BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal Pengertian dan Perbedaan antara UI dan UX Design

Mengenal Pengertian dan Perbedaan antara UI dan UX Design

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 2 Juni 2023

Mengenal Pengertian dan Perbedaan antara UI dan UX Design

Mau tahu perbedaan UI dan UX design? Di artikel ini kamu dapat mengetahui pengertian dan perbedaan masing-masing secara detail. Yuk, baca selengkapnya di artikel ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua istilah yang sering digunakan dalam desain digital, terutama dalam konteks desain aplikasi dan situs web. Meskipun sering kali dianggap sebagai satu kesatuan, sebenarnya UI dan UX adalah dua konsep yang berbeda dengan peran yang berbeda pula dalam pengalaman pengguna.

Pengertian UI (User Interface)

UI (User Interface) atau antarmuka pengguna, merujuk pada semua elemen visual dan interaktif yang digunakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan sebuah produk atau layanan. Ini meliputi tata letak, warna, ikon, tombol dan elemen desain lainnya yang membentuk bagaimana pengguna berinteraksi dengan antarmuka. 

Tujuan utama dari UI adalah memberikan pengalaman visual yang menarik dan intuitif kepada pengguna. Adapun peran utama UI adalah menciptakan desain yang menarik dan mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. 

Aspek-aspek penting dalam UI desain meliputi konsistensi, kejelasan, kegunaan dan estetika. Oleh sebab itu, sebagai desainer UI, kamu bertanggung jawab untuk menciptakan antarmuka yang menarik, kohesif dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna.

Pengertian UX (User Experience)

UX (User Experience) atau pengalaman pengguna, merujuk pada keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan sebuah produk atau layanan. Ini mencakup segala aspek dari awal hingga akhir, termasuk mencari informasi, mendaftar, berinteraksi dengan fitur-fitur dan menyelesaikan tugas yang diinginkan. 

Tujuan utama dari UX adalah memberikan pengalaman yang positif dan memuaskan kepada pengguna. Adapun peran utama UX adalah memastikan bahwa pengalaman pengguna diarahkan secara efektif dan efisien. 

Hal ini melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan harapan pengguna serta bagaimana mereka berinteraksi dengan produk atau layanan tersebut. Maka dari itu, sebagai desainer UX, kamu bertanggung jawab untuk merancang alur interaksi yang mulus, mengurangi hambatan dan memastikan bahwa pengguna dapat mencapai tujuan mereka dengan mudah.

Perbedaan UI dan UX Design - GAMELAB.ID

Perbedaan UI dan UX Design

Terdapat beberapa perbedaan antara UI dan UX design yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya:

Fokus Utama

UI dan UX design memiliki fokus utama yang berbeda. Penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini:

- UI Design

UI (User Interface) design berkaitan dengan menciptakan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna. Tujuan utama dari UI desain adalah membuat pengguna terlibat secara visual dan intuitif dengan produk atau layanan yang mereka gunakan.

Untuk mencapai ini, kamu harus memperhatikan beberapa aspek penting. Pertama, kamu perlu menciptakan tata letak yang baik, yang mencakup penempatan elemen-elemen seperti tombol, teks, gambar dan ikon dengan cara yang logis dan estetis. Tata letak yang baik membantu pengguna mengenali dan memahami fungsi dan hierarki informasi.

Selain itu, pemilihan warna juga sangat penting dalam UI desain. Warna dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan merek atau tujuan produk, serta membantu membedakan elemen penting dari elemen lainnya. Kamu perlu mempertimbangkan konsistensi warna untuk menciptakan kesan visual yang seragam dan mudah dikenali.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan elemen interaktif seperti tombol, ikon dan animasi. Elemen ini harus dirancang agar mudah diakses dan memberikan umpan balik yang jelas kepada pengguna saat berinteraksi dengan antarmuka. 

- UX Design

UX (User Experience) design melibatkan membangun pengalaman pengguna yang efektif dan memuaskan. Ini berfokus pada bagaimana pengguna merasakan dan berinteraksi dengan produk atau layanan dari awal hingga akhir. 

Tujuan utama dari UX desain adalah memastikan bahwa pengguna dapat mencapai tujuan mereka dengan mudah dan merasa puas dengan pengalaman yang mereka alami. Untuk mencapai ini, sebagai desainer UX, kamu perlu memahami kebutuhan, preferensi dan perilaku pengguna target. 

Kamu juga perlu melakukan riset pengguna yang mendalam, seperti wawancara, observasi dan pengujian pengguna. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan yang ada dan mengidentifikasi masalah yang mungkin dihadapi pengguna.

Berdasarkan pemahaman ini, desainer UX dapat merancang alur interaksi yang optimal. Kamu bertugas untuk membuat keputusan tentang tata letak, navigasi dan struktur informasi untuk memastikan pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan mencapai tujuan mereka dengan tanpa hambatan.

Selain itu, desainer UX juga mempertimbangkan aspek emosional dan psikologis dalam pengalaman pengguna. Di sini kamu bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman yang membangun kepercayaan, memberikan kepuasan dan memenuhi ekspektasi pengguna. 

Dalam hal ini, desainer UX mungkin menggunakan teknik seperti gamifikasi, storytelling atau desain interaksi yang lebih mendalam untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kesimpulannya, UI desain berkaitan dengan menciptakan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan, sementara UX desain berfokus pada membangun pengalaman pengguna yang efektif dan memuaskan. Keduanya saling terkait dan penting dalam menciptakan produk atau layanan yang mengutamakan kebutuhan dan kepuasan pengguna.

Perbedaan UI dan UX Design - GAMELAB.ID

Ruang Lingkup

Ruang lingkup mengacu pada area atau elemen yang dibahas oleh masing-masing desain UI dan UX. Berikut ulasannya:

- UI Design

UI desain terbatas pada elemen visual dan interaktif antarmuka. Sebagai desainer UI, kamu fokus pada aspek estetika dan tampilan antarmuka yang menarik. Kamu bertanggung jawab untuk merancang elemen-elemen seperti tata letak, warna, ikon, tombol, teks dan elemen desain lainnya yang terlihat oleh pengguna. 

Desainer UI menciptakan elemen-elemen ini agar tampak kohesif, menarik dan mudah digunakan. Mereka bekerja dengan memperhatikan elemen grafis dan interaksi antara pengguna dan antarmuka.

- UX Design

UX desain melibatkan keseluruhan pengalaman pengguna dari awal hingga akhir. Ini mencakup semua aspek interaksi pengguna dengan produk atau layanan, termasuk sebelum, selama dan setelah penggunaan. 

Di sini, tugas kamu adalah mempertimbangkan bagaimana pengguna menemukan produk, berinteraksi dengan antarmuka, menyelesaikan tugas dan bagaimana pengalaman tersebut mempengaruhi pandangan dan kepuasan mereka. 

Desainer UX tidak hanya terfokus pada elemen visual, tetapi juga pada aspek-aspek seperti alur interaksi, navigasi, struktur informasi dan responsivitas antarmuka. Kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keseluruhan pengalaman pengguna berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan serta kebutuhan pengguna.

Tujuan

Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai oleh desain UI dan UX. Berikut perbedaan keduanya dari sisi tujuan:

- UI Design

Tujuan utama dari UI desain adalah menciptakan antarmuka yang menarik, kohesif dan estetis. Desainer UI berusaha untuk membuat tampilan visual yang menarik bagi pengguna. Kamu bertugas menciptakan kesan yang positif melalui penggunaan warna yang tepat, tata letak yang estetis, penggunaan ikon yang mudah dipahami dan elemen desain lainnya. 

Desainer UI juga bertujuan untuk menciptakan kohesi visual antara elemen-elemen dalam antarmuka agar terlihat seragam dan terintegrasi dengan baik. Melalui desain yang menarik dan estetis, tujuan UI desain adalah untuk menarik perhatian pengguna dan menciptakan antarmuka yang mengundang interaksi.

- UX Design

Tujuan utama dari UX desain adalah memastikan bahwa pengguna dapat mencapai tujuan mereka dengan mudah dan merasa memuaskan. Desainer UX berfokus pada pemahaman mendalam tentang pengguna, termasuk kebutuhan, preferensi dan perilaku mereka. 

Tujuan UX desain adalah untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan dan mengidentifikasi cara terbaik agar pengalaman pengguna optimal. Desainer UX berusaha untuk merancang alur interaksi yang intuitif, navigasi yang mudah dipahami dan menyusun informasi dengan jelas. 

Kamu juga mempertimbangkan aspek psikologis dan emosional pengguna untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan dan membangun kepercayaan. Tujuan UX desain adalah memastikan bahwa pengguna merasa terbantu, berhasil dan puas dalam mencapai tujuan mereka.

Perbedaan UI dan UX Design - GAMELAB.ID

Pendekatan

Perbedaan pendekatan merujuk pada cara desainer UI dan UX mendekati proses desain. Berikut ini penjelasannya:

- UI Design

Pendekatan dalam desain UI lebih berfokus pada tampilan dan estetika yang menarik. Desainer UI mempertimbangkan aspek visual, seperti penggunaan warna, tata letak, ikon dan elemen desain lainnya untuk menciptakan antarmuka yang menarik secara visual. 

Mereka bekerja untuk menciptakan desain yang estetis dan memikat bagi pengguna. Desainer UI juga memperhatikan konsistensi desain agar elemen-elemen dalam antarmuka web atau aplikasi terlihat seragam dan terintegrasi dengan baik. 

Pendekatan dalam desain UI melibatkan penerapan prinsip desain visual yang baik, pemilihan elemen desain yang tepat dan perhatian terhadap detail estetika untuk menciptakan antarmuka yang menarik secara visual.

- UX Design

Pendekatan dalam desain UX berfokus pada pemahaman mendalam tentang pengguna dan interaksi mereka dengan produk atau layanan. Desainer UX melakukan riset pengguna yang komprehensif untuk memahami kebutuhan, preferensi dan perilaku pengguna target. 

Sebagai UX designer, kamu bertugas untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan. Kamu juga perlu mengidentifikasi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi oleh pengguna. 

Pendekatan dalam desain UX melibatkan pengumpulan dan analisis data pengguna, seperti observasi, wawancara atau pengujian pengguna untuk memahami kebutuhan dan tujuan pengguna secara mendalam. 

Berdasarkan pemahaman ini, desainer UX merancang alur interaksi, navigasi dan struktur informasi yang optimal untuk memastikan pengalaman pengguna yang efektif dan memuaskan.

Hasil

Hasil mengacu pada apa yang dihasilkan oleh desain UI dan UX. Berikut penjelasan lengkapnya:

- UI Design

Hasil dari desain UI adalah menghasilkan antarmuka yang visual dan interaktif yang menarik. Desainer UI berusaha untuk menciptakan tampilan yang menarik secara visual dengan menggunakan elemen desain seperti warna, tata letak, ikon dan grafis yang menarik perhatian pengguna. 

Di sini, kamu juga merancang elemen interaktif seperti tombol, penggeser dan animasi yang memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan bagi pengguna. Hasil desain UI adalah antarmuka yang menarik secara visual, kohesif dan estetis, yang memikat pengguna dan mengundang mereka untuk berinteraksi dengan produk atau layanan.

- UX Design

Hasil dari desain UX adalah menghasilkan pengalaman pengguna yang efektif, efisien dan memuaskan. Desainer UX berusaha untuk memahami pengguna secara mendalam, melalui riset pengguna yang komprehensif, untuk merancang pengalaman yang memenuhi kebutuhan dan tujuan pengguna dengan mudah dan memuaskan. 

Sebagai UX Designer, kamu berfokus pada aspek seperti alur interaksi, navigasi dan struktur informasi yang memastikan pengguna dapat menemukan dan menggunakan produk atau layanan dengan efektif dan efisien. 

Hasil desain UX adalah pengalaman pengguna yang optimal, di mana pengguna merasa terbantu, berhasil dan puas dalam mencapai tujuan mereka. Desain UX juga mempertimbangkan aspek emosional dan psikologis untuk menciptakan pengalaman yang membangun kepercayaan dan kepuasan pengguna.

Perbedaan UI dan UX Design - GAMELAB.ID

Baca Juga : Langkah-langkah Mudah Cara Belajar Desain Grafis dari Nol!

Penutup

Secara keseluruhan, UI desain berkaitan dengan tampilan visual dan interaktif antarmuka, sementara UX desain melibatkan pemahaman mendalam tentang pengguna dan pengalaman mereka secara keseluruhan. 

UI desain berfokus pada menciptakan antarmuka yang menarik, kohesif dan estetis, sementara UX desain bertujuan untuk memastikan pengguna dapat mencapai tujuan mereka dengan mudah dan memuaskan. 

Meskipun keduanya saling terkait dan saling memengaruhi, UI dan UX design bekerja bersama untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal, di mana UI desain memberikan tampilan visual yang menarik dan interaktif, sementara UX desain memastikan efektivitas, efisiensi dan kepuasan dalam pengalaman pengguna.

Seru kan belajar tentang UI dan UX design? Kabar baiknya, kamu bisa mengasah sekaligus meningkatkan skills kamu di bidang ini dengan mengikuti Kelas Desain di GAMELAB.ID. Kamu bisa memilih materi seputar UI dan UX design.

Dengan mengikuti kelas UI dan UX design, kamu akan lebih mengenal tentang perbedaan keduanya. Yuk, segera daftar dan jika ada pertanyaan, silakan klik link ini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 2 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI