BERITA SMK Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan SMK

Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan SMK


#smk #jurusan #kuliah
Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan SMK

Masih banyak lulusan SMK yang berfikiran melanjutkan studinya ke bangku kuliah. Ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Sudah menjadi umum di masyarakat bahwa lulusan SMK identik dengan lulusan yang langsung bekerja dan tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ini karena lulusan SMK memang dipersiapkan untuk siap terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini bisa di lihat dari kurikulum siswa SMK yang lebih banyak praktek. Namun, masih banyak juga lulusan SMK yang berfikiran melanjutkan studinya ke bangku kuliah untuk lebih memperdalam ilmu yang telah didapat serta membuka peluang lebih besar ketika nantinya memasuki dunia kerja. Ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK.

Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu jurusan yang menjadi favorit dengan banyak peminat. Di karenakan memiliki prospek kerja yang sangat luas serta dibutuhkan oleh semua sektor industri dan perusahaan. Ilmu yang dipelajari terkait laporan keuangan, audit keuangan dan perpajakan. Ini sangat cocok untuk lulusan SMK jurusan akuntansi untuk memperdalam ilmu di jurusan ini. Ada beberapa kampus yang membuka jurusan ini di antaranya UI, UGM, Undip.

Multimedia

Multimedia adalah salah satu jurusan yang banyak di butuhkan di era digital seperti sekarang ini. Jurusan ini mempelajari terkait pengembangan aplikasi, pengembangan game, dan pengembangan web. Ini menjadi kesempatan bagi orang yang ingin berkarir di dunia digital. Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yaitu Universitas Telkom dan PNJ.

Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan jurusan favorit yang mempelajari terkait sistem tenaga listrik serta elektromagnetik. Jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan sehingga memiliki peluang kerja yang bagus. Ini cocok untuk siswa SMK jurusan elektro yang ingin melanjutkan studinya. Rekomendasi kampus untuk jurusan ini adalah UI, ITB, ITS.

Administrasi Perkantoran

Administrasi Pekantoran adalah jurusan yang mempelajari kegiatan administratif seperti pengarsipan, membuat laporan, hingga mengorganisir pekerjaan di ruang lingkup kantor. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di banyak perusahaan sebagai staf administrasi ataupun sekretaris. Beberapa kampus yang membuka jurusan administrasi perkantoran yaitu UI, Undip, UNJ.

Teknik Mesin

Teknik mesin adalah jurusan yang mempelajari terkait permesinan seperti perancangan, teknik produksi, dan pemeliharaan. Jurusan ini juga memiliki prospek yang baik karena dibutuhkan oleh banyak industri seperti industri otomotif, industri manufaktur dan industri minyak gas. Ini sangat cocok bagi lulusan SMK teknik mesin karena telah melakukan banyak praktek. Beberapa rekomendsi kampus yang memiliki jurusan ini adalah ITB, ITS, UI.

Tata Boga

Jurusan yang juga cocok untuk lulusan SMK adalah Tata Boga. Dalam jurusan ini mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan kuliner. Prospek jurusan ini terbilang cukup menjanjikan karena lulusannya bisa bekerja di restoran maupun hotel baik dalam atau luar negeri. Karir lain yang bisa dipilih adalah dengan membuka bisnis kuliner. Jurusan tata boga terdapat di beberapa kampus yaitu UNJ, UPI, UNY.

Pariwisata

Pariwisata merupakan jurusan yang mempelajari tentang manajemen destinasi, tour and travel dan juga perhotelan. Keuntungan yang di dapat adalah bisa mengunjungi banyak tempat namun tetap dibayar. Hal terpenting dalam jurusan pariwisata yakni berkaitan dengan pelayanan maka keterampilan komunikasi menjadi penting agar bisa menjelaskan secara baik kepada wisatawan. Rekomenasi kampus untuk jurusan ini di antaranya UGM, UPI, UNUD.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik menyampaikan informasi dengan memanfaatkan elemen visual. Ini sangat cocok bagi lulusan SMK yang memiliki keahlian desain grafis dan ingin berkarir dalam industri kreatif seperti Animator, Desainer grafis, dan Ilustrator. Beberapa kampus yang membuka jurusan DKV adalah ITB, Binus, ISI Yogya.

Baca Juga: Apa Itu Infografis dan Jenis - Jenisnya


Sumber:

Hotcourses.co.id

maukuliah.id

Quipper.com


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Senin, 18 Januari 2021