BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 25 April 2024

Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

SMK AL Mubarok Bermi Seminar Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pernahkah kamu membayangkan menjadi siswa SMK lalu bisa belajar langsung dari expert trainer bidang game development? SMK Negeri 2 Demak baru saja mewujudkan impian itu melalui kolaborasi dengan Gamelab Indonesia dalam sebuah Seminar Industri pada 25 April 2024. Kesempatan emas ini dirasakan oleh para siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Telekomunikasi (TJKT) kelas XI.

Lebih dari sekadar belajar teori. Seminar Industri SMKN 2 Demak bersama Gamelab Indonesia sebenarnya bisa berlangsung karena adanya pengetahuan berharga, serta membuka kesempatan bagi siswa TJKT kelas XI untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan game. Dengan begitu, mereka sebagai pelajar bisa mempersiapkan impian karier sejak dini.

Seminar Industri

SMKN 2 Demak mengawali kunjungannya ke Gamelab Indonesia dengan mengikuti Seminar Industri bersama Kak Nia. Seminar ini membuka wawasan mereka tentang industri kreatif, khususnya game dan animasi. Kak Nia menjelaskan visi, misi, dan budaya kerja PT. Educa Sisfomedia Indonesia, serta kebutuhan dan keterampilan yang dicari dalam industri tersebut.

Selanjutnya, Kak Nia membahas konsep dan proses produksi terkini dalam industri kreatif, lengkap dengan studi kasus untuk memberikan gambaran nyata tentang tantangan dan pencapaian di bidang ini. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang mendalam dan relevan kepada para siswa tentang perkembangan terbaru di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi bersama Kak Huda (Expert Trainer)

Usai seminar, para siswa SMKN 2 Demak berkesempatan mengikuti sesi diskusi bersama expert trainer Gamelab Indonesia, Kak Huda. Diskusi ini membuka cakrawala pengetahuan mereka tentang seluk-beluk industri game dan animasi. Kak Huda membedah secara menyeluruh proses pembuatan game dan animasi, mulai dari tahap awal perencanaan hingga peluncuran produk akhir.

Pemaparan Kak Huda meliputi tahapan perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran. Dengan demikian, melalui diskusi ini, para siswa memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta mendapatkan bekal pengetahuan praktis untuk meniti karier di bidang pilihan mereka. Sebagai informasi, Kak Huda merupakan trainer yang membimbing siswa SMKN 2 Demak dalam Kelas Industri Game Development.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi bersama Expert Trainer - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game dan Animasi

Puncak keseruan Seminar Industri Gamelab Indonesia tiba! Setelah berdiskusi daring bersama Kak Huda, para peserta menantikan momen Eksplorasi Karya Industri. Di sesi ini, mereka dimanjakan dengan kesempatan mencoba game Virtual Reality (VR) buatan Educa Studio. Tak hanya itu, mereka juga diajak menjelajahi berbagai karya animasi hasil tangan kreatif peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Lebih dari sekadar bermain, sesi eksplorasi ini sejatinya membuka mata para siswa tentang keterampilan dan inovasi terkini dalam dunia animasi dan game. Dengan begitu, mereka dapat mengevaluasi langsung kreativitas dan kualitas karya industri. Jadi harapannya menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya - Gamelab.ID

Tentang SMK Negeri 2 Demak

SMKN 2 Demak terletak di Jalan Sultan Hadiwijaya, Mangunjiwan, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Sekolah yang berdiri sejak 2004 ini, telah berkomitmen untuk memajukan siswa-siswinya menjadi pribadi yang siap kompetitif di dunia industri. Oleh karena itu, lewat kegiatan Seminar Industri dan Kelas Industri yang sudah mereka ikuti merupakan bukti betapa pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia industri, berikut program keahlian yang dimiliki:

  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Teknik Komputer dan Jaringan Telekomunikasi
  • Teknik Audio dan Video

Dok. Tim Gamelab: SMK Negeri 2 Demak - Gamelab.ID

Baca Juga : Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia melebarkan sayapnya melalui tiga divisi bisnis: Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga divisi ini memiliki visi yang sama, yaitu memajukan sektor pendidikan dan teknologi digital di Indonesia.

Gamelab Indonesia kini telah sukses meluncurkan berbagai program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio fokus pada pengembangan aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy berfokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para pendidik atau guru.

Jika saat ini kamu ingin mengetahui bagaimana proses kreatif yang diciptakan oleh industri, kegiatan Seminar Industri ini cocok sekali. Ayo ajak sekolahmu untuk mengadakan kegiatan yang penuh manfaat ini, dengan cara hubungi di sini ya!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 25 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI