BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Lighting Dengan Dynamic Sky

Tutorial Membuat Lighting Dengan Dynamic Sky

Oleh Sahid Malik Ibrahim | Senin, 20 Februari 2023

Tutorial Membuat Lighting Dengan Dynamic Sky

Lighting Dynamic Sky adalah sebuah fitur Add-ons pada software blender yang digunakan untuk membuat pencahayaan yang merata pada objek interior maupun eksterior hanya dengan cara beberapa klik saja.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pada dunia nyata kita melihat perbedaan cuaca, misal-nya ada cuaca terang dan mendung, bisa juga siang, pagi, sore, dan malam. Kemudian efek cuaca tersebut akan mempengaruhi pencahayaan pada objek. Karena keadaan cuaca maka kita bisa melihat benda yang berbeda yaitu terang, redup sampai gelap. Dari analogi cuaca ini dapat di terapkan pada render  3D  untuk membantu  pencahayaan pada aplikasi Blender yaitu fitur Dynamic Sky.

Dynamic Sky akan mempermudah proses pencahayaan yang merata pada objek meskipun tanpa penggunaan objek lighting (lamp). Jadi hanya mengandalkan lighting World menggunakan Dynamic Sky. Perlu kita ketahui Properties World asli-nya sudah ada tetapi  masih kurang dinamis, cuma ada satu warna. Tetapi dengan Dynamic Sky kita dapat membuat warna langit, awan, cahaya maupun horizon.

Kita akan mengubah pencahayaan pada World Properties dari World menjadi Dynamic Sky. Jadi perhatikan dan simak penjelasan berikut ini.

 

Dynamic Sky

Apa Itu Dynamic Sky?

Dynamic Sky adalah sebuah Add-ons pada software blender yang berfungsi untuk mempermudah dalam pencahayaan. Add-ons pencahayaan ini dapat di gunakan untuk membuat cahaya yang merata pada objek ruangan maupun objek luar ruangan dan sejenis-nya dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan objek light seperti sun, area, point, dsb. Pada dasar-nya Dynamic Sky adalah pembuatan cahaya menggunakan Sun dan Sky yang memiliki banyak opsi tambahan yang bisa di lakukan.

Penggunaan Dynamic Sky akan sangat berguna ketika melakukan proyek cepat tetapi membutuhkan hasil pencahayaan yang cukup bagus, karena hanya dengan beberapa klik saja bisa mengatur pencahayaan yang cukup bagus. Sehingga pengguna tidak perlu banyak memakan waktu untuk mengatur pencahayaan dan bisa lebih fokus pada hal yang lain.

Ketika pengguna ingin melakukan settings pencahayaan pada objek yang sudah di buat menjadi style cahaya siang dan malam, dengan menggunakan objek lighting, maka akan membutuhkan waktu yang banyak untuk mengatur posisi lighting. Tetapi jika menggunakan Add-ons Dynamic Sky akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Hasil Yang Berbeda

Dynamic Sky dan objek lighting sangat berbeda, karena objek ligting berguna untuk membuat cahaya pada tempat yang ingin di beri cahaya, tetapi kalau menggunakan Add-ons Dynamic Sky maka akan mengubah cahaya pada dunia atau langit. Sehingga cahaya terlihat lebih merata.

Perbedaan

Misal-nya pencahayaan menggunakan objek point tanpa Add-ons Dynamic sky akan menghasilkan cahaya yang tidak merata(bagian gelap) pada sebuah objek dan memiliki backgorund biasa. Sedangkan ketika menggunakan Add-ons Dynamic Sky tanpa menggunakan objek lighting maka akan ada cahaya yang merata pada suatu objek dan terdapat backgorund langit meski tidak menggunakan HDRI.

Bagaimana Pemasangan Dynamic Sky?

Cara menggunakan Add-ons Dynamic Sky pada software blender. Penggunaan Dynamic Sky bisa di gunakan setelah pengguna memasang atau mengkatifkan Dynamic Sky.

Cara melakukan pemasangan Dynamic Sky : Masuk ke menu Edit > pilih Preferences > pilih Add-ons > cari Dynamic Sky > Ceklist > Save Preferneces.

Preferences

Cara Penggunaan

Setelah pengguna sudah mengaktifkan Add-ons Dynamic Sky, pengguna bisa melakukan setting cahaya menggunakan Dynamic Sky dengan cara masuk ke menu properties atau bisa Tekan N pada Keyboard > pilih menu Create > Tekan tombol Create.

Create Dynamic Sky

Setelah melakukan Create maka sudah berhasil membuat Dynamic Sky, tetapi belum bisa di lihat karena dalam World Properties masih belum diubah menjadi Dynamic Sky. Jadi harus mengubah dari World menjadi Dynamic Sky.

World PropertiesKetika sudah di rubah menjadi Dynamic Sky maka akan muncul menu Dynamic Sky pada Properties, pengguna bisa melakukan settings sesuai dengan kebutuhan-nya.

Menu Dynamic Sky

 

Pengaturan Kekuatan Cahaya 

Untuk merubah kekuatan cahaya terang atau redup pada World yaitu dengan cara mengubah nilai Strength di world properties, sesuai dengan kebutuhan. 

Berikut adalah contoh hasil dari pengubahan nilai Strength pada World Properties.

Baca Juga : Mini Retro Arcade 3D Creation in Blender and Adobe Substance Painter

Hasil Rendering

Setelah Dynamic Sky di terapkan maka akan langsung berubah mode render-nya dari Evee menjadi Cycles. Kemudian pengguna bisa mengatur Max Sampling sesuai kebutuhan, jika ingin hasil tidak terdapat Noise atau titik-titik pada gambar maka aktifkan juga Denoise.Menu cycles

Jika pengguna ingin melihat hasil dari  Dynamic Sky, maka bisa masuk ke Mode Viewport Shading Rendered.

Viewport Renderedkemudian jika settings dan camera sudah sesuai lakukan render gambar dengan cara Tekan tombol F12 atau tekan menu Render > pilih Render Images.

Render

 

Untuk versi blender sekarang 3.4.1, Dynamic Sky tersedia pada menu Add-ons blender, pengguna tinggal melakukan pengaktifan pada menu Add-ons.

Penggunaan Add-ons ini sangat penting jika tidak ingin ribet melakukan settings pencahayaan dan backgorund secara manual. 

 

 

"Jangan Hanya Membayang-kan, Langsung Praktik-kan, Kemudian Jadikan kebiasa-an"

 


Sahid Malik Ibrahim

Sahid Malik Ibrahim

Senin, 20 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI