BERITA UMUM Mencetak Programmer Profesional, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Mencetak Programmer Profesional, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 21 Februari 2024

Mencetak Programmer Profesional, Trainer Gamelab Indonesia Membimbing Siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo

Trainer Gamelab Indonesia menjadi guru tamu di SMK Gema Nusantara Wonosobo. Dalam kesempatan ini, trainer akan menjelaskan seputar menjadi seorang programmer profesional. Yuk, simak keseruan kegiatannya pada artikel berikut!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia industri telah menjadi perhatian utama dalam upaya menciptakan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. Oleh sebab itu, SMK Gema Nusantara Wonosobo menggelar program Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia pada Senin, 19 Februari 2024. Tentunya program ini membawa angin segar dalam upaya mempersiapkan siswa untuk meraih karier di masa depannya. Lalu, dalam kesempatan ini, siswa yang mengikuti program tersebut adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Membantu Mempersiapkan Karier

Dalam pertemuan yang penuh inspirasi ini, Kak Eka Prasetyo selaku trainer expert dari Gamelab Indonesia akan membawa siswa SMK Gema Nusantara Wonosobo ke dalam perjalanan tentang realitas dunia industri. Mulai dari tren industri terkini, teknologi mutakhir, hingga kebutuhan pasar yang terus berubah. Tak hanya itu, Kak Eka juga menekankan bahwa saat ini keterampilan non teknis harus mendapat perhatian khusus. Misalnya seperti komunikasi efektif, kerja tim, dan kepemimpinan menjadi fokus utama dalam persiapan karier yang holistik. 

Selain membahas seputar tren industri terkini dan macam-macam keterampilan, Kak Eka juga menyoroti pentingnya pengembangan karier jangka panjang. Dalam kata lain, beliau mendorong iswa untuk terus berpikir terbuka terhadap pembelajaran sepanjang hayat, selalu mengasah keterampilan, dan menjalin koneksi dengan dunia industri. Alhasil, para siswa tidak hanya siap untuk melangkah ke dunia kerja saat ini, tetapi juga terlatih untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Dok. Tim Gamelab: Mempersiapkan Karier - Gamelab.ID

Bertukar Cerita Pengalaman Menjadi Programmer

Seperti apa yang dikatakan sebelumnya, jika program ini untuk mengatasi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia industri. Pada momen inilah, trainer akan menceritakan pengalamannya sebagai pelaku atau ahli industri yang relevan dengan apa yang diminati oleh para siswa. 

Melalui pertukaran cerita ini, Kak Eka membagikan kisah peribadinya yang penuh warna sehingga membawa siswa ke belakang layar pengalaman sebagai seorang programmer. Sebagai trainer expert, tentu Kak Eka sudah melawati banyak rintangan selama bekerja. Maka pada momen ini, para siswa diajak untuk melihat sisi manusiawi dari perjalanan menjadi programmer yang sukses. Sebab setiap kesuksesan yang tercapai terdapat pengalaman pernah gagal yang menjadi pelajaran berharga, sementara setiap tantangan menjadi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Dok. Tim Gamelab: Cerita Pengalaman - Gamelab.ID

Memotivasi Siswa untuk Berani Optimasi Skill

Masih dalam suasana yang penuh semangat dan ceria, Kak Eka juga menekankan bahwa masa depan bukan hanya tentang apa yang telah dipelajari hari ini tetapi juga tentang kemampuan untuk terus belajar dan berkembang. Dengan kata lain, para siswa didorong untuk berani melangkah keluar dari zona nyaman mereka, mengeksplorasi bidang-bidang baru, dan terus meningkatkan keterampilan mereka seiring berjalannya waktu.

Sebagai akhir perjumpaan, Kak Eka menutup pertemuan ini dengan sebuah tantangan kepada para siswa. Tantangan untuk tidak hanya bermimpi tentang apa yang bisa mereka capai, tetapi juga untuk bertindak dengan tekad untuk meraihnya. Dengan demikian, Kak Eka dalam perjumpaanya dengan siswa SMK Gema Nusantara tidak hanya meninggalkan jejak inspirasi, tetapi juga menyalakan api semangat di hati para siswa untuk terus berjuang dan meraih kesuksesan dalam karier dan kehidupan mereka.

Dok. Tim Gamelab: Memotivasi Siswa - Gamelab.ID

Tentang SMK Gema Nusantara

SMK Gema Nusantara terletak di Jalan Pemuda No.142, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki dua komptensi keahlian untuk siswanya:

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Dok. Tim Gamelab: SMK Gema Nusantara - Gamelab.ID

Baca Juga : Siswa SMKN 6 Surakarta Mendapatkan Bimbingan Profesional Melalui Program Guru Tamu dari Gamelab Indonesia

Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia

Salah satu perusahaan industri yang siap membantu meningkatkan kualitas lulusan SMK adalah Gamelab Indonesia. Saat ini, Gamelab Indonesia telah bekerja sama dengan 300+ SMK dan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Berikut adalah daftar sekolah kejuruan yang dapat menjalankan program Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Frontend Development
  • Web Backend Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Apakah kamu ingin mengalami pengalaman serupa dengan SMK Gema Nusantara? Jika ya, segera ajak sekolah atau kampus kamu untuk bekerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentu saja, kerja sama ini menawarkan sejumlah keuntungan, termasuk pemahaman mendalam tentang dunia industri, wawasan baru tentang peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Yuk, adakan Guru Tamu bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 21 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI