BERITA UMUM Memahami Pola Akuntansi dalam Perusahaaan, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Memahami Pola Akuntansi dalam Perusahaaan, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 22 Februari 2024

Memahami Pola Akuntansi dalam Perusahaaan, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Trainer Gamelab Indonesia menjadi guru tamu di SMK Gema Nusantara Wonosobo. Dalam kesempatan ini, trainer akan mengajar siswa pada jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Yuk, simak apa saja yang diterangkan oleh trainer melalui artikel berikut.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pendidikan adalah landasan bagi perkembangan individu dan masyarakat. Namun, terkadang terdapat kesenjangan antara apa yang dipelajari di bangku sekolah dengan apa yang dibutuhkan di dunia industri. Menanggapi hal tersebut, SMK Gema Nusantara Wonosobo mengadakan program Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia pada Senin, 19 Februari 2024. Lalu, dalam kesempatan ini, siswa yang mengikuti program tersebut adalah jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Memberikan Motivasi Belajar Akuntansi

Dalam sesi pemberian motivasi untuk belajar akuntansi, Kak Verlina Anggita sebagai trainer expert dari Gamelab Indonesia, secara mendalam menggugah semangat belajar para siswa dengan memperlihatkan betapa pentingnya pemahaman yang kuat tentang akuntansi dalam menghadapi tantangan di dunia industri. Menariknya, Kak Verlina memberikan contohnya tidak muluk-muluk yakni dengan mengatur uang saku pribadi sudah menjadi bagian mempelajari akuntansi.

Selain itu, Kak Verlina juga menekankan bahwa akuntansi bukanlah persoalan mencatat angka dan data saja, melainkan lebih pada kemampuan untuk membaca dan menganalisis informasi keuangan yang dapat menjadi pendorong keputusan strategis dalam bisnis. Maka dengan pendekatan yang inspiratif dan realistis ini, harapannya, pandangan para siswa bisa berubah jika belajar akuntansi bisa menjadi peluang untuk meraih mimpi dan mencapai penuh mereka dalam dunia industri yang kompetitif. 

Dok. Tim Gamelab: Akuntansi - Gamelab.ID

Mengenalkan Dasar Akuntansi

Selain memberi gambaran nyata meskipun itu terlihat kecil, Kak Verlina juga menjelaskan dasar-dasar yang diperlukan akuntansi secara ringkas dan jelas. Misalnya, fokus pada pemahaman tentang siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi, serta konsep debit dan kredit.  

Tentunya mempelajari dasar-dasar akuntansi memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan bagi para siswa. Pertama, pemahaman yang kuat tentang akuntansi memberikan pondasi yang kokoh dalam pengelolaan keuangan pribadi. Maka dengan memahami konsep seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan, dan analisis finansial, siswa akan dapat mengelola uang mereka secara lebih efektif, membuat anggaran, dan menghindari masalah keuangan di masa depan.

Selain itu, pemahaman tentang dasar akuntansi juga membuka pintu bagi peluang karir yang luas di berbagai industri. Dengan demikian, akuntansi adalah bahasa universal bisnis, sehingga keahlian dalam bidang ini sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Dok. Tim Gamelab: Akuntansi - Gamelab.ID

Membahas Akuntansi dalam Perusahaan

Tak hanya dasar-dasar akuntansi saja, Kak Verlina juga membawa para siswa ke dalam sebuah perjalanan tentang bagaimana konsep-konsep akuntansi diterapkan dalam konteks perusahaan. Dalam sesi ini, Kak Verlina menggambarkan peran kunci akuntansi dalam memungkinkan perusahaan untuk mengelola keuangan mereka dengan efektif. Ia menyoroti pentingnya pencatatan transaksi harian, pengukuran kinerja keuangan, dan penyusunan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.

Dengan demikian, para siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana akuntansi diterapkan dalam konteks perusahaan, tetapi juga diilhami untuk mengejar karir dalam bidang ini. Melaui penggambaran yang jelas tentang relevansi dan pentingnya akuntansi dalam dunia bisnis, Kak Verlina mendorong para siswa untuk mengeksplorasi potensi mereka dan melihat diri mereka sebagai agen perubahan yang dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan di masa depan.

Dok. Tim Gamelab: Akuntansi - Gamelab.ID

Tentang SMK Gema Nusantara

SMK Gema Nusantara terletak di Jalan Pemuda No.142, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki dua komptensi keahlian untuk siswanya:

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Dok. Tim Gamelab: SMK Gema Nusantara - Gamelab.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia merupakan salah satu perusahaan industri yang bersedia mendukung peningkatan kualitas lulusan SMK. Saat ini, Gamelab Indonesia telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 300+ SMK dan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Di bawah ini adalah daftar sekolah kejuruan yang dapat mengimplementasikan program Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Frontend Development
  • Web Backend Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Apakah kamu tertarik untuk mengalami pengalaman sebagaimana yang dialami oleh SMK Gema Nusantara? Jika iya, ajak segera sekolah atau kampus kamu untuk berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia. Tentunya, kerja sama ini menyediakan sejumlah keuntungan, termasuk pemahaman yang mendalam mengenai dunia industri, pengetahuan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Ayo, adakan acara Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 22 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI