BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal 3D Modelling

Mengenal 3D Modelling

Oleh Alief Leevandra Satyadinoto | Rabu, 9 September 2020

Mengenal 3D Modelling

3D modeling adalah salah satu sesain model yang dikembangkan untuk membuat sesuatu menjadi terlihat hidup. Asal mula 3D modeling memiliki sejarah. Sampai saat ini sudah banyak software 3d modelling yang ada untuk memudahkan dalam membuat 3d model.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apa itu 3D Modelling? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian 3D Model

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Pengertian lainnya adalah sebuah teknik dalam komputer grafis untuk memproduksi representasi digital dari suatu objek dalam tiga dimensi (baik benda mati maupun hidup).
Sebenarnya, konsep dasar dari 3D Modelling adalah pemodelan. Pemodelan sendiri adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

Asal Mula 3D Model

Pada saat itu 3D Modelling diciptakan pada tahun 1960 dengan penggunaan pertama untuk tujuan ilmiah dan teknik. Saat itu, hanya para profesional yang bekerja adengan model matematika dan analisis data saja yang dapat membuat 3D Modelling ini.
Namun, seorang pelopor grafis 3D bernama Ivan Sutherland (pencipta Sketchpad) bersama dengan rekannya David Evans, membuka jurusan teknologi komputer pertama di Universitas Utah dan menarik banyak professional berbakat dari berbagai negara untuk membantu berkontribusi dalam pengembangan industri ini, dan salah satu mahasiswanya adalah Edwin Catmull, selaku Presiden dari Pixar Animation dan Walt Disney Animation Studios.
Kemudian, Sutherland dan Evans membuka perusahaan grafis 3D pertama pada tahun 1969, dan memberi nama “Evans & Sutherland”. Awalnya, pemodelan dan animasi 3D kebanyakan digunakan di televisi dan iklan. Namun, seiring berjalannya waktu, kehadirannya di bidang lain semakin diperlukan.

Software 3D Model

Saat ini sudah banyak software untuk memudahkan dalam membuat 3D model. Berikut adalah beberapa contoh dari software 3D modelling

  1. ZWCAD

    ZWCAD adalah perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) yang kompatibel dengan anggaran dan format berkas DWG untuk industri MCAD dan AEC.Aplikasi ini adalah solusi andal yang dibuat untuk para desainer yang mencari aplikasi penyusunan yang terjangkau dengan semua fungsi AutoCAD. ZWCAD menyediakan berbagai fitur penyusunan yang ringkas dan ringan yang membuatnya beroperasi lebih cepat juga. Beberapa fitur utamanya termasuk pemodelan solid 3D, dimensi, membuat dan mengedit objek geometris 2D, berbagi file, dan menyusun perencanaan desain.
  2. Blender

    Blender adalah perangkat lunak open source grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
  3. Fusion 360

    Fusion 360 merupakan perangkat CAD, CAE dan CAM memungkinkan memungkinkan kolaborasi antara para desainer, makers atau penemu di belahan dunia manapun, kapanpun dalam mengerjakan suatu proyek dan membuat produk.
Baca Juga : Melampaui Batas Imajinasi, Memanfaatkan Animasi dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna di Bisnis!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai 3D Modelling. Ingin belajar membuat kreasi 3D? Yuk ikuti kelas "Belajar Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender Untuk Menjadi Animator" di Gamelab. Di kelas ini, kamu bisa belajar mengenai cara mengoperasikan perangkat lunak Blender 3D sehingga kamu bisa memproduksi animasi bikinanmu sendiri. 

Setelah ikutan kelas ini, kamu jadi punya skill di bidang animasi yang tentu akan berguna untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri di bidang animasi. Tertarik untuk bergabung di kelasnya? Daftar di sini ya! 


Alief Leevandra Satyadinoto

Alief Leevandra Satyadinoto

Rabu, 9 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI