BERITA DESAINER GRAFIS Mengenal Lebih Dekat Ilustrasi Berbasis Vektor

Mengenal Lebih Dekat Ilustrasi Berbasis Vektor


#ilustrasi #vektor
Mengenal Lebih Dekat Ilustrasi Berbasis Vektor

Ilustrasi dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam arti sudah banyak elemen media yang memakai ilustrasi dalam kapasitasnya sebagai penarik perhatian utama dari siapa saja yang melihatnya.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Definisi Ilustrasi

Menurut kamus, yang dimaksud ilustrasi adalah gambar, diagram, atau peta yang digunakan untuk menjelaskan atau menghias sesuatu, terutama bagian tertulis dari sebuah karya cetak seperti buku. Ilustrasi digunakan untuk membuat jelas atau menjelaskan sesuatu. Dan ilustrasi merupakan tindakan atau proses yang menggambarkan sesuatu.

Dalam buju Exploring Illustration dikatakan bahwa Ilustrasi adalah seni yang menyertai proses produksi atau pembuatan sebuah gambar, foto, atau diagram, bentuknya bisa berupa naskah tercetak, terucap, atau dalam bentuk elektronik. Pengertian ini sangat umum sekali dan mampu merangkul keseluruhan jenis-jenis ilustrasi yang saat ini berkembang sangat pesat. Dalam definisi ini ilustrasi dipandang sebagai sebuah proses berkarya seni. Dan karya seni tersebut berupa gambar, foto, atau diagram. Selain itu bentuk akhir dari karya tersebut bisa berupa naskah yang berbentuk konvensional (tercetak) ataupun yang digital (audiovisual-elektronik).

Dalam pandangan lain, ilustrasi juga dikatakan sebagai seni gambar yang dipakai untuk memberi penjelasan atas suatu tujuan tertentu ataupun maksud tertentu dan penjelasan tersebut disampaikan secara visual. Jika dikaitkan dengan komunikasi maka ilustrasi merupakan terjemahan dari teks. Ilustrasi memiliki  kemampuan yang lainnya adalah kekuatan untuk membentuk suasana yang penuh emosi dan membuat suatu gagasan menjadi seolah-olah nyata. Dengan hadirnya ilustrasi maka pesan dalam teks tersebut akan menjadi lebih berkesan, hal ini disebabkan karena pembaca lebih mudah mengingat gambar daripada teks.

Selain itu Ilustrasi dalam bentuk yang sederhana ataupun ilustrasi dalam bentuk yang kompleks memiliki arti sebagai sarana berkomunikasi secara visual dengan menggunakan peragaan, perbendaharaan, peristiwa ataupun penjelasan simbol tulisan. Dalam pendekatan lain ilustrasi dikatakan sebagai 'bahasa universal' yang dapat serta mampu menembus hambatan yang ditimbulkan oleh bahasa kata-kata. Ilustrasi juga mampu mengungkapkan suatu hal dengan lebih cepat sekaligus berhasil guna daripada teks.

Pengertian vektor

Vektor adalah gambar grafik komputer yang didefinisikan dalam proyeksi 2D, yang dihubungkan oleh garis dan kurva untuk membentuk poligon dan bentuk lainnya. Masing-masing titik ini memiliki posisi pasti pada sumbu x dan y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan, setiap jalur mungkin memiliki berbagai properti termasuk nilai-nilai untum warna stroke, bentuk, kurva, ketebalan, dan isi.

Format gambar vektor berbasis XML untuk grafik dua dimensi dengan dukungan untuk interaktivitas dan animasi. SVG memungkinkan tiga jenis objek grafis: bentuk grafik vektor seperti jalur dan garis lurus dan kurva, gambar bitmap,dan teks.

Gambar SVG bisa dinamis dan interaktif. Modifikasi berbasis waktu pada elemen dapat dijelaskan dalam SMIL, atau dapat diprogram dalam bahasa scripting (misalnya ECMAScript atau JavaScript). W3C secara eksplisit merekomendasikan SMIL sebagai standar untuk animasi dalam SVG.

Pengertian Gambar Berbasis Vektor

Seiring dengan perkembangan seni ilustrasi telah memberikan rona visual dalam keterlibatannya dengan dunia komunikasi. Hal ini menjadi penting karena ilustrasi jika dipandang dalam konteks sejarah telah memberikan andil yang sangat besar terhadap perjalanan sejarah suatu peradaban. Bukan itu saja, bahkan sampai saat ini keterlibatannya semakin aktif menyertai proses komunikasi yang bersifat global. lukis, ilustrasi pun mengalami perkembangan baik fungsi, corak, maupun tekniknya. Mulai dari ilustrasi pengiring teks, sampai pada ilustrasi yang tidak terkait dengan teks. Coraknya pun sudah sangat beragam mulai dari yang realis sampai penggambaran secara manual sampai pasa ilustrasi dengan teknik komputer grafis.

Mengeksplorasi kemampuan kreatif melalui program komputer untuk membuat karya seni visual berupa gambar ilustrasi memiliki keunggulan untuk kebutuhan reproduksi, berdasarkan cara penyimpanan atau pembentukannya ada dua macam gambar dapat dihasilkan proses digital, yaitu gambar vektor dan gambar bitmap. Masing-masing mempunyai karakteristik dan manfaat yang berbeda.


Sukma Octavia

Sukma Octavia

Senin, 19 Oktober 2020