BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tips Mempercepat Proses Rendering di Blender

Tips Mempercepat Proses Rendering di Blender

Oleh Akhmad Agus Syafii | Selasa, 15 Desember 2020

Tips Mempercepat Proses Rendering di Blender

Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara kolektif dapat disebut sebuah berkas adegan), melalui program komputer.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Blender merupakan sebuah software pengolah grafis 3D open source(gratis) yang digunakan untuk membuat sebuah film animasi,visual effect,modelling 3D,pembuatan game atau aset game,dll. Fitur-fitur yang dimiliki blender antara lain 3D Modelling,UV mapping,texturing,rigging,particle simulation,rendering,dll. Nah yang kita akan bahas kali ini adalah bagaimana cara mepercepat Rendering pada Blender 2.8.

Tapi sebelum itu APAKAH YANG DISEBUT RENDERING ITU?

Rendering adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model (atau model yang secara kolektif dapat disebut sebuah berkas adegan), melalui program komputer. Sebuah berkas adegan terdiri dari objek-objek dalam sebuah bahasa atau data struktur, bisa berupa geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi bayangan sebagai sebuah deskripsi dari adegan virtual. Data yang terisi dalam berkas adegan kemudian melewati program rendering untuk diproses dan menjadi hasil keluaran untuk sebuah gambar digital atau berkas gambar grafik raster.

Pada software Blender sendiri ada 2 macam jenis Rendering yaitu Eevee dan Cycles yang keduanya memiliki perbedaan masing masing.Render Eevee sendiri bisanya digunakan dalam video game sedangkan Cycles sendiri biasanya digunakan untuk merender objek-objek realistis.

eeveeGambar 1.1 eevee

cyclesGambar1.2 cycles

Pada Blender sendiri proses rendering membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi kalau render Cycles.Nah berikut adalah tips dari mimin bagaimana cara agar proses rendering dapat lebih cepat.

1.Gunakan GPU computer

Didalam proses rendering alangkah lebih baiknya menggunakan GPU dikarenakan proses render lebih banyak bermain pada grafis,disitulah kinerja GPU dibutuhkan dikarenakan GPU merupakan hardware pengolah grafis khusus dibandingkan dengan CPU yang akan bekerja lebih keras jika digunakan untuk merender.anda dapat merubah settingannya di Render Properties-Render Engine(ganti ke mode cycles)-devices-GPU computer

NB : Bila anda memiliki GPU Nvidia anda bisa mengaktifkan CUDA di Preference-System-Cycles render divices-CUDA

2.Megurangi Bounces

Caranya dengan masuk ke Render properties-Light Paths-Bounces.Cara ini memang dapat mempercepat proses rendering akan tetapi dengan mengurani Bounces akan mengurani kerealistikan objek yang dibuat.Karena dengan mengurangi bounces akan mengurangi pantulan cahaya yang mengenai objek. 

Baca Juga : Tutorial Membuat Lighting Dengan Dynamic Sky

3.Mengubah Nilai Tiles

Tiles bisa diakses melalui Render properties-Performance-tiles.Jika anda menggunakan GPU ubahlah nilai tiles dari 64 menjadi 265 dan jika menggunakan CPU maka ubahlah nilai tiles menjadi 16.Pada tips kali ini harus disesuaikan dengan kemampuan computer anda masing-masing,dikarenakan jika nilai tiles terlalu besar dan computer tidak kuat maka program akan crash.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=4c9QwCjnrgA

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Akhmad Agus Syafii

Akhmad Agus Syafii

Selasa, 15 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI