BERITA UMUM Siswa SMKN 6 Surakarta Mendapatkan Bimbingan Profesional Melalui Program Guru Tamu dari Gamelab Indonesia

Siswa SMKN 6 Surakarta Mendapatkan Bimbingan Profesional Melalui Program Guru Tamu dari Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 25 Januari 2024

Siswa SMKN 6 Surakarta Mendapatkan Bimbingan Profesional Melalui Program Guru Tamu dari Gamelab Indonesia

Program Guru Tamu merupakan merupakan inisiatif yang menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia industri. Yuk, ketahui lebih mendalam lagi apa saja manfaatnya di sini!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pendidikan adalah fondasi utama bagi perkembangan generasi muda. Maka untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal kita perlu menerapkan berbagai inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMKN 6 Surakarta adalah melalui Program Guru Tamu yang berkeja sama dengan Gamelab Indonesia. Program ini bertujuan memberikan bimbingan profesional kepada siswa, membuka jendela wawasan siswa terhadap dunia kerja, dan mempersiapkan siswa untuk tantangan di masa depan.

Program Guru Tamu

Program Guru Tamu merupakan inisiatif yang menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia industri. Dalam hal ini, Gamelab Indonesia berperan sebagai mitra pendidikan yang menyediakan ahli dan profesional untuk memberikan pengetahuan langsung kepada siswa SMKN 6 Surakarta. 

Penting untuk dicatat, bahwasanya materi yang disampaikan oleh trainer expert dari Gamelab Indonesia tidak hanya terbatas pada teori, namun juga menekankan aspek praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja. Dengan demikian, siswa dan guru tidak hanya mendapatkan pemahaman konseptual, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Berikut karakter dari program ini:

Profesionalisme

Guru yang diundang ke program ini adalah trainer expert yang memiliki pengalaman di industri lebih dari lima tahun. Selain itu, trainer akan membawa sikap profesionalisme yang tinggi saat mengajar, serta memastikan bahwa pengalaman yang dibagikan bersifat akurat, relevan, dan sesuai dengan standar industri.

Pengalaman Praktis yang Mendalam

Guru tamu tidak hanya berbicara tentang teori, tetapi membawa pengalaman praktis yang mendalam ke dalam kelas. Oleh karena itu, trainer Gamelab Indonesia mampu mengilustrasikan konsep-konsep teoritis dengan contoh nyata dari dunia kerja, sehingga memberikan siswa wawasan yang lebih mendalam.

Berkontribusi pada Pengembangan Kurikulum

Guru tamu tidak hanya menjadi pengajar tamu, tetapi secara tidak langsung juga berkontribusi pada pengembangan kurikulum. Maka melalui program inilah materi pembelajaran dapat diperkaya dan disesuaikan dengan perkembangan terkini di industri.

Dok. Tim Gamelab: Guru Tamu - Gamelab.ID

Manfaat Mengadakan Guru Tamu ke Sekolah

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, Program Guru Tamu ini bukan hanya sekadar acara tamu di sekolah belaka, melainkan sebuah inisiatif yang membawa sejumlah manfaat signifikan bagi siswa dan guru. Mari kita telusuri secara detail bagaimana kehadiran guru tamu dapat memberikan dampak positif yang mendalam:

Wawasan Praktis dan Relevan

Guru tamu membawa wawasan langsung dari dunia nyata atau industri ke dalam kelas. Maka harapannya, melalui pengalaman praktis dan contoh kehidupan nyata dari trainer, dapat membantu siswa mengaitkan pelajaran di kelas dengan aplikasinya dalam industri dan dunia kerja.

Pemahaman yang Mendalam tentang Industri

Guru tamu membantu siswa memahami dinamika industri secara lebih mendalam. Sebab dalam program tersebut, nantinya trainer juga akan menyinggung tren terkini, perubahan, dan tantangan yang dihadapi industri saat ini. Dengan begitu, memberikan perspektif yang sangat berharga kepada siswa.

Persiapan yang Lebih Baik untuk Dunia Kerja

Dengan memahami harapan dan tuntutan dunia kerja, siswa menjadi lebih siap untuk menghadapi tantangan setelah lulus. Sehingga mereka dapat merencanakan jalur karir mereka dengan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan kerja yang sebenarnya.

Dok. Tim Gamelab: SMK - Gamelab.id

Tentang SMKN 6 Surakarta

SMKN 6 Surakarta terlekat di Jalan Adi Sucipto No.38, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki banyak kejuruan untuk siswa. Sebagai berikut:

  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
  • Pemasaran
  • Usaha Layanan Pariwisata
  • Desain Komunikasi Visual
  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
  • Broadcasting dan Perfilman

Dok. Tim Gamelab: SMKN 6 Surakarta - Gamelab.ID

Baca Juga : Memahami Pola Akuntansi dalam Perusahaaan, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia

Salah satu mitra industri yang bersedia berkontribusi dalam meningkatkan mutu lulusan SMK adalah Gamelab Indonesia. Saat ini Gamelab Indonesia telah aktif selama 12 tahun dan berdedikasi untuk menyediakan pendidikan yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah sekolah kejuruan yang dapat melaksanakan program Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Frontend Development
  • Web Backend Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Mari kita bersama-sama membentuk pengalaman belajar yang lebih superior dan sesuai dengan tuntutan industri saat ini. Tentu saja, kerjasama ini tidak hanya akan memperkaya pengalaman belajar siswa dan guru, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada kemajuan pendidikan kejuruan di Indonesia. Ayo, bertumbuh bersama guna membentuk masa depan pendidikan kejuruan yang lebih baik melalui SMK Binaan. Jika terdapat pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 25 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI