BERITA UMUM Memahami Ciri Desain Poster Efektif, Desainer Grafis Pemula Wajib Simak!

Memahami Ciri Desain Poster Efektif, Desainer Grafis Pemula Wajib Simak!

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 13 Februari 2024

Memahami Ciri Desain Poster Efektif, Desainer Grafis Pemula Wajib Simak!

Desain poster merupakan bentuk seni visual yang memadukan elemen-elemen grafis dan teks untuk menyampaikan pesan, promosi, atau informasi tertentu kepada khalayak. Yuk, ketahui ciri-cirinya serta tips cara membuatnya di artikel berikut!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Desain poster merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan, mempromosikan produk, acara, atau ide tertentu kepada khalayak. Dalam dunia desain grafis, poster sering kali menjadi medium yang digunakan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu, penting bagi desainer grafis pemula untuk memahami ciri-ciri desain poster yang efektif agar karya mereka dapat lebih berhasil dalam menyampaikan pesan yang dimaksud.

Apa Itu Desain Poster?

Desain poster adalah bentuk seni visual yang memadukan elemen-elemen grafis dan teks untuk menyampaikan pesan, promosi, atau informasi tertentu kepada khalayak. Secara konsep, desain poster menciptakan sebuah karya visual yang dirancang untuk dipasang di tempat umum, seperti dinding, papan reklame, atau area publik lainnya dengan tujuan menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Selain itu, poster sering kali digunakan untuk mempromosikan acara, produk, atau layanan, mengkomunikasikan ide atau pesan tertentu, atau sebagai alat kampanye untuk menyebarkan informasi atau menyuarakan opini.

Namun, dalam era digital saat ini, desain poster tidak hanya terbatas pada medium cetak tetapi juga dapat diterapkan dalam format digital untuk digunakan di media sosial, situs web, atau platform online lainnya. Meskipun demikian, prinsip dasar desain poster tetap sama, yaitu menciptakan karya visual yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada khalayak dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah beberapa tujuan dari desain poster secara rinci:

Menarik Perhatian

Desain poster harus mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya di tengah-tengah keramaian di tempat umum. Hal ini dilakukan melalui penggunaan elemen visual yang menarik, seperti gambar, warna cerah, dan desain yang kreatif. Umumnya, sebuah poster yang berhasil menarik perhatian akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan atau informasi yang ingin disampaikan.

Mengkomunikasikan Pesan

Desain poster bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu kepada khalayak. Pesan yang disampaikan dapat berupa informasi tentang suatu acara, promosi produk atau layanan, ajakan untuk melakukan tindakan tertentu, atau ide-ide tertentu yang ingin disuarakan. Desain poster harus mampu menyampaikan pesan tersebut dengan jelas dan efektif agar dapat dipahami oleh khalayak target.

Memotivasi Tindakan

Selain menyampaikan pesan, desain poster juga bertujuan untuk memotivasi khalayak untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan tujuan dari poster tersebut. Tindakan yang dimaksud dapat berupa membeli produk atau layanan yang dipromosikan, menghadiri acara yang diiklankan, mendukung suatu ide atau kampanye, atau melakukan tindakan lain sesuai dengan pesan yang disampaikan dalam poster.

Meningkatkan Kesadaran dan Pengenalan Merek

Jika poster digunakan untuk keperluan promosi suatu merek atau produk, tujuan dari desain poster juga dapat mencakup meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek di kalangan khalayak. Dengan menggunakan elemen branding yang konsisten dan efektif, desain poster dapat membantu memperkuat citra merek dan membangun hubungan emosional dengan khalayak target.

Menyebarkan Informasi

Desain poster juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyebarkan informasi penting kepada masyarakat. Hal ini dapat berupa informasi tentang kegiatan sosial, kampanye kesehatan, pemberitahuan resmi, atau informasi-informasi lain yang penting untuk diketahui oleh khalayak.

Sumber Freepik: Desain Grafis - Gamelab.ID

Ciri-ciri Desain Poster

Seletah mengetahui tujuannya secara rinci, penting untuk memahami ciri-cirinya juga. Sebab dengan mengetahui kekhasan desain poster akan memandu kita membuat desain yang unik dan menarik. Berikut beberapa ciri-ciri desain poster di antaranya adalah:

Sederhana dan Tersusun

Desain poster yang efektif biasanya memiliki desain yang sederhana dan tersusun dengan baik. Sebab terlalu banyak elemen atau detail dalam desain dapat membuat poster terlihat berantakan dan sulit dipahami oleh khalayak. Maka penggunaan ruang negatif dan penataan elemen yang baik dapat membantu menciptakan poster yang mudah dipahami.

Jelas dan Tersampaikan dengan Baik

Poster harus mampu menyampaikan pesan atau informasi dengan jelas dan efektif. Maka dengan penggunaan teks yang mudah dibaca dan dipahami, serta gambar atau grafik yang mendukung, akan membantu dalam menyampaikan pesan dengan baik kepada target khalayak.

Visual Menarik

Poster yang efektif menggunakan visual yang menarik untuk menarik perhatian khalayak. Melalui penggunaan gambar atau ilustrasi yang menarik, warna yang cerah, dan desain yang kreatif inilah akan membantu meningkatkan daya tarik poster. Terlebih membuatnya lebih efektif dalam menarik perhatian orang-orang yang melihatnya.

Konsisten dengan Branding

Jika poster digunakan untuk keperluan promosi suatu merek atau produk, penting untuk memastikan bahwa desain poster konsisten dengan branding yang telah ada. Hal ini mencakup penggunaan logo, warna, dan elemen desain lainnya yang konsisten dengan identitas merek yang sudah ditetapkan. Dengan demikian, adanya konsistensi branding dapat membantu memperkuat citra merek dan meningkatkan kesan profesionalisme.

Memiliki "Call to Action"

Poster yang efektif sering kali memiliki "call to action" yang jelas, yaitu ajakan atau instruksi yang mengarahkan khalayak untuk melakukan tindakan tertentu dan mempengaruhi perilaku khalayak. Contohnya bisa berupa ajakan untuk mengunjungi situs web, mengikuti akun media sosial, membeli produk, atau menghadiri acara tertentu.

Sumber Freepik: Ciri Desain Grafis Poster - Gamelab.ID

Baca Juga : Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Tips Membuat Desain Poster yang Efektif

Desain poster yang efektif tidak hanya tentang memasukkan informasi yang relevan, tetapi juga tentang menarik perhatian target audiens dan menyampaikan pesan dengan jelas. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat desain poster yang efektif:

Kenali Tujuan

Sebelum mulai mendesain, tentukan tujuan dari poster terlebih dahulu. Apakah kamu ingin meningkatkan kesadaran merek, mengumumkan sebuah acara, atau mengiklankan produk? Maka dengan kamu mengetahui tujuannya, kamu dapat merancang poster dengan fokus yang tepat.

Pilih Pesan Utama yang Jelas

Buatlah pesan utama menjadi fokus utama dalam desain poster. Maka gunakan kalimat singkat dan jelas yang langsung mengkomunikasikan informasi penting kepada pemirsa. Lalu pastikan juga pesannya mudah dipahami dalam beberapa detik pertama melihat poster.

Gunakan Gambar yang Menarik

Gambar atau grafis yang menarik dapat memperkuat pesan dan menarik perhatian orang yang melihat postermu. Maka pastikan gambar yang kamu pilih relevan dengan konten poster dan berkualitas tinggi agar terlihat profesional.

Gunakan Warna yang Menarik

Warna memiliki kekuatan besar dalam memengaruhi emosi dan persepsi orang. Pilihlah palet warna yang sesuai dengan merek atau sesuai dengan tema acara. Lalu, hindari penggunaan terlalu banyak warna agar poster terlihat bersih dan mudah dibaca.

Pertimbangkan Tipografi dengan Cermat

Pilih jenis huruf yang mudah dibaca dan sesuai dengan karakteristik merek atau tema poster. Gunakan variasi ukuran dan gaya huruf untuk membedakan antara judul, teks utama, dan detail penting lainnya. Lalu pastikan teks memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang untuk memastikan keterbacaan.

Gunakan Ruang Kosong dengan Bijak

Jangan takut untuk memberikan ruang kosong di sekitar elemen-elemen penting dalam desain poster. Sebab ruang kosong membantu menarik perhatian pada informasi yang relevan dan memperkuat tata letak keseluruhan poster.

Buat Panggilan untuk Tindakan yang Jelas

Jika tujuan poster adalah untuk mendorong tindakan tertentu, seperti menghadiri acara atau mengunjungi situs web, pastikan untuk menyertakan panggilan tindakan yang jelas dan menonjol. Gunakan kata-kata yang kuat dan sederhana untuk mengajak pemirsa bertindak.

Uji Desain

Sebelum mencetak atau membagikan poster secara luas, uji desai dengan mengajak beberapa orang untuk memberikan umpan balik. Tinjau apakah pesan mudah dipahami, apakah gambar dan teks terlihat jelas, dan apakah poster menarik perhatian dengan efektif.

Secara keselurahan, desain poster memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi visual karena dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku khalayak secara langsung. Maka untuk menciptakan desain poster yang efektif, kita perlu juga memahami ciri-cirinya. Dengan demikian, desainer grafis pemula dapat menciptakan karya yang lebih menarik dalam menyampaikan pesan yang dimaksud kepada khalayak.

Jika kamu tertarik menjadi seorang desainer grafis, ayo bergabung dengan kelas Mahir Menggunakan CorelDRAW atau Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli dari Gamelab Indonesia. Keuntungannya, kamu bisa mengikuti kelas ini secara daring dengan harga yang sangat terjangkau!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 13 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI