BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Langkah-langkah Mencari Artistic Style Sebagai Ilustrator

Langkah-langkah Mencari Artistic Style Sebagai Ilustrator

Oleh Davin Abel | Rabu, 16 Juni 2021

Langkah-langkah Mencari Artistic Style Sebagai Ilustrator

Berikut adalah tips-tips yang anda bisa gunakan di perjalanan anda dalam mencari art stlye anda yang bersifat original sebagai seorang ilustrator.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Cari Genre Seni Yang Anda Sukai 

Cari sebanyak yang anda bisa, dan cari genre yang paling menarik perhatian anda, baik dari visi, style, warna, atau pattern. Gunakanlah sebagai inspirasi dan referensi untuk belajar, namun berhati-hatilah supaya anda tidak menyalin.

Anda bisa mencari aspek yang anda sukai dari masing-masing genre, lalu mengkombinasikan hal-hal tersebut dengan cara anda sendiri. Inilah mengapa penting bahwa anda mencari inspirasi darimana saja, jangan hanya dari satu tempat. Proses ini akan membantu anda menemukan artistic style yang unik pada anda.

Contoh genre yang anda bisa referensikan yaitu Surrealis, Abstrak, Photorealistis, Impresionis, Landscape, Portrait, dan lainnya. Penting sekali bagi anda untuk belajar dari beberapa genre sekaligus terlepas dari karya apa yang anda mau buat, karena teknik yang anda akan pelajari bisa digunakan dalam berbagai bentuk karya seni.

Latihan

Latihan adalah bagian yang sangat penting dalam tahap manapun dalam pembelajaran. Usahakan bahwa anda menggambar sesuatu setiap hari, seberapa kecil atau besar sesuatu tersebut, kapanpun memungkinkan. Latihan juga akan membantu anda terbiasa dengan teknik yang anda sedang dalami, maupun dalam membantu anda menemukan art style yang unik kepada anda.

Anda bisa menyimpan dan menulis sebuah journal untuk menulis pikiran anda tentang apa yang anda ingin rubah, serta bagian apa dari karya anda yang ingin anda buang atau simpan. Sebuah journal juga bisa membantu anda mengawasi kemajuan dari proses belajar.

Ikuti Insting

Jika dalam proses membuat karya, ada sesuatu yang menurut anda tidak benar, beri perhatian ekstra pada sesuatu tersebut. Cobalah untuk mengerti mengapa anda berpikir demikian. Mungkin dalam proses menggambar, anda kurang suka dengan hasil bentuknya, atau hasil pewarnaannya tidak sesuai ekspektasi.

Jika anda harus mengulang karya anda, ulanglah. Tidak menjadi masalah jika anda merasa harus mengulang dengan arah yang berbeda, selama anda yakin bahwa anda mengambil keputusan yang benar.

Dalam awal anda membuat suatu karya, usahakan bahwa anda sadar apa yang anda sukai dan tidak sukai. Dengan cara ini, anda akan membuat karya yang unik kepada anda dalam proses belajar, dalam bentuk art style anda sendiri, yang mana adalah hal yang paling penting.

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Menerima Kritik yang Konstruktif

Jangankan biarkan komentar negatif mematikan semangat anda dalam berkarya. Namun, anda juga harus bersifat terbuka kepada kritik dan saran yang bersifat konstruktif, dan manfaatkan hal tersebut dalam memperindah karya anda. Jika anda menerima komentar yang menuju karya anda, saringlah sebisa anda, mana komentar yang anda harus abaikan, dan mana komentar yang bisa anda gunakan.

Jika meminta kritik dan saran, sangat disarankan bahwa anda memintanya dari ilustrator lainnya yang lebih berpengalaman. Dengan kritik dan saran yang anda terima dengan tepat, anda bisa mendapatkan beberapa pelajaran berharga yang akan membantu pencarian art style anda.

Tips-tips ini bisa membantu anda dalam mencari art style anda sendiri yang original, tanpa menyalin karya lain. Pencarian sebuah art style adalah proses yang sangat lama, namun jika anda menganalisa referensi dengan baik, terbuka terhadap perubahan dan perbaikan, dan terus melatih diri, akan sangat terlihat hasilnya di karya anda pada waktunya.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Davin Abel

Davin Abel

Rabu, 16 Juni 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI