BERITA PROGRAMMING Data Science dan Data Scientist: Pengertian, Tanggung Jawab, Skills dan Kisaran Gajinya

Data Science dan Data Scientist: Pengertian, Tanggung Jawab, Skills dan Kisaran Gajinya

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 6 Juni 2023

Data Science dan Data Scientist: Pengertian, Tanggung Jawab, Skills dan Kisaran Gajinya

Data science adalah bidang yang kompleks karena melibatkan beberapa hal untuk membaca, mengolah dan mempresentasikan data. Orang yang memiliki profesi ini disebut dengan data scientist. Yuk, cari tahu lebih detail di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Data science adalah bidang yang berkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan, analisis dan interpretasi data untuk mendapatkan wawasan dan mendukung pengambilan keputusan. Adapun orang yang bekerja di bidang ini disebut dengan data scientist (ilmuwan data).

Apa itu Data Science?

Data science adalah bidang yang melibatkan pemahaman dan penggunaan data untuk menemukan pola, tren dan wawasan yang bermanfaat bagi organisasi atau perusahaan. Data scientist menggunakan berbagai teknik dan algoritma statistik, matematika dan pemrograman komputer untuk menganalisis dan menginterpretasi data. 

Data scientist adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk menghasilkan wawasan yang bernilai. Mereka memanfaatkan metode ilmiah, teknik statistik dan algoritma machine learning untuk mengeksplorasi data dan membuat model prediktif.

Data science memainkan peran penting dalam berbagai industri dan sektor. Dengan kemajuan teknologi dan ketersediaan data yang melimpah, organisasi dapat mengumpulkan dan menyimpan jumlah data yang besar dari berbagai sumber.

Misalnya seperti data transaksi pelanggan, data sensor, data jejaring sosial dan banyak lagi. Namun, hanya dengan mengumpulkan data tersebut tidak cukup. Data science memungkinkan kamu untuk menganalisis dan mengerti data tersebut.

Dengan demikian, data scienctist dapat memberikan wawasan yang bernilai dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan menggunakan data secara efektif untuk mengoptimalkan bisnis. Oleh karena itu, peran data scientist atau ilmuwan data menjadi sangat penting. 

Data Science dan Data Scientist - GAMELAB.ID

Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Tanggung jawab data scientist mencakup beberapa aspek penting dalam proses pengolahan dan analisis data. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang tanggung jawab tersebut:

1. Pengumpulan dan Pemrosesan Data

Data scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan dengan tujuan analisis. Sebagai data scientist, kamu juga harus melakukan pemeriksaan kualitas data untuk memastikan data yang dikumpulkan akurat, lengkap dan tidak mengandung kesalahan. 

Pemrosesan data juga melibatkan membersihkan data dari outlier atau data yang tidak valid, serta mentransformasi data menjadi format yang cocok untuk analisis lebih lanjut.

2. Analisis Data dan Model

Data scientist menggunakan teknik statistik dan matematika untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dan diproses. Data scientist mengembangkan model prediktif, menerapkan algoritma machine learning dan menggunakan teknik data mining untuk mengidentifikasi pola dan tren yang relevan dalam data. 

Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk mendapatkan wawasan yang bernilai dan mendukung pengambilan keputusan yang informasional.

3. Interpretasi dan Visualisasi Data

Setelah analisis selesai, data scientist harus menginterpretasikan hasilnya dan menyajikannya secara visual agar dapat dipahami oleh pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. 

Ini melibatkan penggunaan grafik, tabel, visualisasi data atau narasi yang mudah dimengerti untuk menyampaikan temuan dan wawasan yang ditemukan melalui analisis data. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pengambil keputusan memahami implikasi dari temuan tersebut dan mengambil langkah-langkah yang tepat.

4. Kerja Tim

Data scientist sering bekerja dalam tim yang terdiri dari berbagai profesional data seperti analis bisnis, insinyur data dan ilmuwan lainnya. Mereka berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang kompleks dan mencapai tujuan yang ditetapkan. 

Komunikasi yang efektif dan kemampuan berkolaborasi dengan baik adalah keterampilan yang penting bagi seorang data scientist. Bagaimana pun, data scientist akan berhubungan dengan profesional lainnya. Sehingga skills kerja tim juga penting.

Secara keseluruhan, tanggung jawab seorang data scientist mencakup pengumpulan, pemrosesan, analisis, interpretasi data dan kerja tim untuk menghasilkan wawasan yang bernilai bagi organisasi.

Data Science dan Data Scientist - GAMELAB.ID

Skills dalam Data Scientist

Untuk menjadi seorang data scientist, kamu perlu memiliki dan menguasai beberapa skills berikut, yakni:

1. Pemahaman Statistik

Seorang data scientist harus memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep statistik, seperti regresi, probabilitas, pengambilan sampel dan uji hipotesis. Kemampuan ini membantu dalam merancang eksperimen, menganalisis data dan menginterpretasikan hasil dengan benar.

2. Pemrograman

Keterampilan pemrograman sangat penting dalam data science. Bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL digunakan secara luas untuk mengakses, memanipulasi, dan menganalisis data. Data scientist perlu memiliki pemahaman yang baik tentang sintaksis, struktur data, dan pemrograman berorientasi objek.

3. Pengetahuan Matematika

Data scientist harus memiliki pengetahuan matematika yang solid. Konsep matematika seperti aljabar linear, kalkulus, teori probabilitas dan statistik matematis digunakan dalam pengembangan dan penerapan algoritma, serta pemahaman yang lebih mendalam tentang model dan metode analisis data.

4. Pemahaman Bisnis

Data scientist harus memiliki pemahaman tentang konteks bisnis di mana data digunakan. Pengetahuan tentang industri, pemahaman tentang proses bisnis dan masalah yang relevan membantu dalam merumuskan pertanyaan yang tepat dan menafsirkan hasil analisis secara relevan dan berorientasi bisnis.

5. Keahlian dalam Algoritma dan Machine Learning

Data scientist harus memiliki pemahaman tentang berbagai algoritma machine learning, seperti regresi, klasifikasi, pengelompokan dan pengoptimalan. Kamu harus tahu bagaimana memilih algoritma yang sesuai untuk tugas analisis tertentu dan bagaimana menerapkan teknik machine learning dalam membangun model prediktif yang akurat.

6. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi data scientist. Data scientist harus mampu menjelaskan temuan analisis dengan jelas kepada pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. 

Kemampuan untuk mengubah temuan data yang kompleks menjadi narasi yang mudah dipahami dan menggunakan visualisasi data yang efektif adalah keterampilan penting yang harus dimiliki.

Selain itu, data scientist juga perlu memiliki keterampilan seperti kreativitas, pemecahan masalah, ketekunan dan kemampuan untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan metode analisis data yang baru.

Kisaran Gaji Data Scientist

Kisaran gaji seorang data scientist di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman kerja, tingkat pendidikan, lokasi, industri dan ukuran perusahaan. Secara umum, gaji data scientist di Indonesia bisa berkisar antara sekitar Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per bulan.

Bagi data scientist dengan pengalaman kerja entry-level atau kurang dari 2 tahun, gaji awal biasanya berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per bulan. Data scientist dengan pengalaman kerja menengah, sekitar 2 hingga 5 tahun, bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan. 

Sementara itu, data scientist senior dengan pengalaman lebih dari 5 tahun atau tingkat manajerial dapat memperoleh gaji di kisaran Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per bulan. 

Namun, perlu dicatat bahwa ini hanya perkiraan umum dan angka-angka tersebut dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya. Selain gaji pokok, beberapa perusahaan juga dapat menawarkan tunjangan dan bonus tambahan berdasarkan kinerja dan kontribusi seorang data scientist.

Data Science dan Data Scientist - GAMELAB.ID

Baca Juga : Perbedaan Web Application dan Website, Emang Beda?

Penutup

Data science telah menjadi bidang yang sangat penting dalam era digital saat ini. Dengan kemajuan teknologi dan ketersediaan data yang melimpah, data science memainkan peran krusial dalam mengubah data menjadi wawasan yang berharga. 

Seorang data scientist memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengumpulkan, memproses, menganalisis dan menginterpretasi data untuk mendukung pengambilan keputusan yang informasional. Oleh sebab itu, gajinya pun tidak main-main.

Bagaimana, tertarik untuk jadi seorang data scientist? Kamu bisa memulainya dengan mempelajari dan menguasai skills di bidang pemrograman. Di GAMELAB.ID, ada beberapa kelas pemrograman yang dapat membantu kamu untuk optimasi skills.

Dengan menguasai skills pemrograman, kamu sudah melangkah lebih dekat untuk menjadi seorang data scientist. Yuk, segera join kelas pemrograman sekarang. Jika ada pertanyaan seputar kelas ini, silakan klik link ini untuk bertanya pada Tim GAMELAB.ID.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 6 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI