BERITA 3D PRINTING Mengenal 3D Modelling

Mengenal 3D Modelling


#3d modelling
Mengenal 3D Modelling

3D modeling adalah salah satu sesain model yang dikembangkan untuk membuat sesuatu menjadi terlihat hidup. Asal mula 3D modeling memiliki sejarah. Sampai saat ini sudah banyak software 3d modelling yang ada untuk memudahkan dalam membuat 3d model.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Pengertian 3D model

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup).
Sebenarnya, konsep dasar dari 3D Modelling adalah pemodelan. Pemodelan sendiri adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

Asal Mula 3D Model

Pada saat itu 3D Modelling diciptakan pada tahun 1960 dengan penggunaan pertama untuk tujuan ilmiah dan teknik. Saat itu, hanya para profesional yang bekerja adengan model matematika dan analisis data saja yang dapat membuat 3D Modelling ini.
Namun, seorang pelopor grafis 3D bernama Ivan Sutherland (pencipta Sketchpad) bersama dengan rekannya David Evans, membuka jurusan teknologi komputer pertama di Universitas Utah dan menarik banyak professional berbakat dari berbagai negara untuk membantu berkontribusi dalam pengembangan industri ini, dan salah satu mahasiswanya adalah Edwin Catmull, selaku Presiden dari Pixar Animation dan Walt Disney Animation Studios.
Kemudian, Sutherland dan Evans membuka perusahaan grafis 3D pertama pada tahun 1969, dan memberi nama “Evans & Sutherland”. Awalnya, pemodelan dan animasi 3D kebanyakan digunakan di televisi dan iklan. Namun, seiring berjalannya waktu, kehadirannya di bidang lain semakin diperlukan.

Software 3D Model

Saat ini sudah banyak software untuk memudahkan dalam membuat 3d model. Berikut adalah beberapa contoh dari software 3D modelling

  1. ZWCAD
    ZWCAD adalah perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) yang kompatibel dengan anggaran dan format berkas DWG untuk industri MCAD dan AEC.Aplikasi ini adalah solusi andal yang dibuat untuk para desainer yang mencari aplikasi penyusunan yang terjangkau dengan semua fungsi AutoCAD. ZWCAD menyediakan berbagai fitur penyusunan yang ringkas dan ringan yang membuatnya beroperasi lebih cepat juga. Beberapa fitur utamanya termasuk pemodelan solid 3D, dimensi, membuat dan mengedit objek geometris 2D, berbagi file, dan menyusun perencanaan desain.
  2. Blender
    Blender adalah perangkat lunak open source grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
  3. Fusion 360
    Fusion 360 merupakan perangkat CAD, CAE dan CAM memungkinkan memungkinkan kolaborasi antara para desainer, makers atau penemu di belahan dunia manapun, kapanpun dalam mengerjakan suatu proyek dan membuat produk.

Alief Leevandra Satyadinoto

Alief Leevandra Satyadinoto

Rabu, 9 September 2020