BERITA UMUM Mengeksplorasi Karya Industri, SMK Yasmida Ambarawa Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Mengeksplorasi Karya Industri, SMK Yasmida Ambarawa Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 27 Februari 2024

Mengeksplorasi Karya Industri, SMK Yasmida Ambarawa Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Yasmida Ambarawa Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mengeksplorasi karya industri, SMK Yasmida Ambarawa mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Selasa, 27 Februari 2024. Dalam kesempata ini, sekolah asal Lampung tersebut mengantarkan siswa-siswinya pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Lalu untuk yang hadir dalam kegiatan sebanyak 83 siswa dan 6 guru.

Penting untuk disadari bahwa Kunjungan Industri adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang industri kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terutama dalam hal memperkenalkan aktivitas atau proses kreatif yang saat ini diadopsi oleh dunia industri. Dengan demikian, siswa SMK akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang dapat mereka terapkan secara relevan di lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Saat tiba di Gamelab Indonesia, SMK Yasmida Ambarawa memulai kegiatannya dengan menghadiri Seminar Industri yang dipimpin oleh Kak Nia. Dalam acara tersebut, peserta diperkenalkan dan diberikan pemahaman menyeluruh tentang industri yang bersangkutan. Kak Nia mempresentasikan visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri tersebut, mereka juga diberikan pengetahuan tentang kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.

Selain itu, mereka diberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dan proses produksi terkini dalam industri tersebut. Kak Nia juga memberikan studi kasus untuk memberikan gambaran nyata tentang tantangan dan pencapaian dalam industri tersebut. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang perkembangan terbaru di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi

Setelah seminar, kegiatan berlanjut dengan sesi diskusi. Dalam diskusi ini, siswa-siswa SMK Yasmida Ambarawa diberi kesempatan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang industri game dan animasi. Hal ini disebabkan adanya penjelasan yang komprehensif dari tahap awal proses hingga hasil akhir karya.

Tahapan proses yang dimaksud meliputi perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Dengan demikian, diharapkan melalui diskusi ini, siswa-siswa dapat memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi Proses Karya - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Educa Studio dan Gamelab Indonesia

Setelah berdiskusi, kegiatan selanjutnya adalah Eksplorasi Karya. Di sesi ini, mereka dapat mencoba hasil karya Virtual Reality (VR) dari Educa Studio dan menjelajahi berbagai karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan begitu, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat mengalami pengalaman bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Selain itu, mereka juga memiliki peluang untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya - Gamelab.ID

Tentang SMK Yasmida Ambarawa

SMK Yasmida Ambarawa terletak di Jalan Utama No.5, Ambarawa, Kec. Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki banyak program keahlian. Sebagai berikut:

  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT)
  • Asisten Keperawatan dan Caregiver (AKC)
  • Broadcasting dan Perfilman (BCP)
  • Bisnis Digital (BD)

Dok. Tim Gamelab: SMK Yasmida Ambarawa - Gamelab.ID

Baca Juga : Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga divisi bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiganya memiliki visi yang sejalan dalam meningkatkan sektor pendidikan dan teknologi digital.

Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan beragam program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di samping itu, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sebaliknya, Educa Academy menitikberatkan pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu tertarik untuk mengadakan Kunjungan Industri? Jika kamu ingin merasakan pengalaman serupa dengan SMK Yasmida Ambarawa, kamu dapat mengajak sekolah atau perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentu memberikan sejumlah keuntungan, termasuk pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia industri, pengetahuan tentang peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Jadi, mari segera atur Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat ini bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 27 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI