BERITA KARIR Pentingnya Mempersiapkan Diri Sebelum Menghadapi Interview Kerja

Pentingnya Mempersiapkan Diri Sebelum Menghadapi Interview Kerja


#karir #pekerjaan
Pentingnya Mempersiapkan Diri Sebelum Menghadapi Interview Kerja

Moment saat sedang melangsungkan interview disuatu perusahaan yang diminati untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah hal yang paling menegangkan dan yang paling dinanti-nantikan

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Job Interview atau wawancara kerja adalah suatu tahapan yang pastinya akan dilalui oleh setiap pencari pekerjaan. Nah, terkadang moment ini kerap kali membuat para pencari kerja ini merasa cemas dan gugup saat sebelum maupun saat menghadapi interview tersebut. Agar hal yang tidak diinginkan terjadi, maka sebaiknya persiapkan diri untuk dan juga memahami tentang job interview.

Apa Itu Job Interview / Wawancara Kerja ?

Menurut Wikipedia, job interview atau wawancara kerja adalah wawancara yang terdiri dari percakapan antara pelamar pekerjaan dan perwakilan dari majikan yang dilakukan untuk menilai apakah pelamar harus dipekerjakan. Wawancara adalah salah satu perangkat yang paling populer digunakan untuk pemilihan karyawan.

Maka mempersiapkan diri untuk menghadapi Interview di perusahaan yang diminati, adalah hal yang tepat guna mendapatkan respon baik dan menambah nilai plus agar perektur tertarik untuk memperjakaan pelamar. Karena itu kini saya akan membahas beberapa hal yang perlu kalian siapkan, agar kalian para pelamar kerja lebih mudah dalam menghadapi interview, diantaranya yaitu :

Yang Harus Disiapkan Sebelum Menghadapi Interview Kerja

1. Pahami Profil Perusahaan Yang Dituju

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para pelamar kerja sebelum menghadiri interview kerja yaitu melakukan riset untuk mengenal lebih dalam profil perusahaan. Kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja saat melamar, salah satunya tidak paham tentang profil dari perusahaan yang dilamar. Pengetahuan mengenai perusahaan yang dituju menunjukkan jika memang pelamar benar-benar serius dan berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

2. Pahami dan Yakini Potensi Diri

Dengan memahami dan yakin akan potensi yang dimiliki, maka itu akan menjadi nilai plus bagi pelamar untuk meyakinkan kepada pihak perusahaan yang dituju untuk merekrut pelamar untuk menjadikan karyawan di perusahaan tersebut. Biasanya HRD akan menggali kemampuan dan kecocokan si pelamar dengan posisi kerja yang ditawarkan dan juga mencari tahu bagaimana sifat dan kepribadiannya.

3. Pahami Tugas Dari Posisi Kerja Yang Dilamar

Selain mengenal lebih detail perusahaan yang dilamar, pelamar juga harus paham tugas dan tanggung jawab pekerjaan untuk posisi yang kamu lamar. Selain itu, saat menunggu untuk menjalankan interview sebaiknya asah terus dan tekuni potensi yang ada dalam diri, sehingga kamu benar-benar siap saat kelak mulai di pekerjakan.

4. Persiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan dan Berpenampilan Rapi

Hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan sebelum hari H interview kerja yaitu dokumen yang dibutuhkan sesuai instruksi. Seperti CV, fotocopy ijazah, transkrip nilai, kartu identitas, portofolio, biasanya daftar dokumen yang harus dibawa sudah tertulis di dalam undangan interview/email, jadi perhatikan betul apa saja rinciannya ya.

Jangan lupa juga siapkan alat tulis, karena biasanya sebelum sesi wawancara pelamar akan disuruh menuliskan data diri dalam formulir atau kebutuhan lainnya. Pastikan datang dengan berpenampilan rapi, formal dan juga bersih. Karne itu sangat penting untuk perekrut menilai kepribadian pelamar.

5. Rapikan Media Sosial Yang Dimiliki

Di jaman sekarang yang serba digital, rekruter bisa mengawasi kandidat melalui media sosial. Jadi pastikan lagi media sosial yang dimiliki tidak ada hal yang cukup sensitif yang terlihat, ya. Karna jika ada hal yang cukup sensitif akan mempengaruhi hasil nilai dari interview itu sendiri.

Itulah bebrapa hal yang harus disiapkan sebelum menghadapi interview kerja. Semoga dapat membantu kalian para pencari keerja dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi interview kerja, ya.


Sumber :

  • www.tipspengembangandiri.com
  • ehef.id
  • www.ekrut.com

Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Kamis, 24 September 2020