BERITA TEKNOLOGI Bingung Bikin 3D Pakai Aplikasi Apa? Ini 5 Rekomendasi Software Untukmu

Bingung Bikin 3D Pakai Aplikasi Apa? Ini 5 Rekomendasi Software Untukmu

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 22 Februari 2022

Bingung Bikin 3D Pakai Aplikasi Apa? Ini 5 Rekomendasi Software Untukmu

Mencari software yang tepat untuk membuat animasi 3D? Berikut rekomendasi software terbaik untukmu.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Animator adalah salah satu pekerjaan yang memiliki prospek yang menarik. Untuk menciptakan karya yang bagus, animator harus menguasai berbagai software animasi 3D.

Tertarik untuk bikin animasi 3D tapi belum tahu software yang cocok? Kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi software pembuat 3D yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Software Pembuat 3D Terbaik

Blender

Blender merupakan salah satu software animasi 3D yang paling sering digunakan oleh para animator profesional. Dengan berbagai fitur yang bagus, aplikasi yang satu ini akan membuatmu lebih mudah dalam membuat animasi.

Berbagai fitur yang bisa kamu gunakan diaplikasi ini antara lain seperti animating, modelling, rendering, simulating, rigging, motion tracking, bahkan juga composing. Dengan fitur yang lengkap tersebut, aplikasi ini terbilang ringan jika dibandingkan dengan software untuk animasi 3D berkualitas lainnya.

Cinema 4D

Dengan fitur high speed yang canggih, Cinema 4D banyak disukai oleh banyak animator profesional. Khususnya, mereka yang bekerja di periklanan dan televisi.

Dikembangkan oleh Maxon Computer di Jerman, software yang satu ini dibekali dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari animating, texturing, lighting, rendering, dan berbagai fitur yang biasanya ada di berbagai aplikasi 3D modeling lainnya.

Banyak sekali film animasi yang sudah dibuat menggunakan software ini. Mulai dari Ghost Rider, The Golden Compass, The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe, dan masih banyak lagi.

Dengan kurva yang lembut, software ini bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Khususnya untuk yang sedang mempelajari animasi 3D.

Maya

Software lain yang sering digunakan para animator profesional adalah Autodesk Maya atau yang sering disingkat dengan Maya. Software animasi yang satu ini  bisa dibilang salah satu software paling populer, baik untuk animasi maupun untuk modeling.

Bahkan, software ini sudah sangat sering dipakai oleh banyak animator profesional yang bekerja untuk membuat film Hollywood lho. Film-film yang sudah diproduksi dengan software ini antara lain seperti Lord of The Ring dan Finding Nemo. Seringnya, Maya digunakan untuk merancang special effect untuk film.

Dengan menggunakan Maya, kamu bisa mencoba membuat efek 3D pada film atau mengembangkan game. Berbagai fitur canggih yang bisa kamu gunakan mulai dari animation, modeling, hingga coloring.

 ZBrush

Jika kamu ingin membuat animasi 3D dengan pola yang rumit seperti ukiran atau pahatan, maka ZBrush adalah software yang tepat untuk itu. Software yang satu ini memiliki interface dan alur kerja yang cukup berbeda dengan berbagai software lain.

Tidak hanya bisa digunakan untuk modeling dan sclupting, ZBrush juga bisa digunakan untuk membuat tekstur cat dan peta UV. Walaupun cara kerjanya terbilang “tradisional” karena mirip seperti memahat, tetapi ZBrush cukup disukai oleh para animator yang profesional.

Mixamo

Untuk kamu yang baru mengenal animasi 3D, Mixamo bisa menjadi opsi yang tepat. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih mengenal animasi 3D dengan cara yang lebih mudah untuk dipelajari.

Tidak hanya itu, software yang satu ini mempunyai banyak kelebihan yang tidak kalah dengan berbagai software 3D populer lainnya. Salah satu keunggulannya adalah mempunyai sistem kerja yang lebih efektif dan cepat. Maka, pengguna dapat lebih cepat dalam membuat dan mengatur animasi yang dirancangnya.

Baca Juga : Ada Banyak Pilihan Aplikasi Pembuatan Animasi 3D untuk PC dan Android!

Cara Biar Jago Bikin 3D

Butuh skill yang mumpuni dalam menggunakan software-software di atas dengan latihan yang rutin. Namun, jika kamu ingin mempelajari animasi 3D lebih mendalam, khususnya dalam menggunakan Blender 3D, kamu bisa mengikuti kelas di Gamelab. Dengan pelatihan ini, kamu akan mempelajari dan menguasai Blender 3D mulai dari dasar sampai jadi terampil.

Tertarik ikut kelasnya? Klik di sini.

 


Referensi:

https://daftarpedia.com/rekomendasi-dan-review-10-software-pembuat-gambar-3d-terbaik/ 

https://glints.com/id/lowongan/software-animasi-3d/#.YhS3d-hBxPY 

https://kreativv.com/aplikasi-3d/view-all/ 

https://dosenit.com/software/desain-software/macam-macam-software-3d 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 22 Februari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI