BERITA DESAINER GRAFIS Mengenal Lebih Dalam "Gambar" Pada Desain Grafis

Mengenal Lebih Dalam "Gambar" Pada Desain Grafis


##desaingrafis ##gambar ##ilustrasi ##bitmap ##vektor
Mengenal Lebih Dalam Gambar Pada Desain Grafis

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita tidak asing dengan apa itu gambar. Namun, tahukah kalian? dalam dunia Desain Grafis, gambar terbagi menjadi beberapa jenis, loh.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Definisi gambar secara umum yaitu sebuah perpaduan antara titik, garis, bidang dan warna yang berguna untuk mencitrakan sesuatu. Di sekitar kita saat ini banyak terdapat gambar-gambar. Seperti pada komik, buku cerita, dan lain sebagainya. Gambar juga dapat diartikan sebagai sebuah tampilan suatu objek kedalam media gambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambar merupakan sebuah karya 2D yang menampilkan atau mencitrakan suatu objek. Tau gak sih, guys? Gambar itu bukan sekedar gambar saja, tapi ada jenis-jenisnya loh! Yuk simak artikel di bawah ini.

Berdasarkan Cara Pembuatan

a. Fotografi

 

unsplash.com/@hannaholingerunsplash.com/@hannaholinger

 

Fotografi berasal dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu “Photos”: cahaya dan “Grafo”: Melukis adalah proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat. Singkatnya, fotografi merupakan sebuah gambar dari tangkapan kamera.

 

b. Ilustrasi

unsplash.com/@europeanaunsplash.com/@europeana

 

Ilustrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda "ilustratie" yang memiliki arti suatu hiasan dengan gambar. Secara terminologi, ilustrasi merupakan suatu gambar yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan suatu kejadian. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ilustrasi mengandung makna sebuah gambar yang menjelaskan isi dari suatu buku atau menjelaskan sebuah tulisan sehingga membantu pembaca dalam memainkan imajinasinya untuk mengartikan tulisan lewat sebuah gambar. Maka dapat disimpulkan, ilustrasi adalah sebuah gambar yang dibuat menyerupai suatu objek, dapat dibuat dengan cara manual atau digital.


Berdasarkan Format

a. Gambar Manual

pixabay.com/idusers/martina_bulkova

pixabay.com/idusers/martina_bulkova

 

Gambar dengan teknik manual ini biasanya dibuat dengan tangan, menggunakan bantuan alat seperti pensil, kuas, crayon pada media seperti kertas, kain kanvas, dan lain-lain. Dalam teknik manual, dapat dibagi lagi menjadi beberapa teknik, yaitu:

  • Teknik Outline (Sketsa)
  • Teknik Arsir
  • Teknik Block
  • Teknik Scraperboard
  • Teknik Dot (Pointilis)

 

b. Gambar Digital

artstation.com/yinyuming

artstation.com/yinyuming

 

Gambar digital adalah representasi numerik (biasanya biner) dari gambar dua dimensi. Tergantung pada apakah resolusi gambar adalah tetap, mungkin dari vektor atau jenis raster (bitmap). Gambar yang dibuat menggunakan sebuah teknologi seperti laptop, komputer, tablet, melalui software desain. Gambar digital bisa di simpan dan dipindahkan ke dalam bentuk memori digital, baik dalam laptop maupun alat penyimpan data lainnya. Gambar digital juga bisa diedit atau diubah menggunakan software yang sekarang telah banyak macamnya.

 

Berdasarkan Tipe

a. Raster atau Bitmap

Raster atau Bitmap adalah jenis gambar digital yang merepresentasikan gambar sebagai susunan titik-titik atau matriks. Tiap titik disebut pixel sebagai elemen terkecil yang menyusun gambar. Pada gambar hitam-putih, pixel hanya bisa berwarna hitam atau putih. Sedangkan pada gambar berwarna, tiap-tiap pixel memiliki warna. Raster atau Bitmap memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ukuran file desain (.psd) biasanya lebih besar daripada vektor (.ai, .cdr)
  • Bila dizoom akan pecah
  • Terbentuk dari sekumpulan pixel
  • Dibuat pada software seperti Adobe Photoshop, Medibang, dsb

 

b. Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang tidak tergantung pada resolusi. Jika menggunakan vektor, desainer tidak perlu lagi bingung dengan yang namanya ukuran gambar. Dengan vektor, gambar bisa diperbesar sampai berapapun besarnya tanpa kehilangan kualitas. Karena yang terkandung di dalamnya bukan data titik-titik warna, melainkan data-data garis, kurva, bentuk, dll. Berikut merupakan ciri-ciri vektor:

  • Ukuran file desain (.ai, .cdr) lebih kecil daripada raster atau bitmap (.psd)
  • Bila dizoom tidak akan pecah
  • Terbentuk dari garis, kurva, bentuk, dan lain-lain
  • Dibuat pada software seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dsb

 

sumber: instagram.com/dekgrafis


Annisa Oktaviani

Annisa Oktaviani

Jumat, 27 November 2020