BERITA UMUM 15 Rekomendasi Tools Marketing Praktis dari Google untuk Digital Marketer!

15 Rekomendasi Tools Marketing Praktis dari Google untuk Digital Marketer!

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 17 April 2024

15 Rekomendasi Tools Marketing Praktis dari Google untuk Digital Marketer!

Google menawarkan beragam tools marketing yang sangat berguna bagi digital marketer. Berikut 15 rekomendasinya!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era digital ini, peran digital marketing menjadi semakin penting bagi para pelaku usaha. Dengan strategi yang tepat, digital marketing dapat membantu meningkatkan brand awareness, menjangkau target audiens yang lebih luas, dan mendorong konversi penjualan.

Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam digital marketing, diperlukan tools yang tepat untuk membantu dalam menjalankan strategi dan mengukur hasilnya. Google, sebagai raksasa teknologi, menawarkan berbagai tools marketing praktis yang dapat membantu para digital marketer dalam berbagai aspek pekerjaan mereka.

Baca Juga : Pekerjaan Digital Marketing: Tugas, Tanggung Jawab, dan Prospek Karier

Rekomendasi Tools Marketing dari Google

Google menawarkan berbagai tools marketing praktis yang dapat membantu para digital marketer dalam berbagai aspek pekerjaan mereka. Tools-tools ini juga mudah digunakan, akurat, dan terpercaya. Berikut adalah beberapa contoh tools marketing praktis dari Google yang dapat digunakan:

1. Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu platform analisis web paling canggih yang tersedia saat ini. Dengan Google Analytics, digital marketer memiliki akses ke berbagai data yang sangat mendetail tentang kinerja situs web mereka. Mulai dari jumlah pengunjung hingga perilaku pengguna di halaman web tertentu.

Google Analytics juga memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web. Ini tidak hanya membantu dalam memahami tren pengunjung dan sumber lalu lintas, tetapi juga memungkinkan untuk mengidentifikasi area-area di mana konversi dapat ditingkatkan. Dengan informasi yang diberikan oleh Google Analytics, digital marketer dapat membuat keputusan yang didasarkan pada data yang akurat dan relevan.

2. Google AdWords

Google AdWords merupakan salah satu platform periklanan online terbesar di dunia. Dengan AdWords, digital marketer memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang sangat tersegmentasi di berbagai platform Google, termasuk pencarian Google dan jaringan display. Selain itu, melalui model PPC (Pay-Per-Click), digital marketer juga dapat membuat dan mengelola kampanye iklan dengan berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan penjualan hingga meningkatkan kesadaran merek.

3. Google Data Studio

Google Data Studio adalah platform pelaporan yang memungkinkan digital marketer untuk membuat laporan dan dashboard yang menarik dan informatif dengan mudah. Dengan Google Data Studio, data dari berbagai sumber, termasuk Google Analytics, Google AdWords, dan platform lainnya, dapat digabungkan untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang kinerja kampanye pemasaran.

Lalu, keunggulan AdWords terletak pada kemampuannya untuk menargetkan iklan secara tepat pada orang-orang yang sudah menunjukkan minat dalam produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan strategi yang tepat, AdWords dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pendapatan bisnis secara keseluruhan.

4. Google Tag Manager

Google Tag Manager adalah alat yang memungkinkan digital marketer untuk mengelola tag-tag website tanpa harus menyentuh kode website itu sendiri. Tag-tag ini mencakup segala hal mulai dari tag analisis hingga tag retargeting. Dengan Google Tag Manager, digital marketer dapat dengan mudah menambahkan, mengedit, atau menghapus tag-tag ini tanpa memerlukan bantuan dari tim pengembangan web. Ini tidak hanya mempercepat proses implementasi tag, tetapi juga memungkinkan untuk lebih fleksibel dalam mengelola dan melacak kinerja kampanye pemasaran online.

5. Google Optimize

Google Optimize adalah platform yang memungkinkan digital marketer untuk melakukan uji A/B dan uji multivariasi pada situs web mereka. Dengan Google Optimize, dapat dibuat variasi halaman web dan diuji berbagai elemen desain dan konten untuk melihat mana yang paling efektif dalam meningkatkan konversi.

Sumber Freepik: Tools Marketing - Gamelab.ID

6. Google Trends

Google Trends adalah alat yang memberikan wawasan tentang tren pencarian di Google. Dengan Google Trends, digital marketer dapat memantau perubahan dalam minat dan perilaku pengguna dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu dalam mengidentifikasi tren yang sedang naik, serta potensi peluang pasar baru. Dengan menggunakan informasi dari Google Trends, digital marketer dapat mengarahkan upaya pemasaran mereka ke arah yang paling efektif, memaksimalkan ROI (Return on Investment) dari kampanye mereka.

7. Google My Business

Google My Business adalah platform yang memungkinkan bisnis untuk mengelola profil mereka di Google. Ini termasuk informasi bisnis seperti alamat, jam operasional, dan nomor telepon, serta ulasan pelanggan dan lokasi bisnis di Google Maps. Dengan Google My Business, digital marketer dapat memastikan bahwa informasi bisnis mereka terlihat dan akurat di berbagai platform Google, membantu dalam meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek secara online.

8. Google Alerts

Google Alerts adalah layanan yang memungkinkan untuk memantau web untuk kata kunci tertentu atau topik tertentu. Dengan Google Alerts, pemberitahuan langsung melalui email dapat diterima ketika ada konten baru yang relevan dengan kata kunci atau topik yang ditentukan, sehingga memungkinkan untuk tetap terkini dengan tren dan berita terbaru dalam industri.

9. Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang memberikan informasi tentang kinerja situs web dalam hasil pencarian Google. Ini mencakup data seperti jumlah klik, tampilan, dan posisi rata-rata di hasil pencarian. Selain itu, Google Search Console juga memberikan wawasan tentang masalah teknis yang mungkin perlu diperbaiki, seperti kesalahan krawl dan penalti manual. Dengan informasi yang diberikan oleh Google Search Console, digital marketer dapat memastikan bahwa situs web mereka dioptimalkan untuk pencarian organik, meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik mereka.

10. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari khusus untuk artikel ilmiah dan penelitian akademis. Meskipun tidak secara langsung terkait dengan pemasaran, Google Scholar dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi digital marketer untuk menemukan sumber-sumber berkualitas tinggi untuk konten mereka. Dengan mengutip penelitian dan artikel ilmiah yang relevan, digital marketer dapat meningkatkan otoritas dan keaslian konten mereka, membantu dalam meningkatkan kredibilitas merek secara keseluruhan.

Sumber Freepik: Tools Marketing - Gamelab.ID

11. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat yang membantu digital marketer dalam melakukan riset kata kunci untuk kampanye SEO dan AdWords mereka. Ini memberikan perkiraan volume pencarian dan persaingan kata kunci untuk berbagai kata kunci yang relevan dengan industri atau niche bisnis mereka. Dengan informasi yang diberikan oleh Google Keyword Planner, digital marketer dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dan berpotensi menguntungkan, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka dengan lebih efektif.

12. Google Surveys

Google Surveys adalah platform yang memungkinkan untuk membuat dan mengirimkan survei online kepada audiens dengan mudah. Dengan Google Surveys, data tentang preferensi dan perilaku pelanggan dapat dikumpulkan, sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan yang didasarkan pada data dalam strategi pemasaran.

13. Google Sites

Google Sites adalah platform yang memungkinkan digital marketer untuk membuat situs web sederhana tanpa perlu memiliki keterampilan pemrograman atau desain web yang kompleks. Ini adalah alat yang sempurna untuk membuat halaman web sederhana seperti halaman arahan atau halaman penjualan dengan cepat dan mudah. Dengan Google Sites, digital marketer dapat memperluas keberadaan online bisnis mereka dengan cara yang cepat dan efisien.

14. Google Web Designer

Google Web Designer adalah alat yang memungkinkan digital marketer untuk membuat iklan HTML5 yang menarik dan responsif tanpa harus memiliki keterampilan desain web yang tinggi. Dengan Google Web Designer, digital marketer dapat menciptakan iklan yang menarik perhatian pengguna dan meningkatkan tingkat konversi mereka. Ini memungkinkan untuk menciptakan iklan yang sepenuhnya responsif, artinya mereka akan terlihat baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel.

15. Google AdMob

Terakhir, Google AdMob adalah platform periklanan mobile yang dimiliki oleh Google. Ini memungkinkan digital marketer untuk menjangkau pengguna aplikasi mobile melalui iklan banner dan video. Dengan AdMob, digital marketer juga dapat menargetkan iklan mereka secara tepat pada pengguna aplikasi yang paling relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Ini adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan konversi dari pengguna mobile.

Sebagai kesimpulan, dalam dunia digital marketing yang kompetitif saat ini, penggunaan tools marketing yang tepat sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Beruntungnya, Google menawarkan beragam tools marketing yang sangat berguna bagi digital marketer, mulai dari analisis web hingga periklanan online.

Untuk kamu penerima manfaat Kartu Prakerja 2024 dan sedang tertarik digital markating, kamu bisa ikuti kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram atau Menguasai Teknik Copywriting untuk Pemasaran Digital di Gamelab Indonesia. Nantinya kamu akan mendapat banyak benefit, seperti:

  • Materi Mudah Dimengerti
  • Akses ke Job Vacancy
  • Bersertifikat Resmi
  • Komunitas Belajar Aktif
  • Dibimbing Trainer Expert

Ayo jangan tanggung-tanggung untuk optimasi skillmu di bidang digatal marketing. Daftar sekarang di Kelas Prakerja Gamelab Indonesia, karena kelasnya sudah diikuti lebih dari 100 peserta. Jika ingin konsultasi terkait minat dan bakatmu, kamu bisa hubungi di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 17 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI