BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 8 Agustus 2023

Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Beginilah cara membuat Curriculum Vitae (CV) menggunakan Canva. Artikel disertai dengan gambar dan langkah-langkah. Canva sendiri dikenal sebagai platform desain yang mudah digunakan bahkan untuk seorang pemula.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Cara membuat curriculum vitae (CV) menggunakan Canva - Kehadiran Canva, telah membantu banyak orang menciptakan konten digital yang kreatif dan variatif. Penggunaan Canva pun beragam tergantung dengan kebutuhan, baik untuk kebutuhan pribadi, pemasaran, maupun lainnya.

Platform ini juga cukup ramah bagi pemula, sehingga popularitasnya selalu terjaga. Bagi lulusan SMK maupun fresh graduate, kehadiran Canva bisa sangat membantu untuk mempersiapkan terjun ke dunia kerja. Kamu bisa membuat desain CV yang menarik di platform Canva.

Apa Itu Canva?

Canva merupakan platform desain dan komunikasi visual yang eksis sejak tahun 2013. Platform desain ini sangat memudahkan pengguna karena memberikan kemudahan dalam proses mendesain bahkan bagi para pemula.

Selain itu, penggunaan Canva juga tidak ribet, karena dapat digunakan secara online melalui browser di desktop maupun di ponsel pintar dengan mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.

Melalui websitenya, Canva mengungkapkan misinya adalah memberdayakan semua orang di dunia agar dapat membuat desain jenis apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Salah satu nilai yang dijunjungnya yakni "Sederhanakan yang rumit". Artinya, aplikasi ini berusaha memberikan solusi desain termudah, pragmatis, dan efektif untuk semua masalah.

Sejak peluncurannya, platform desain ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dari 190 negara dengan lebih dari 13 miliar desain dibuat di dalamnya. Canva menawarkan berbagai pilihan desain, seperti desain untuk presentasi, sosial media, website, product, curriculum vitae, poster, dan masih banyak lainnya.

Penggunaan Canva dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar, sesuai dengan kebutuhan. Canva berbayar memungkinkan kamu untuk membuka lebih banyak template, font, gambar, dan elemen-elemen lainnya.

Meski demikian, Canva gratis pun akan sangat membantumu karena menyediakan berbagai pilihan template non berbayar yang masih bisa dikreasikan lebih lanjut sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Dewasa ini, Canva memiliki peran penting untuk meningkatkan kesadaran merek. Selain itu, para mahasiswa, lulusan SMK, hingga pencari kerja lainnya juga kerap memanfaatkan Canva sebagai media untuk mempercantik curriculum vitae.

Mengapa Curriculum Vitae Penting?

Saat mencari kerja, curriculum vitae (CV) menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh pencari kerja. CV dapat dikatakan sebagai sebuah dokumen yang akan mewakili dirimu.

Dokumen ini berisi uraian mengenai pengetahuan, pengalaman, pendidikan, serta keterampilan seseorang. Kamu juga bisa memuat informasi pribadi tentang data diri, kontak telepon dan email di curriculum vitae.

Saat mempersiapkan CV, kamu disarankan membuatnya se-menarik mungkin agar dapat menggaet perhatian para rekruter. Kamu bisa menyesuaikan bagaimana CV-mu akan dibuat sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Jika kamu berkecimpung di bidang kreatif, akan lebih baik jika CV milikmu mewakili elemen kreativitas. Meski demikian, tidak semua CV harus didesain dengan 'ramai'.

CV dengan desain sederhana namun tetap menarik dan mewakili seluruh informasi juga cenderung mencuri perhatian rekruter. Lalu, bagaimana langkah-langkah membuat CV menggunakan Canva?

Langkah-Langkah Membuat CV Menggunakan Canva

Berikut merupakan cara membuat CV menggunakan Canva beserta langkah-langkahnya.

1. Buat Akun Canva

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat CV menggunakan Canva adalah memiliki akun Canva itu sendiri. Jika sudah memilikinya, kamu bisa langsung Login. Jika belum, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Membuat CV Menggunakan Canva - Gamelab.ID

Berikut cara mendaftar ke akun Canva:

- Buka situs resmi Canva 
- Pilih Daftar
- Kamu bisa mendaftar menggunakan Google, Facebook, maupun Email
- Jika menggunakan Google dan Facebook, beri izin agar Canva bisa melanjutkan proses sign in
- Jika mendaftar menggunakan email, silahkan masukkan detail informasi yang dibutuhkan.
- Buka email dan lakukan konfirmasi
- Akun Canva siap digunakan

2. Pilih Menu Membuat CV

Kamu bisa membuat CV di Canva menggunakan bantuan template. Cukup ketik kata "resume" atau "curriculum vitae" di search bar yang disediakan Canva di menu Home. Kamu akan diperlihatkan berbagai pilihan template resume yang juga bisa digunakan untuk membuat CV. Silahkan pilih satu template yang paling sesuai.

Membuat CV Menggunakan Canva (Resume Templates) - GAMELAB.ID

Font, warna, background, dan elemen-elemen pada template tersebut bisa kamu edit sesuai dengan preferensimu. Penggunaan template dapat membantu mengatur tata letak CV yang akan kamu kreasikan.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa memilih menu "Learn" lalu "Resume Maker". Setelahnya kamu akan dihadapkan pada kertas putih kosong yang bisa kamu gunakan untuk memulai mendesain curriculum vitae. Pada bagian ini, kamu tetap bisa memilih template.

Membuat CV Menggunakan Canva (Resume Maker) - GAMELAB.ID

3. Kreasikan CV

Setelah menemukan template yang tepat, ini saatnya kamu mengkreasikan CV. Berikut merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV-mu lebih menarik.

a. Tambahkan Elemen-Elemen

Silahkan tambahkan elemen-elemen yang relevan pada CV yang kamu buat. Pada menu elemen ini, kamu bisa menambahkan berbagai hal seperti chart, tabel, grids, bingkai untuk foto, bentuk-bentuk, grafis, ikon, dan masih banyak lainnya.

Biasanya, untuk membuat CV kamu tidak perlu menambahkan elemen yang terlalu banyak. Elemen-elemen yang bisa kamu tambahkan untuk CV antara lain elemen ikon untuk email, lokasi, dan whatsapp, elemen garis, atau bingkai untuk foto.

Membuat CV Menggunakan Canva (Tambahkan Elemen) - GAMELAB.ID

b. Tambahkan Foto

Jika ingin memasukkan foto ke dalam bingkai yang sudah dipilih, kamu perlu mengunggahnya terlebih dulu. Lakukan pengunggahan di menu upload. Setelahnya, drag foto yang telah kamu unggah ke grid yang sebelumnya telah kamu pilih pada menu elements.

Membuat CV Menggunakan Canva (Tambahkan Foto) - GAMELAB.ID

c. Buat Header

Selanjutnya, kamu bisa membuat header dengan memilih "add a heading" di menu Text. Heading biasanya digunakan untuk menuliskan nama pada CV agar menonjol dibandingkan bagian-bagian lain.

Tambahkan pula sub heading untuk menuliskan profesimu. Sub heading ini juga dapat digunakan untuk menambahkan informasi-informasi lain yang perlu ditonjolkan. Hasil dari penambahan heading dan sub heading adalah sebagai berikut.

Membuat CV Menggunakan Canva (Header) - GAMELAB.ID

d. Lengkapi CV

Silahkan isi CV tersebut dengan informasi profesional yang ingin kamu sampaikan kepada rekruter. Pengisian ini dapat dilakukan dengan memilih menu "add a little bit of body text" di menu Text.

Isi dengan teliti informasi-informasi tersebut. Maka CV kamu telah jadi. Jika masih belum puas, kamu bisa menyempurnakan CV dengan menambahkan hal-hal lainnya dengan mengeksplore menu Canva lebih jauh.

Membuat CV Menggunakan Canva - GAMELAB.ID

Manfaat Canva

Platform desain Canva memiliki manfaat yang beragam dalam menunjang proses desain yang mudah dan efektif. Selain digunakan untuk membuat CV bagi para pencari kerja, Canva juga memiliki manfaat-manfaat lain, antara lain:

Digital Marketing

Canva bisa dimanfaatkan untuk membuat desain komunikasi digital yang sangat bermanfaat dalam ranah digital marketing. Platform ini menunjang pembuatan konten-konten sosial media seperti Carousel Instagram, poster Instagram, desain Instagram Story, dan masih banyak lainnya. Desain-desain komunikasi visual itu telah membantu tim marketing meningkatkan kesadaran merek mereka dalam bisnis.

Pendidikan

Canva memungkinkan kita untuk membuat presentasi yang bisa berguna bagi dunia pendidikan. Selain itu, para siswa juga bisa mengeksplorasi proses pembelajaran desain yang simpel menggunakan Canva. Platform ini juga menjadi andalan mahasiswa dan para siswa untuk membuat desain-desain event kampus dan sekolah.

Dalam sisi pembelajaran, Canva dapat turut serta dalam upaya menggali kreativitas pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Pendidik juga bisa membuat materi ajar yang menarik yang bisa mendorong hasil belajar yang semakin baik.

Memudahkan Perusahaan

Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat laporan tentang pekerjaan, membuat proposal bisnis, membuat cover Ebook, dan lain sebagainya. Hal-hal ini tentu saja akan memudahkan perusahaan dalam proses mendesain yang lebih kreatif dan efektif.

Baca Juga : Membedah Perbedaan CV dan Resume Panduan Lengkap untuk Pelamar Kerja!

Penutup

Itulah langkah-langkah membuat Curriculum Vitae menggunakan Canva. Selain bisa membantu para pencari kerja, Canva sangat dikenal di bidang digital marketing untuk membantu memasarkan produk.

Pembuatan desain grafis melalui Canva banyak dilakukan oleh pelaku usaha baik mikro maupun makro. Bahkan perusahaan besar sekalipun tak jarang masih memanfaatkan Canva.

Jika kamu bergelut di bidang pemasaran, kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai desain grafis menggunakan Canva dengan cara mengikuti kelas Membuat Desain Konten Marketing dengan Canva di GAMELAB.ID.

Kelas ini merupakan bagian dari program prakerja yang bisa diikuti oleh para peserta prakerja. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai program tersebut, kamu bisa menghubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 8 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI