BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 1 Gadingrejo Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKN 1 Gadingrejo Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 14 Desember 2023

SMKN 1 Gadingrejo Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKN 1 Gadingrejo melakukan kunjungan industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, dan mencoba karya nyata dari industri.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

SMKN 1 Gadingrejo melakukan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia yang sudah berlangsung pada Rabu, 6 Desember 20223. Pada kesempatan ini, SMKN 1 Gadingrejo mendatangkan sebanyak 101 siswa pada kompetensi Desain Komunikasi Visual (Visual).

Sebagai tambahan informasi, Kunjungan Industri ini bertujuan agar adik-adik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat meraih pemahaman mendalam mengenai proses dan aktivitas industri modern dalam menciptakan karya. Maka dengan merasakan pengalaman ini, diharapkan mereka dapat memperoleh pengetahuan serta dapat mengaplikasikan dalam konteks pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, mereka  akan memiliki bekal yang lebih solid untuk menghadapi perkembangan industri yang dinamis.

Seminar Industri

Sebagai langkah pembuka, kegiatan akan dimulai dengan Seminar Industri. Kegiatan ini sifatnya wajib karena adik-adik SMKN 1 Gadingrejo bisa memperoleh gambaran umum terkait apa itu industri kreatif. Oleh karena itu, pada sesi ini mereka diperkenalkan dengan visi, misi, dan budaya kerja yang telah diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia

Melalui sesi ini, siswa yang mengikuti seminar juga akan mendapatkan dasar pengetahuan yang mendalam mengenai bagaimana proses produksi sebuah karya. Maka dengan begitu seminar yang sudah terselenggara ini bisa menjadi sebuah pintu gerbang yang membimbing mereka untuk memasuki dunia pengetahuan yang luas dan aplikatif serta membuka peluang baru yang menarik.

Diskusi dengan Expert Industri

Setelah memperoleh pemahaman menyeluruh mengenai budaya industri kreatif, adik-adik SMKN 1 Gadingrejo akan diajak untuk berdiskusi dengan pelatih dari Gamelab Indonesia. Pelatih yang terlibat dalam diskusi ini tentu saja merupakan ahli di industri kreatif. Oleh karena itu, sesi ini merupakan kesempatan emas bagi mereka, karena pelatih akan menyampaikan berbagai tahapan-tahapan terkait game dan animasi. Mulai dari perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk.

Dengan demikan, diskusi ini menjadi hidup karena adanya umpan balik antara trainer dengan adik-adik SMKN 1 Gadingrejo. Maka, harapannya mereka bisa menyimpan segudang ilmu tentang keterampilan yang sangat dibutuhkan pada era industri saat ini. Ditambah, mereka juga bisa termotivasi untuk terus berkarya setelah mengikuti diskusi ini.

Dok. Tim Gamelab - SMKN 1 Gadingrejo dan Kak Tri (Trainer Expert dari Gamelab Indonesia)

Eksplorasi Karya

Setelah berdiskusi dengan pelatih, adik-adik SMKN 1 Gadingrejo mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi karya-karya Educa Studio dan Gamelab Indonesia. Pada sesi ini, mereka terlihat gembira dan antusias karena mencoba permainan Virtual Reality (VR), yang membuatnya merasakan sensasi masuk ke dunia fantasi digital.

Sensasi unik ini yang mereka alami sebetulnya bukan hanya sekadar hiburan, melainkan sebuah perjalanan di dalam imajinasi kreatif yang membawa mereka ke luar batas kenyataan. Sebab dengan terlibat dalam game VR, mereka bisa menjelajahi kreativitas digital yang telah dihasilkan oleh industri kreatif.

Tidak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk menyaksikan karya-karya animasi yang mengagumkan dari peserta yang mengikuti Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia. Melalui pengamatan ini, mereka dapat mengapresiasi berbagai tingkat keahlian dan inovasi yang menjadi bagian integral dari pengembangan animasi dan game. Dengan demikian, Eksplorasi Karya bukan hanya memberikan pengalaman hiburan, melainkan juga membuka mata peserta akan potensi dan peluang dalam industri kreatif yang dinamis.

Dok. Tim Gamelab - Guru SMKN 1 Gadingrejo dan Kak Nia (Perwakilan dari Gamelab Indonesia)

Tentang SMKN 1 Gadingrejo

SMKN 1 Gadingrejo terletak di Jl. Raya Bulumanis KM. 1,5, Bulurejo, Kec. Gading Rejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sebagai tambahan informasi, SMKN 1 Gadingrejo saat ini telah memiliki berbagai kompetensi keahlian yakni: Teknik Multimedia, Teknik Gambar dan Bangunan, Teknik Elektro Industri, dan Animasi.

Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia merupakan perusahaan yang mengelola tiga bisnis utama: Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga entitas ini berfokus pada ranah digital dan memiliki tekad untuk terus berinovasi serta memberikan kontribusi positif dalam industri kreatif.

Gamelab Indonesia, sebagai bagian dari anak perusahaan, telah sukses mengembangkan berbagai program inovatif. Program-program tersebut mencakup Program Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di sisi lain, Educa Studio telah menciptakan beragam game dan animasi edukatif yang memikat perhatian anak-anak, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy secara eksklusif memfokuskan diri pada penyediaan pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para guru.

Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi dunia industri kreatif, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan Gamelab Indonesia. Dengan melibatkan diri dalam kegiatan yang telah dijalankan oleh SMKN 1 Gadingrejo, kamu akan memperoleh beragam pengetahuan mengenai industri kreatif. Mari ajak teman-teman sekolah atau kampus untuk mengeksplorasi karya-karya yang telah diciptakan oleh Educa Studio dan Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 14 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI