BERITA UMUM Menuju Keunggulan, SMKN 3 Sekayu Mengadakan UKK dengan Dukungan Gamelab Indonesia

Menuju Keunggulan, SMKN 3 Sekayu Mengadakan UKK dengan Dukungan Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 28 Maret 2024

Menuju Keunggulan, SMKN 3 Sekayu Mengadakan UKK dengan Dukungan Gamelab Indonesia

SMKN 3 Sekayu dan Gamelab Indonesia bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Mari simak artikel ini untuk mengetahui betapa pentingnya program tersebut.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Menuju keunggulan, SMK Negeri 3 Sekayu mengadakan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) dengan dukungan Gamelab Indonesia yang telah dilaksanakan pada 4 - 5 Maret 2024. Dalam kesempatan ini, SMK asal Sumatera Selatan tersebut mempercayakan Gamelab Indonesia pada materi ujian mengenai Web Front End. Lalu yang ikut serta dalam UKK kali ini adalah siswa pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak 47 anak.

Perlu diketahui, UKK yang dilaksanakan ini termasuk dalam kategori DUDIKA (Dunia Usaha dan Dunia Industri). DUDIKA merupakan strategi terpadu yang menghubungkan dunia pendidikan dengan industri guna memberikan siswa pengalaman praktik kerja yang mendalam, serta memastikan bahwa kurikulum pendidikan mencerminkan kebutuhan aktual industri. Sementara untuk tujuannya adalah meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang dinamis.

Tentang Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

UKK adalah suatu metode evaluasi yang digunakan pada tingkat pendidikan kejuruan, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lembaga pelatihan kejuruan lainnya. UKK bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa atau peserta pelatihan dalam bidang keahlian tertentu.

Selain berfungsi sebagai alat evaluasi, UKK juga memiliki peran penting dalam menentukan kelulusan siswa, dimana hasilnya menjadi acuan standar kompetensi kelulusan. Dengan UKK, siswa akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang memvalidasi kemampuan mereka. Sertifikasi ini memberikan informasi yang berharga tentang keterampilan siswa SMK.

Selanjutnya, UKK yang melibatkan asesmen dari pihak industri merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh para ahli atau perwakilan industri terhadap siswa atau peserta pelatihan dari lembaga pendidikan atau pelatihan. Hal ini memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Dengan demikian, UKK bukan hanya menilai kemampuan siswa, tetapi juga memastikan relevansi kurikulum dengan permintaan pasar kerja.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Manfaat UKK bersama Gamelab Indonesia

Dalam era pendidikan yang terus berkembang, penting untuk memahami peran dan manfaat dari kemitraan antara institusi pendidikan dan industri. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat yang diperoleh melalui pelaksanaan UKK bersama Gamelab Indonesia:

  • Untuk memastikan standar pencapaian kompetensi, Gamelab Indonesia mengimplementasikan sistem evaluasi yang terukur. Proses ini dirancang untuk menyelidiki pencapaian siswa SMK dalam mempelajari kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang mereka ikuti. Dengan demikian, kita dapat menilai sejauh mana mereka telah menguasai materi yang diajarkan dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.
  • Salah satu fokus utama Gamelab Indonesia adalah memfasilitasi siswa SMK dalam memperoleh sertifikat yang diakui secara nasional. Langkah ini penting untuk membantu mereka memasuki pasar kerja dengan percaya diri atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kami mengarahkan upaya untuk memastikan bahwa proses mendapatkan sertifikat berjalan lancar dan memenuhi standar nasional yang relevan.
  • Dalam upaya memastikan bahwa siswa SMK memperoleh sertifikasi yang diakui secara nasional, Gamelab Indonesia mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi. Langkah-langkah ini disesuaikan dengan capaian kompetensi lulusan SMK sebagaimana diatur oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Dengan demikian, siswa dapat membuktikan kemampuan mereka secara resmi di tingkat nasional.
  • Kolaborasi antara SMK dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) menjadi fokus utama Gamelab Indonesia dalam pelaksanaan Uji Kompetensi. Kami menyediakan platform bagi SMK untuk berkerja sama dengan berbagai entitas industri guna memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja.
  • Materi Uji Kompetensi (UKK) dirancang berdasarkan skema sertifikasi yang relevan dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi. Setiap modul materi memuat informasi tentang kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan secara spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Dengan demikian, siswa dipersiapkan secara optimal untuk menghadapi ujian dengan kepercayaan diri.
  • Untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas, ujian dilaksanakan secara berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia. Kemudahan akses ini memungkinkan siswa untuk mengikuti ujian di mana saja dan kapan saja. Sertifikat kompetensi yang diperoleh pun tersedia dalam bentuk digital, memudahkan proses validasi dan penggunaannya di berbagai platform serta lingkungan kerja.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Tentang SMK Negeri 3 Sekayu

SMK Negeri 3 Sekayu terletak di Jalan Terminal Randi, RT 04/RW 01, Kayuara, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki berbagai kompetensi, sebagai berikut:

  • Teknik Geomatika
  • Teknik Kendaraan Ringan otomotif
  • Teknik Mekatronika
  • Tata Boga
  • Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Teknik & Bisnis Sepeda Motor

Dok. Tim Gamelab: SMKN 3 Sekayu - Gamelab.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Kualifikasi UKK bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia adalah perusahaan industri yang berkomitmen untuk mendukung peningkatan mutu lulusan SMK. Saat ini, Gamelab Indonesia telah bermitra +300 SMK dan perguruan tinggi di seluruh penjuru Indonesia. Berikut daftar sekolah kejuruan yang memiliki kapabilitas untuk menyelenggarakan UKK bersama Gamelab Indonesia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPGL)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Apakah mulai tertarik untuk melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia? Mari kita bersama-sama menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih baik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, langsung saja hubungi di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 28 Maret 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI