BERITA UMUM Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 18 April 2024

Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Navigasi dalam desain UI/UX merupakan elemen kunci yang dapat memengaruhi keseluruhan pengalaman pengguna. Ingin tahu tujuan dan strateginya membuat navigasi desain UI/UX? Simak artikel berikut!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia digital yang kian berkembang pesat, desain UI/UX menjadi kunci utama untuk menciptakan pengalaman pengguna (UX) yang optimal. Navigasi, sebagai salah satu elemen penting dalam desain UI/UX, memainkan peran krusial dalam mengarahkan pengguna dengan mudah dan intuitif melalui sebuah produk digital. Maka dari itu, artikel ini akan mengupas esensi dan pentingnya navigasi desain UI/UX untuk menciptakan UX yang lebih baik.

Apa Itu Navigasi Desain UI/UX?

Navigasi desain UI/UX mengacu pada struktur dan sistem yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan berinteraksi dengan suatu produk digital secara efisien dan lancar. Elemen navigasi seperti menu, breadcrumbs, dan tombol action berfungsi sebagai panduan bagi pengguna, yang di mana nantinya akan membantu mereka menemukan informasi yang dicari dan menyelesaikan tugas yang diinginkan. Lalu tujuan utama dari navigasi dalam desain UI/UX adalah:

Membantu Pengguna Menemukan Informasi

Tujuan utama navigasi adalah membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat dicapai dengan:

  • Struktur Konten yang Logis: Konten dalam produk digital harus disusun dengan cara yang logis dan terstruktur, sehingga pengguna dapat dengan mudah memahami hierarki informasi dan menemukan apa yang mereka cari.
  • Sistem Pencarian yang Efektif: Sistem pencarian yang baik memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dengan kata kunci atau frase tertentu.
  • Navigasi yang Konsisten: Elemen navigasi yang sama harus digunakan di seluruh produk digital, sehingga pengguna dapat membiasakan diri dan menemukan informasi dengan mudah.

Meningkatkan Usability

Navigasi yang efektif dapat meningkatkan usability produk digital dengan:

  • Membuat Tugas Lebih Mudah: Navigasi yang jelas dan intuitif dapat membantu pengguna menyelesaikan tugas dengan lebih mudah dan cepat.
  • Mengurangi Kesalahan: Navigasi yang baik dapat membantu pengguna menghindari kesalahan dan frustrasi.
  • Meningkatkan Kepuasan Pengguna: Pengguna yang dapat menyelesaikan tugas dengan mudah dan cepat akan merasa lebih puas dengan produk digital.

Meningkatkan User Engagement

Navigasi yang menarik dan intuitif dapat meningkatkan user engagement dengan:

  • Mendorong Pengguna untuk Menjelajahi: Navigasi yang baik dapat mendorong pengguna untuk menjelajahi berbagai bagian produk digital dan menemukan konten baru.
  • Meningkatkan Waktu yang Dihabiskan Pengguna: Pengguna yang tertarik dengan navigasi produk digital akan menghabiskan lebih banyak waktu di dalamnya.
  • Meningkatkan Loyalitas Pengguna: Pengguna yang memiliki pengalaman positif dengan navigasi produk digital akan cenderung kembali dan menggunakannya lagi.

Memperkuat Brand Identity

Navigasi yang konsisten dan mudah diingat dapat membantu memperkuat brand identity produk digital dengan:

  • Membuat Produk Digital Lebih Mudah Diingat: Pengguna akan lebih mudah mengingat produk digital dengan navigasi yang khas dan mudah diingat.
  • Membangun Asosiasi Positif: Navigasi yang baik dapat membantu membangun asosiasi positif dengan brand produk digital.
  • Meningkatkan Brand Recall: Pengguna akan lebih mudah mengingat brand produk digital ketika mereka membutuhkan informasi atau ingin menyelesaikan tugas.

Sumber Freepik: Apa Itu Navigasi Desain UI/UX - Gameab.ID

Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

7 Strategi Membuat Navigasi Efektif dalam Desain UI/UX

Navigasi yang efektif merupakan kunci utama untuk menciptakan pengalaman pengguna (UX) yang optimal. Berikut 7 strategi jitu yang dapat diterapkan untuk merancang navigasi yang efektif dalam desain UI/UX:

1. Sederhana dan Konsisten

Salah satu kunci utama dalam menciptakan navigasi yang efektif adalah dengan menjaganya sederhana dan konsisten di seluruh platform. Gunakan ikon dan teks yang jelas untuk memandu pengguna, dan pastikan navigasi tersebut berada di lokasi yang mudah dijangkau dan konsisten di setiap halaman.

2. Hierarki yang Jelas

Susun informasi dan fitur secara hierarkis sehingga pengguna dapat dengan mudah memahami struktur situs atau aplikasi. Gunakan menu dropdown, tab, atau kategori untuk mengorganisasi konten secara terstruktur dan memudahkan pengguna dalam menavigasi.

3. Pencarian yang Kuat

Selain navigasi visual, penyediaan fasilitas pencarian yang kuat juga sangat penting. Fitur pencarian yang efektif dapat membantu pengguna menemukan informasi dengan cepat, terutama dalam situs atau aplikasi dengan banyak konten.

4. Responsif dan Ramah Mobile

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile, penting bagi desainer UI/UX untuk memastikan bahwa navigasi mereka responsif dan ramah mobile. Pastikan tombol dan menu dapat diakses dengan mudah bahkan di layar kecil.

5. Uji Pengguna

Lakukan pengujian pengguna untuk mengidentifikasi potensi masalah dalam navigasi. Dengan mengamati bagaimana pengguna berinteraksi dengan navigasi, dapat memperbaiki dan meningkatkan pengalaman mereka.

6. Pertimbangkan Konteks Pengguna

Ketahui siapa pengguna dan pertimbangkan kebutuhan dan preferensi mereka dalam merancang navigasi. Misalnya, navigasi untuk aplikasi berbasis konsumen mungkin berbeda dengan navigasi untuk aplikasi bisnis.

7. Gunakan Analytics

Manfaatkan data analitik untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan navigasi. Informasi ini dapat memberi wawasan berharga tentang bagaimana meningkatkan navigasi untuk mencapai pengalaman pengguna yang lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa navigasi hanyalah salah satu elemen dalam desain UI/UX. Jadi agar hasilnnya lebih maksimal perlu juga mempertimbangkan semua elemen desain lainnya, seperti layout, typography, dan color scheme guna menciptakan UX yang optimal. 

Ada kabar baik untuk kamu yang ingin mengembangkan keterampilan desain UI/UX, kamu bisa ikuti kelas Belajar Desain UI/UX dan Membuat Prototype Aplikasi di Gamelab Indonesia. Bergabunglah sekarang dan dapatkan:

  • Panduan komprehensif tentang prinsip-prinsip desain UI/UX
  • Teknik praktis untuk merancang antarmuka yang user-friendly
  • Pengalaman hands-on dalam membuat prototype aplikasi
  • Bimbingan ahli dari trainer berpengalaman di industri
  • Diskon 30% untuk pendaftaran early bird!

Ayo jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan skillset dan bangun karier di bidang desain UI/UX yang menjanjikan! Jika ada pertanyaan dan ingin konsultasi terkait minat dan bakatmu, langsung hubungi di sini ya.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 18 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI