumen yang tepat untuk situasi tertentu. 

Dengan mempertimbangkan tujuan dan audiens yang akan melihat dokumen tersebut, kamu dapat menciptakan CV atau resume yang membuat kamu bisa bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di GAMELAB.ID untuk membuat CV secara digital.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti Kelas Premium di GAMELAB.ID dan dapatkan CV digital. Contohnya bisa kamu lihat di sini (scroll sampai ke bawah). Lalu, bagaimana cara daftar Kelas Premium? Kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID untuk mengetahui bagaimana cara daftarnya. Klik link ini untuk terhubung ke Tim GAMELAB.ID.

 

 

Sumber gambar: novoresume.com dan freepik


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 17 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI