BERITA SMK Ayo Cari Tahu Perbedaan Jurusan RPL dan TKJ: Mulai dari Fokus Pelajaran dan Prospek Kerjanya!

Ayo Cari Tahu Perbedaan Jurusan RPL dan TKJ: Mulai dari Fokus Pelajaran dan Prospek Kerjanya!

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 31 Mei 2024

Ayo Cari Tahu Perbedaan Jurusan RPL dan TKJ: Mulai dari Fokus Pelajaran dan Prospek Kerjanya!

Perbedaan antara jurusan RPL dan TKJ itu sangat kentara. Berikut penjelasan lengkapnya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Saat ini, dunia pendidikan vokasi di Indonesia semakin berkembang dengan berbagai macam kompetensi keahlian yang ditawarkan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja. Di antara jurusan-jurusan tersebut, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) menjadi pilihan populer di kalangan siswa SMK yang tertarik dengan dunia teknologi informasi. Namun, meskipun keduanya berada dalam bidang yang sama, terdapat perbedaan signifikan antara RPL dan TKJ, baik dari segi fokus pelajaran maupun prospek kerja di masa depan.

Fokus Pelajaran

Perbedaan utama antara kedua jurusan ini terletak pada fokus pelajarannya, di mana RPL lebih berfokus pada pengembangan perangkat lunak, sementara TKJ lebih berfokus pada perangkat keras dan jaringan komputer. Maka memilih antara RPL dan TKJ sebaiknya benar-benar disesuaikan dengan minat dan bakat.

Materi Pembelajaran RPL

Rekayasa Perangkat Lunak atau yang biasa disingkat RPL adalah jurusan yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak. Mata pelajaran yang diajarkan di jurusan ini mencakup berbagai aspek pengembangan perangkat lunak, mulai dari perencanaan, analisis, desain, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan perangkat lunak. Berikut fokus pembelajarannya:

  • Pemrograman

Siswa RPL akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman seperti Java, C++, Python, dan lain-lain. Bahasa-bahasa pemrograman ini memberikan dasar yang kuat dalam berbagai paradigma pemrograman, mulai dari prosedural hingga berorientasi objek. Dengan menguasai bahasa-bahasa ini, siswa tidak hanya belajar menulis kode yang efisien tetapi juga memahami algoritma serta struktur data, yang sangat penting untuk pengembangan perangkat lunak yang kompleks dan terukur.

  • Database

Pemahaman tentang sistem basis data juga merupakan bagian penting dari kurikulum RPL. Siswa akan belajar tentang manajemen basis data, yang mencakup desain, implementasi, dan pemeliharaan basis data. Nah, manajemen basis data ini melibatkan pengetahuan tentang berbagai sistem manajemen basis data (DBMS) seperti MySQL, PostgreSQL, dan Oracle. Maka dengan pemahaman ini, siswa RPL akan belajar bagaimana menginstal, mengkonfigurasi, dan mengelola DBMS serta bagaimana melakukan backup dan recovery data. 

  • Desain Antarmuka Pengguna (UI/UX)

Siswa juga akan belajar tentang pentingnya desain antarmuka pengguna yang baik, termasuk prinsip-prinsip dasar UI/UX. Antarmuka pengguna (UI) adalah titik interaksi antara pengguna dan sistem komputer, sedangkan pengalaman pengguna (UX) mencakup keseluruhan pengalaman yang dirasakan pengguna saat berinteraksi dengan sistem tersebut. Dengan pemahaman ini, siswa dapat merancang aplikasi yang tidak hanya fungsional tetapi juga mudah digunakan dan menyenangkan.

Materi Pembelajaran TKJ

Di sisi lain, Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ adalah jurusan yang berfokus pada perangkat keras komputer dan jaringan komputer. Mata pelajaran yang diajarkan di jurusan ini mencakup instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan jaringan serta troubleshooting perangkat keras. Berikut fokus pembelajarannya:

  • Perangkat Keras

Mata pelajaran ini mencakup komponen-komponen komputer, seperti CPU, RAM, motherboard, serta bagaimana merakit dan memperbaiki komputer. Siswa akan mempelajari fungsi dan karakteristik setiap komponen, serta bagaimana memilih komponen yang sesuai untuk membangun sistem komputer yang optimal. Pengetahuan ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap bagian komputer bekerja harmonis untuk mencapai performa terbaik.

  • Perangkat Keras

Mata pelajaran ini mencakup komponen-komponen komputer, seperti CPU, RAM, motherboard, serta bagaimana merakit dan memperbaiki komputer. Siswa akan mempelajari fungsi dan karakteristik setiap komponen, serta bagaimana memilih komponen yang sesuai untuk membangun sistem komputer yang optimal. Pengetahuan ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap bagian komputer bekerja harmonis untuk mencapai performa terbaik.

  • Administrasi Server

Siswa TKJ juga akan mendapatkan pengetahuan tentang administrasi server, termasuk instalasi dan konfigurasi server, manajemen pengguna, serta keamanan server. Administrasi server ini merupakan keterampilan yang sangat penting, terutama di lingkungan perusahaan yang bergantung pada server untuk operasi sehari-hari. Lalu nantinya yang dipejalari siswa meliputi berbagai jenis server seperti server web, server database, dan server aplikasi.

Sumber Canva: Perbedaan RPL dan TKJ - Gamelab.ID

Baca Juga : Mencetak Programmer Profesional, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Prospek Kerja

Saat memilih jurusan, salah satu faktor yang paling dipertimbangkan adalah prospek kerja di masa depan. Jurusan RPL dan TKJ, meskipun sama-sama berada dalam bidang IT, ternyata menawarkan peluang karier yang berbeda. Berikut prospek kerjanya di setiap kedua jurusan tersebut.

Pilihan Kerja RPL

Lulusan RPL memiliki peluang karier yang sangat luas di berbagai bidang. Hampir semua industri saat ini memerlukan perangkat lunak untuk operasional mereka, mulai dari sektor keuangan, kesehatan, pendidikan, hingga hiburan. Berikut adalah beberapa peran pekerjaan yang umum bagi lulusan RPL:

  • Web Developer

Seorang Web Developer tidak hanya sekadar menciptakan situs web, tetapi juga menjadi arsitek digital yang mencurahkan kreativitas dan keterampilan teknisnya untuk membangun pengalaman online yang menarik dan fungsional. Dengan pemahaman mendalam tentang berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript, serta kerangka kerja yang relevan seperti React atau Angular, mereka mampu mengubah konsep desain menjadi realitas interaktif di dunia maya. Dengan demikian, Web Developer bukan hanya sekadar pemrogram, tetapi juga pencipta lingkungan digital yang memengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan informasi di internet.

  • Game Developer

Profesi sebagai Game Developer tidak hanya menawarkan kesempatan untuk menciptakan hiburan, tetapi juga merupakan bidang yang menuntut kreativitas, keterampilan teknis yang kuat, dan pemahaman mendalam tentang psikologi pengguna. Seorang Game Developer tidak hanya membuat kode-kode yang membentuk gameplay, tetapi mereka juga bertanggung jawab untuk merancang alur cerita yang menarik, menciptakan karakter yang kuat, dan memperhatikan aspek artistik seperti grafis dan suara. Dengan popularitas game yang terus meningkat dan permintaan akan konten yang inovatif, Game Developer tentunya memiliki prospek karier yang cerah dalam industri yang dinamis dan menantang.

  • System Analyst

Seorang System Analyst berperan sebagai penghubung antara departemen bisnis dan tim pengembang teknologi. Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan bisnis, merancang solusi teknologi informasi yang sesuai, dan memastikan implementasi yang sukses. Dalam peran ini, mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang proses bisnis organisasi, kebutuhan pengguna, dan kemampuan teknologi yang tersedia.

Pilihan Kerja TKJ

Lulusan TKJ juga memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan di berbagai bidang industri. Karena keahlian mereka dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, baik swasta maupun pemerintah. Berikut adalah beberapa peran pekerjaan yang umum bagi lulusan TKJ:

  • Teknisi Komputer

Bagi yang berjiwa penolong dan gemar mengutak-atik perangkat komputer, profesi teknisi komputer adalah pilihan tepat. Tugas teknisi komputer ialah membenarkan komputer yang bermasalah, baik pada perangkat keras maupun lunaknya. Kemampuannya dalam instalasi software, konfigurasi jaringan, dan troubleshooting menjadi kunci utama dalam menyelesaikan berbagai keluhan pengguna komputer.

  • Programmer

Dunia digital tak lepas dari karya para programmer. Mereka adalah maestro di balik layar yang merajut kode-kode rumit, yang melahirkan aplikasi, website, dan sistem komputer yang canggih. Keahlian mereka dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan C++ menjadi senjata ampuh untuk mengubah ide-ide kreatif menjadi kenyataan digital.

  • IT Support

Di balik kelancaran operasi sebuah perusahaan, peran IT support tak boleh diabaikan. Mereka adalah garda terdepan dalam memberikan bantuan dan dukungan teknis kepada pengguna komputer dan jaringan. Kemampuan mereka dalam mengatasi berbagai masalah teknis, seperti instalasi software, konfigurasi jaringan, dan troubleshooting, memastikan kelancaran aktivitas operasional perusahaan.

Baik RPL maupun TKJ menawarkan peluang karir yang menjanjikan bagi para lulusannya. Perbedaan utama antara kedua jurusan ini terletak pada fokus pelajarannya, di mana RPL lebih berfokus pada pengembangan perangkat lunak, sementara TKJ lebih berfokus pada perangkat keras dan jaringan komputer. Pilihan antara RPL dan TKJ sebaiknya disesuaikan dengan minat dan bakat.

Maka, bagi orang yang tertarik dengan pemrograman dan pengembangan aplikasi, RPL adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bagi yang lebih tertarik pada jaringan dan perangkat keras, TKJ bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. Namun, untuk kamu yang sekarang merasa salah jurusan dan ingin mempelajari materi yang ada pada jurusan RPL dan TKJ, jangan berkecil hati.

Ikutilah program Magang/PKL di GAMELAB. Di dalam lingkungan GAMELAB, kamu akan mendapat kesempatan emas untuk dimentori langsung oleh expert trainer dalam bidang tersebut, serta materi-materi yang diajarkan sangat relevan dengan perkembangan industri saat ini dan dirancang khusus agar sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Ingin tahu informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 31 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI