BERITA SMK Persiapan Yang Harus Dilakukan Siswa SMK Sebelum Kuliah

Persiapan Yang Harus Dilakukan Siswa SMK Sebelum Kuliah


#persiapan #smk #kuliah
Persiapan Yang Harus Dilakukan Siswa SMK Sebelum Kuliah

Banyak siswa SMK yang merasa tidak percaya diri serta belum siap memasuki dunia kuliah. Ini beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh siswa SMK sebelum kuliah.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Masih banyak siswa SMK yang memiliki keinginan untuk tidak langsung masuk ke dunia kerja setelah mereka lulus SMK. Artinya para siswa tersebut ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Dengan alasan ingin memperdalam ilmu yang telah diperoleh, mempelajari bidang ilmu lain, dan mengejar gelar sarjana demi lebih bisa bersaing saat di dunia kerja.

Namun, banyak siswa SMK yang merasa tidak percaya diri serta belum siap memasuki dunia kuliah apalagi harus bersaing dengan siswa SMA yang bisa dibilang telah mempersiapkan ujian masuk sejak awal. Hal ini juga karena materi yang diujikan bersifat teoritis seperti materi yang ada di SMA, sedangkan materi yang terdapat di SMK lebih bersifat praktik. Berarti siswa SMK harus menyesuaikan materi yang diujikan untuk bisa bersaing masuk ke perguruan tinggi. Ini beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh siswa SMK sebelum kuliah.

Memilih Kampus dan Jurusan yang Sesuai

Untuk pemilihan jurusan yang sesuai bagi siswa SMK adalah memilih jurusan yang sejalan dengan jurusan saat mereka SMK. Karena dengan begitu ilmu yang mereka telah dapat bisa diperdalam saat di dunia perkuliahan. Namun, jika jurusan ketika SMK dirasa tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya jangan memaksa untuk memilih jurusan yang sejalan ketika SMK. Mereka bisa memilih jurusan di bidang keilmuan yang lain sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Untuk pemilihan kampus bagi siswa SMK dengan kurikulumnya yang lebih banyak praktik dan materi yang dipelajari juga telah spesifik. Maka lebih baik memilih perguruan tinggi yang mempelajari keterampilan spesifik yaitu pendidikan vokasi baik di kampus negeri, swasta, ataupun politeknik. Karena dengan begitu ilmu yang dipelajari bisa relevan serta bisa memperbesar peluang untuk masuk ke dunia kerja.

Mempersiapkan Masuk Perguruan Tinggi Jalur Undangan (SNMPTN)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah seleksi yang dilakukan tanpa tes dengan memakai nilai raport dan prestasi siswa sebagai bahan untuk seleksi. Walaupun peluang anak SMK terbilang kecil namun apa salahnya untuk mencoba mendaftar jalur SNMPTN. Ini beberapa tips untuk mengikuti seleksi SNMPTN diantaranya;

Memahami persyaratan pendaftaran SNMPTN

Hal yang perlu dipahami seperti nilai raport siswa, akreditasi sekolah, serta memiliki NISN yang terdaftar di PDSS.

Memilih jurusan yang sejalan dengan jurusan saat SMK

Siswa SMK sebaiknya memilih jurusan kuliah yang sejalan dengan jurusan saat SMK. Karena jika mendaftar sesuai dengan rumpun pendidikan sebelumnya akan membuka peluang penerimaan yang lebih besar.

Melihat persebaran alumni SMK

Cara melihatnya dengan bertanya kepada guru BK (Bimbingan Konseling) dan menanyakan terkait sebaran alumni di PTN. Karena salah satu penilaian yang mempengaruhi adalah asal sekolah dengan banyak alumni maka peluang diterima akan semakin besar.

Mencari tahu jatah penerimaan SMK di PTN

Mencari tahu jatah penerimaan lulusan SMK di setiap kampus. Karena dengan melihat data tersebut maka akan dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan PTN.

Memiliki Prestasi

Siswa SMK yang memiliki prestasi kejuaraan akan mempunyai nilai tambah dalam persaingan seleksi SNMPTN. Karena prestasi juga termasuk ke dalam penilaian seleksi.

Mempersiapkan Masuk Perguruan Tinggi Jalur Tes (SBMPTN dan Ujian Mandiri)

Seleksi SBMPTN dan Ujian Mandiri dilakukan dengan melaksanakan tes yakni mengerjakan soal-soal ujian. Inilah yang menjadi kendala banyak anak SMK karena mereka harus bersaing dengan anak SMA dan materi yang diujikan adalah pelajaran SMA. Ini beberapa tips untuk mengikuti seleksi SBMPTN dan Ujian Mandiri;

Membuat target belajar

Dengan membuat target akan berguna untuk mengetahui target minimal nilai yang harus diperoleh.

Melakukan belajar secara rutin

Untuk mengejar ketertinggalan materi dari siswa SMA maka siswa SMK harus belajar lebih giat yang dilakukan secara rutin. Berlajar tersebut dapat dengan mengikuti bimbingan belajar, belajar melalui aplikasi pendidikan, mempelajari buku-buku persiapan SBMPTN yang berisi materi dan latihan soal.

Mengikuti berbagai kegiatan try out

Kegiatan try out dapat berguna untuk mengukur kemampuan atau materi yang telah dipelajari. Ini juga dapat melatih mengerjakan soal dengan estimasi waktu yang terbatas.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan SMK


Sumber:

wirahadie.com

quipper.com

rencanamu.id


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Selasa, 19 Januari 2021