BERITA MSIB Tutorial Lengkap Syarat dan Pendaftaran MSIB Kampus Merdeka

Tutorial Lengkap Syarat dan Pendaftaran MSIB Kampus Merdeka

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 23 Mei 2023

Tutorial Lengkap Syarat dan Pendaftaran MSIB Kampus Merdeka

MSIB merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh Kampus Merdeka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar mata kuliah di kelas.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) adalah sebuah program pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para pelajar dan profesional muda. Program ini memungkinkan peserta untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang relevan dengan bidang studi mereka. 

Syarat Pendaftaran Mengikuti Program MSIB

Sebelum membahas lebih lanjut tentang persyaratan MSIB dari Kampus Merdeka, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Kampus Merdeka. Kampus Merdeka merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tujuan program ini adalah untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa dan mempraktikkannya. Program MSIB memiliki berbagai pilihan, antara lain:

1. Magang Bersertifikat

2. Studi Independen

3. Kampus Mengajar

4. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

5. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

6. Membangun Desa (KKN Tematik)

7. Proyek Kemanusiaan

8. Riset atau Penelitian

9. Wirausaha

Namun, untuk tahun 2023, program Kampus Merdeka yang masih tersedia hanya MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Pendaftaran MSIB telah dibuka dan terbuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia yang dapat memenuhi semua persyaratan.

Peserta program ini akan mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya seperti pengakuan kredit atau konversi SKS dan sertifikat program bagi mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta MSIB.

Syarat dan Pendaftaran - GAMELAB.ID

Persyaratan Program MSIB

Apa saja persyaratan untuk mengikuti program MSIB? Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar program MSIB, yang dikutip dari laman resmi Kemendikbudristek:

1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia

Program MSIB terbuka untuk mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia. Tidak ada batasan geografis yang mengharuskan mahasiswa berasal dari daerah atau institusi pendidikan tertentu. Semua mahasiswa yang memenuhi persyaratan program dapat mengajukan permohonan, terlepas dari daerah asal mereka.

2. Mahasiswa Aktif dan Dokumen Persyaratan Lengkap

Jika tertarik untuk mengikuti program MSIB, pastikan status kamu adalah mahasiswa aktif. Artinya, kamu harus terdaftar sebagai mahasiswa pada institusi pendidikan yang relevan saat mendaftar ke program tersebut. 

Selain itu, peserta diharapkan mampu melengkapi semua berkas pendaftaran dan data yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh MSIB. Hal ini dapat mencakup dokumen seperti transkrip akademik, sertifikat, surat rekomendasi, formulir aplikasi dan informasi pribadi lainnya yang diminta oleh program tersebut.

3. Memenuhi Syarat Minimal Semester

Persyaratan terkait dengan minimal semester tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mahasiswa harus aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1, yang mengindikasikan bahwa program MSIB terbuka bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di program sarjana (S1) atau diploma (D2, D3, D4).

2. Ada persyaratan minimal semester yang harus telah diselesaikan oleh mahasiswa pada saat program MSIB dimulai. Persyaratan ini berbeda tergantung pada jenjang pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa, yaitu:

- Mahasiswa pada jenjang D2, harus minimal telah menyelesaikan semester 3 sebelum dapat mengikuti program MSIB.

- Mahasiswa pada jenjang D3, harus minimal telah menyelesaikan semester 4 sebelum dapat mengikuti program MSIB.

- Mahasiswa pada jenjang D4 dan S1, harus minimal telah menyelesaikan semester 5 sebelum dapat mengikuti program MSIB.

Dengan demikian, jika sekarang kamu berada pada jenjang D2, maka minimal kamu sudah semester 3 sebelum bisa mendaftar ke program MSIB. Hal yang sama berlaku untuk jenjang D3, D4, dan S1, dengan persyaratan minimal semester yang sesuai.

Tujuan dari persyaratan ini adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang memadai dan landasan pengetahuan yang cukup sebelum memasuki program MSIB. Dengan menetapkan persyaratan ini, program MSIB dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan sesuai dengan tingkat pengetahuan mahasiswa yang lebih tinggi.

4. Mahasiswa Belum Yudisium

Mahasiswa yang ingin mengikuti program MSIB tidak boleh sudah lulus atau menjalani yudisium (pemberian gelar) sebelum program tersebut selesai. Artinya, kamu harus tetap dalam status mahasiswa aktif selama mengikuti program MSIB.

5. Data Terdaftar di PDDIKTI 

PDDIKTI adalah Pusat Data dan Informasi Pendidikan Tinggi yang mengelola data mahasiswa di Indonesia. Persyaratan ini menunjukkan bahwa kamu harus terdaftar secara resmi di PDDIKTI. Data pribadi seperti nama juga harus sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

6. Melengkapi Dokumen Pendukung

Mahasiswa harus mengunggah sejumlah dokumen sebagai persyaratan pendaftaran atau pelaksanaan program MSIB. Beberapa dokumen tersebut seperti:

- Curriculum Vitae (CV)

- Transkrip Nilai

- Surat Rekomendasi dari universitas

- SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, dan 

- Foto/scan KTP

Dokumen-dokumen ini diperlukan untuk menilai kelayakan dan memverifikasi identitas mahasiswa. Jadi, pastikan untuk mengumpulkan semuanya.

7. Fokus Mengikuti MSIB hingga Selesai

Kamu perlu mengikuti program MSIB dengan dedikasi penuh dan tidak terlibat dalam kegiatan atau komitmen lain yang dapat mengganggu keterlibatan kamu dalam program tersebut. Jadi, selama mengikuti program tersebut, kamu harus fokus hingga selesai.

8. Memiliki Komitmen Mematuhi Aturan

Sebagai peserta, kamu diharapkan memiliki kesediaan dan tekad untuk mematuhi aturan, kewajiban dan persyaratan program MSIB. Jadi, selama mengikuti program MSIB, kamu harus mematuhi aturan baik dari pihak MSIB maupun dari lembaga pelatihan.

Syarat dan Pendaftaran - GAMELAB.ID

Tutorial Cara Melakukan Pendaftaran

Setelah memahami semua persyaratan di atas, selanjutnya kamu perlu melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah tutorial lengkap untuk melakukan pendaftaran program MSIB. 

Pendaftaran Akun Baru

Jika kamu tertarik dan memenuhi syarat untuk menjadi peserta MSIB, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun Kampus Merdeka:

1. Buka browser web kamu dan masukkan URL https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ untuk mengakses laman utama Kampus Merdeka.

2. Di laman tersebut, kamu akan menemukan tombol dengan label "Masuk ke Akun" di pojok kanan atas jika menggunakan versi desktop atau "Masuk" di pojok kanan bawah jika menggunakan versi ponsel. Klik tombol tersebut untuk melanjutkan.

3. Setelah mengklik tombol "Masuk ke Akun" atau "Masuk", kamu akan diarahkan ke halaman masuk. Di halaman ini, terdapat tombol dengan label "Daftar". Untuk melakukan pendaftaran, klik tombol tersebut.

4. Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memilih peran kamu dalam Kampus Merdeka. Pilih opsi "Mahasiswa" dan klik tombol "Selanjutnya" untuk melanjutkan.

5. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi informasi rinci yang diperlukan untuk membuat akun, seperti alamat email dan kata sandi. Isi informasi yang diminta dengan benar, lalu klik "Selanjutnya" untuk melanjutkan.

6. Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan data-data tambahan yang diminta, seperti informasi pribadi, data pendidikan dan lainnya. Isilah dengan cermat dan lengkap sesuai dengan yang diminta.

7. Langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan atau kebijakan privasi yang berlaku. Bacalah dengan teliti, jika kamu setuju, centang kotak persetujuan yang tersedia dan klik "Selanjutnya".

8. Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, sistem akan mengirimkan email aktivasi ke alamat email yang kamu daftarkan sebelumnya. Buka kotak masuk email kamu dan cari email dari noreply-kampusmerdeka. Buka email tersebut dan ikuti tautan yang diberikan untuk mengaktifkan akun kamu.

9. Sampai di tahap ini, kamu sudah bisa melakukan verifikasi email dan selanjutnya kamu bisa melakukan login di situs Kampus Merdeka.

Tutorial Pendaftaran Program MSIB

Setelah membuat akun Kampus Merdeka, langkah selanjutnya adalah mendaftar program MSIB. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser web dan kunjungi situs web Kampus Merdeka. Setelah itu, lakukan login atau masuk ke akun pribadi dengan menggunakan informasi login yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

2. Jika kamu tertarik untuk mendaftar ke program Magang, setelah masuk ke akun (login), cari dan klik opsi yang bertuliskan 'Magang Bersertifikat'. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik 'Cari Posisi Magang' untuk melihat daftar posisi magang yang tersedia.

3. Sedangkan jika kamu tertarik untuk mendaftar ke program Studi Independen, setelah masuk ke akun kamu (login), cari dan klik opsi yang bertuliskan 'Studi Independen Bersertifikat'. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik 'Cari Kelas Studi Independen' untuk melihat daftar kelas studi independen yang tersedia.

4. Setelah kamu memilih opsi yang sesuai dengan minat (Magang atau Studi Independen), kamu akan melihat daftar kegiatan atau lowongan yang tersedia. Bila perlu, gunakan juga opsi 'Tambah Filter' untuk menyaring atau mengatur pilihan yang ingin kamu lihat berdasarkan preferensi. Setelah mengatur filter, klik 'Cari' untuk melihat hasilnya.

5. Kemudian, pilih salah satu kegiatan yang kamu minati. Klik pada kegiatan tersebut untuk melihat rincian lengkapnya.

6. Pada halaman rincian kegiatan, kamu akan menemukan informasi seperti deskripsi proyek atau kegiatan, kriteria peserta, profil perusahaan dan informasi tambahan lainnya yang relevan. Jika tertarik dan ingin mendaftar kegiatan tersebut, cari tombol atau opsi yang bertuliskan 'Daftar' dan klik tombol itu.

7. Setelah mengklik tombol 'Daftar', kamu akan diarahkan ke formulir pendaftaran. Isi formulir tersebut dengan informasi yang diminta, seperti nama lengkap, alamat, kontak, dan informasi pendidikan. Pastikan kamu mengisi semua kolom yang diminta. 

Selain itu juga, beri tanda centang pada setiap pernyataan yang diberikan untuk menunjukkan persetujuan kamu terhadap ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Setelah selesai mengisi formulir, klik 'Daftar' untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu akan dapat menjelajahi dan mendaftar ke program magang atau studi independen yang ditawarkan oleh Kampus Merdeka. Pastikan untuk membaca dan memahami informasi yang diberikan sebelum mengirimkan pendaftaran kamu.

Syarat dan Pendaftaran - GAMELAB.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Penutup

Pendaftaran untuk program MSIB merupakan kesempatan yang berharga bagi mahasiswa untuk melibatkan diri dalam aktivitas di luar kelas, seperti magang atau studi independen. Dengan program ini, sebagai mahasiswa, kamu dapat memperluas pengetahuan, informasi, wawasan dan pengalaman. 

Dengan mengikuti MSIB, kamu dapat mengembangkan keterampilan dan keahlian. Kamu juga dapat meningkatkan kompetensi kamu di bidang yang kamu sukai. Jika kamu memiliki minat untuk menjadi seorang web fullstack developer, kamu bisa mengikuti program MSIB di GAMELAB.ID.

Kamu bisa segera daftar kelasnya di GAMELAB.ID sekarang. Sebab, kelas ini memiliki materi yang kamu butuhkan dan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Selain itu, kamu akan didampingi oleh trainer profesional serta berpengalaman.

Jadi, setelah kamu mengetahui persyaratan dan cara mendaftar program MSIB, kamu juga perlu memilih kelas yang tepat. Tentu saja, kamu dapat mengikuti program MSIB yang sesuai minat atau passion di GAMELAB.ID. Yuk, segera join programnya dan jika ada pertanyaan, hubungi Tim GAMELAB.ID di sini ya.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 23 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI