BERITA UMUM Memahami Figma dalam Dunia Desain UI/UX, Berikut Penjelasannya!

Memahami Figma dalam Dunia Desain UI/UX, Berikut Penjelasannya!

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 22 Februari 2024

Memahami Figma dalam Dunia Desain UI/UX, Berikut Penjelasannya!

Platform atau software Figma kian populer di dunia desai UI/UX. Mari kita ketahui platform tersebut lewat artikel berikut.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, desain UI/UX (User Interface/User Experience) telah menjadi salah satu komponen kunci dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan fungsional. Salah satu alat yang semakin populer digunakan oleh para desainer UI/UX adalah Figma. Saat ini, Figma telah memperoleh reputasi yang kuat di kalangan profesional desain karena kemampuannya yang luar biasa dalam kolaborasi tim, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaannya.

Apa Itu Figma?

Figma adalah platform desain UI/UX yang inovatif dan berbasis cloud dan telah merevolusi cara desainer bekerja dalam proyek kolaboratif. Maka apabila dibandingkan dengan alat desain tradisional yang terbatas pada penggunaan perangkat lunak desktop, Figma memungkinkan akses dan kolaborasi secara real-time melalui browser web. Ini berarti tidak ada lagi kebutuhan untuk mengunduh atau menginstal perangkat lunak, yang pada akhirnya membuat Figma menjadi sangat fleksibel dan mudah diakses oleh tim yang terdistribusi secara geografis.

Sumber Freepik: Figma - Gamelab.ID

Fitur-fitur dalam Figma

Figma menawarkan beragam fitur yang memungkinkan desainer untuk menciptakan desain UI/UX yang menakjubkan dengan efisiensi yang tinggi. Selain menyedian alat desain yang kuat dan efisien, platform ini juga memungkinkan tim desain bekerja  dalam pengembangan produk digital. Berikut beberapa fitur utamanya antara lain:

Alat Desain Vektor yang Kuat

Figma menyediakan beragam alat desain vektor yang kuat, memungkinkan desainer untuk membuat berbagai elemen desain seperti ikon, grafik, dan bentuk dengan presisi tinggi. Dengan alat ini, desainer dapat dengan mudah membuat dan mengedit objek vektor sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.

Prototyping Interaktif

Figma memiliki fitur prototyping yang kuat yang memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dengan mudah. Desainer dapat menambahkan tautan antar-frame dan membuat animasi sederhana untuk menguji pengalaman pengguna secara langsung di dalam platform Figma.

Komponen dan Instance

Konsep komponen di Figma memungkinkan desainer untuk membuat elemen desain yang dapat digunakan kembali di seluruh proyek. Artinya, desainer dapat membuat komponen seperti tombol, kartu, atau menu, dan menggunakan instance dari komponen tersebut di berbagai bagian proyek. Perubahan yang dilakukan pada komponen induk secara otomatis akan diperbarui di semua instance yang terkait.

Library Komponen

Figma memungkinkan desainer untuk membuat dan menggunakan library komponen yang dapat dibagikan di seluruh tim. Ini memastikan konsistensi desain di seluruh proyek dan memudahkan penggunaan kembali elemen desain yang umum digunakan.

Kolaborasi Real-time

Salah satu fitur paling kuat dari Figma adalah kemampuannya untuk mendukung kolaborasi real-time di antara anggota tim. Selain itu, desainer juga dapat mengundang anggota tim lainnya ke dalam proyek dan bekerja bersama secara langsung di dalam platform. Perubahan yang dilakukan oleh satu anggota tim akan disinkronkan secara otomatis ke semua pengguna yang terlibat.

Versatility in Project Types

Figma dapat digunakan untuk berbagai jenis proyek desain, mulai dari pembuatan antarmuka aplikasi mobile hingga desain website responsif. Ini membuat Figma menjadi pilihan yang fleksibel bagi desainer yang bekerja dalam berbagai konteks proyek.

Version History

Figma menyediakan fitur riwayat versi yang memungkinkan desainer untuk melihat dan memulihkan versi sebelumnya dari proyek. Ini membantu dalam manajemen revisi dan memungkinkan desainer untuk kembali ke iterasi sebelumnya jika diperlukan.

Sumber Freepik: Figma - Gamelab.ID

Keunggulan Seorang Desainer UI/UX Menggunakan Platform Figma

Terdapat banyak keunggulan apabila seorang desainer UI/UX menggunakan Figma. Secara garis besar, desainer dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas desain mereka, sambil menghemat waktu dan biaya dalam pengembangan produk digital. Berikut penjelasan lengkapnya:

Mempermudah Pekerjaan Tim

Salah satu fitur utama Figma adalah kemampuannya untuk mendukung pekerjaa tim. Artinya, desainer UI/UX dapat bekerja bersama-sama dalam proyek yang sama, mengedit desain secara bersamaan, dan melihat perubahan yang dilakukan oleh rekan tim secara langsung. Ini memfasilitasi kerja tim yang efisien, terutama jika anggota tim berada di lokasi yang berbeda.

Pembuatan Prototipe Interaktif

Figma memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan mereka untuk menguji fungsionalitas dan pengalaman pengguna sebelum pengembangan yang lebih lanjut. Prototipe ini juga dapat dibagikan dengan anggota tim atau pemangku kepentingan untuk mendapatkan umpan balik yang lebih baik.

Komponen yang dapat Digunakan Kembali

Dengan fitur komponen, Figma memungkinkan desainer untuk membuat dan menggunakan elemen desain yang dapat digunakan kembali secara efisien. Hal ini mempercepat proses desain dan memastikan konsistensi antarmuka pengguna di seluruh produk.

Kemudahan Penggunaan

Antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah pengguna membuat Figma mudah dipelajari dan digunakan oleh desainer UI/UX dari berbagai tingkat keahlian. Ini memungkinkan desainer untuk fokus pada kreativitas mereka tanpa terganggu oleh kompleksitas alat.

Aksesibilitas dan Kompatibilitas

Figma dapat diakses melalui browser web, yang berarti desainer dapat mengakses dan bekerja pada proyek mereka dari berbagai perangkat dan sistem operasi. Selain itu, Figma juga kompatibel dengan berbagai alat dan platform lainnya, memudahkan integrasi dengan alur kerja yang ada.

Penyimpanan Cloud dan Versi

Figma menyediakan penyimpanan cloud untuk proyek-proyek desain, yang memungkinkan akses yang mudah dan kolaborasi tim yang lancar. Selain itu, Figma secara otomatis menyimpan versi-versi proyek, memungkinkan pengguna untuk kembali ke titik tertentu dalam pengembangan desain.

Komunitas dan Ekosistem yang Kuat

Figma memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang memungkinkan desainer untuk berbagi sumber daya, tutorial, dan templat. Ini memperluas kemampuan dan pengetahuan desainer serta memfasilitasi pertumbuhan profesional mereka.

Sumber Freepik: Figma - Gamelab.ID

Baca Juga : Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Cara Figma Bekerja

Figma telah menjadi salah satu alat desain paling populer di kalangan desainer UI/UX. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan platformnya, Figma terus memimpin inovasi dalam kolaborasi desain digital, memungkinkan tim untuk bekerja lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih efisien daripada sebelumnya. Berikut penjelasan cara kerjanya:

Desain Berbasis Cloud

Figma beroperasi sepenuhnya dalam cloud, yang berarti semua proyek dan data desain disimpan secara online. Ini memungkinkan akses yang mudah dari berbagai perangkat dan lokasi, serta memfasilitasi kolaborasi tim yang lebih efisien. Selain itu, tim juga dapat mengakses proyek, berbagi umpan balik, dan berkolaborasi secara real-time tanpa perlu khawatir tentang sinkronisasi atau versi yang berbeda.

Antarmuka Pengguna yang Intuitif

Antarmuka pengguna Figma dirancang dengan sangat baik dan intuitif, membuatnya mudah dipelajari bahkan oleh pengguna yang baru mengenal platform ini. Semua alat dan fitur tersedia dengan mudah di panel navigasi yang terorganisir dengan baik, sehingga pengguna dapat dengan cepat menavigasi antarmuka tanpa perlu membuang waktu mencari fitur yang dibutuhkan.

Pembuatan dan Pengeditan Desain Real-Time

Salah satu fitur utama Figma adalah kemampuannya untuk mendukung kolaborasi real-time. Ketika beberapa anggota tim bekerja pada proyek yang sama, perubahan yang dilakukan oleh satu pengguna akan secara otomatis ditampilkan kepada pengguna lainnya secara instan. Ini memungkinkan tim untuk melihat perubahan secara langsung, memberikan umpan balik secara efisien, dan bekerja secara bersamaan tanpa khawatir tentang konflik versi.

Pembuatan Komponen yang Dapat Digunakan Kembali

Figma memungkinkan desainer untuk membuat komponen yang dapat digunakan kembali, seperti tombol, ikon, atau bilah navigasi, dan menggunakannya di seluruh proyek dengan mudah. Ketika komponen tersebut diperbarui, perubahan akan secara otomatis tercermin di seluruh proyek yang menggunakan komponen tersebut. Ini memastikan konsistensi desain dan menghemat waktu dalam pembuatan desain yang serupa.

Pembuatan Prototipe Interaktif

Figma memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat menambahkan tautan antar frame, menentukan interaksi seperti klik, hover, atau scroll, dan membuat prototipe yang mirip dengan pengalaman pengguna sebenarnya. Ini memungkinkan desainer untuk menguji fungsionalitas, alur kerja, dan navigasi produk sebelum melakukan pengembangan lebih lanjut.

Manajemen Versi dan Riwayat

Figma secara otomatis menyimpan versi-versi proyek dan riwayat perubahan, memungkinkan pengguna untuk kembali ke versi tertentu dalam pengembangan desain atau mengakses versi yang lebih lama jika diperlukan. Ini memberikan fleksibilitas dan keamanan tambahan bagi tim desain, serta memfasilitasi kolaborasi dan eksperimen tanpa risiko kehilangan data.

Integrasi dengan Alat dan Layanan Lain

Figma menyediakan berbagai integrasi dengan alat dan layanan lain yang digunakan oleh tim pengembangan, seperti Jira, Slack, atau GitHub. Ini memudahkan alur kerja yang terintegrasi dan memungkinkan pengguna untuk bekerja lebih efisien tanpa perlu beralih antar platform.

Keamanan Data yang Tinggi

Figma menempatkan keamanan data sebagai prioritas utama. Semua data yang disandikan dan disimpan secara aman di cloud. Selain itu, platform ini sangat mematuhi standar keamanan yang ketat untuk melindungi privasi dan kerahasiaan pengguna.

Itu penjelasan seputar Figma dalam dunia desain UI/UX. Apakah saat ini tertarik untuk menekuni dunia desain? Yuk, optimasi skill kamu dalam Kelas Desain dari Gamelab Indonesia. Pastinya, dengan mengikuti kelas tersebut, kamu akan dibimbing oleh trainer expert dari industri dan kelasnya bisa kamu ikuti secara daring jadi cukup fleksibel!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 22 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI