BERITA UMUM Mendapatkan Informasi Kebutuhan Industri, SMKN 1 Gedong Tataan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Mendapatkan Informasi Kebutuhan Industri, SMKN 1 Gedong Tataan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 26 Februari 2024

Mendapatkan Informasi Kebutuhan Industri, SMKN 1 Gedong Tataan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKN 1 Gedong Tataan Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Mendapatkan informasi kebutuhan industri terkini, SMKN 1 Gedong Tataan mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Senin, 26 Februari 2024. Sekolah asal Lampung tersebut, kali ini mengantarkan siswanya pada jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) dan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Sementara untuk kegiatan ini dihadiri sebanyak 50 siswa dan 5 guru.

Perlu diketahui, Kunjungan Industri merupakan upaya untuk mengurangi kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri. Sementara untuk tujuannya sendiri adalah memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang industri serta memperkenalkan proses kreatif yang digunakan dalam industri saat ini.Maka, melalui kunjungan ini, siswa SMK dapat memperoleh gambaran tentang prospek karier mereka jika memilih bekerja di industri tersebut.

Seminar Industri

Ketika sampai di Gamelab Indonesia, SMKN 1 Gedong Tataan mengawali kegiatan dengan Seminar Industri yang dipimpin oleh Kak Nia. Dalam seminar ini, mereka diperkenalkan dan diberi pemahaman menyeluruh tentang industri tersebut. Kak Nia menyajikan visi, misi, dan budaya kerja yang dijalankan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri tersebut, mereka juga diberikan pengetahuan tentang kebutuhan dan keterampilan yang diperlukan dalam industri game dan animasi.

Di samping itu, mereka diajari konsep dan proses produksi terkini dalam industri secara terperinci. Selain itu, Kak Nia juga memberikan studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian dalam industri tersebut. Dengan cara tersebut, diharapkan mereka akan memperoleh pemahaman yang lebih dalam dan relevan mengenai perkembangan terbaru di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert

Setelah seminar, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama trainer expert dari Gamelab Indonesia, yang bernama Kak Eka Prasetyo. Dalam diskusi ini, siswa-siswa SMKN 1 Gedong Tataan mendapat kesempatan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang industri game dan animasi. Hal ini dikarenakan Kak Eka memberikan penjelasan yang komprehensif mulai dari tahap awal proses hingga hasil akhir karya.

Tahapan proses yang dimaksud melibatkan perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Dengan demikian, diharapkan melalui diskusi ini, siswa-siswa dapat memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Trainer Expert - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya 

Setelah berdiskusi daring dengan Kak Eka Prasetyo, momen yang sangat dinantikan oleh peserta Kunjungan Industri adalah Eksplorasi Karya. Pada sesi ini, mereka dapat mencoba hasil karya Virtual Reality (VR) dari Educa Studio. Di samping itu, mereka juga diberi peluang untuk menjelajahi berbagai karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan pengalaman bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk menilai kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Gedong Tataan

SMKN 1 Gedong Tataan terletak di Jalan Veteran II, Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kini, sekolah tersebut telah memiliki banyak jurusan untuk siswa. Sebagai berikut:

  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
  • Agribisnis Perikanan Tawar
  • Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Baca Juga : Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengurusi tiga divisi bisnis, yakni Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiganya memiliki visi sejalan dalam meningkatkan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan berbagai program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio bertanggung jawab atas kreativitas dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu mulai tertarik untuk mengadakan Kunjungan Industri? Jika kamu ingin mengalami pengalaman serupa dengan SMKN 1 Gedong Tataan, kamu dapat mengajak sekolah atau kampus untuk berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentu memberikan keuntungan, termasuk pemahaman yang lebih dalam tentang dunia industri, pengetahuan tentang peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Jadi, ayo segera atur Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 26 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI